Sudahi Galaumu, Mari Menikmati Bukit Cita-Cita Bogor

Bukit Cita-Cita Bogor
Bukit Cita-Cita Bogor

Pernah mendengar bukit cita-cita Bogor? Mungkin bagi kamu yang menyukai camping ceria, pasti sudah tak asing lagi dengan bukit tersebut. Lantas apa saja keistimewaan dari bukit tersebut? Konon katanya bisa menghilangkan rasa stress dan galau yang berkepanjangan akibat PPKM.

Selain itu, lokasinya yang masih satu kawasan dengan Smart Camp Gunung Luhur menjadikannya sebagai idola baru bagi petualang. Gak percaya? Simak yuk perjalanan dari Ngayap.com berikut ini.

Berada di Kawasan Teh Ciliwung Bogor, Pastikan Kamu Dalam Keadaan Sehat Untuk Mengunjunginya.

Jangan Lupa Subcribe ya.

Untuk menuju bukit ini tak begitu sulit kok. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta seperti kami. Kamu bisa menggunakan kenderaan pribadi dan lebih baik menggunakan motor jika tak ingin terkena buka tutup puncak, karena memang masih berada dikawasan puncak bogor.

Kami pun mengikuti jalana raya bogor sampai dengan pertigaan ke Cibinong. Lalu ambil Cibinong, kemudian melaju menuju sentul dan bukit pelangi (jalan pintas). Setelah itu, tinggal mengambil jalan raya puncak bogor sampai dengan pintu masuk kebun teh ciliwung.

Setelah memasuki kawasan teh, kamu bisa mengikuti jalur yang ada dengan petunjuk yang sudah jelas. Sekitar 10-15 menit untuk mencapai parkiran bukit ini. Oh iya, jika masih bingung, cukup menggunakan google maps dengan titik koordinat Bukit Cita-Cita Bogor.

Tak Sulit Kok, Kamu Hanya Perlu Mendaki Sekitar 10-15 Menit Untuk Sampai Ke Camping Area Bukit Cita-Cita.

Bukit Cita-Cita Bogor
Bukit Cita-Cita Bogor

Setelah sampai di parkiran, kami pun langsung ke loket tiket dan registrasi. Lalu kami pun melanjutkan perjalanan, dimulai dengan menanjak sedikit demi sedikit namun tidak terlalu terjal. Jalanan setapak yang sangat rapi dan berbentuk anak tangga. Di kiri kanan juga banyak pepohonan sehingga membuat suasana semakin sejuk.

Bukan hanya itu, sepanjang perjalanan juga kegagahan gunung gede pangrango nampak jelas. Tak lama kemudian kami pun sampai di camping area. Bukan hanya satu, ternyata di sini sangat banyak camping areanya yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Ada 10 lokasi kamping yang bisa kamu pilih dengan segala kelebihannya. Misalnya, pos 3 yang dekat dengan kamar mandi dan toilet. Atau Pos 6 yang langsung dengan pemandangan gagahnya gunung gede.

Karena kami sampai ketika sore hari, tentu saja sudah banyak juga yang ditempati. Sehingga akhirnya kami memilih di pos 8 yang bisa menampung sekitar 15 tenda. Kami pun mendirikan tenda lalu istirahat.

Petang yang Syahdu Dengan Balutan Kabut, Berganti Dengan Malam yang Menyuguhkan City Light Bogor.

City Light Bogor Bukit Cita-Cota Bogor
City Light Bogor Bukit Cita-Cota Bogor

Tak terasa petang pun mulai menjelma, azan magrib berkumandang menandakan bahwa sang penguasa siang akan digantikan dengan suasana malam yang tenang. Awalnya dipenuhi kabut seolah-olah akan hujan, sehingga membuatku cepat tidur. Namun sebelum tidur, sebenarnya kami juga masih menikmati camilan yang kami bawa dengan api unggun yang dibuat dari ranting-ranting kayu pohon sekitar.

Tak lama kemudian, kami pun masuk tenda dan tertidur dengan alunan musik dari tenda pos 6 yang tepat berada dibawah kami. Suara merdu dengan akuistik menjadikan malam semakin syahdu, ditambah lagi suara khas alam menjadikan malam ini sungguh menenangkan.

Setelah lelap tertidur, suara dari pengujung yang semakin malam semakin banyak mendirikan tenda. Membuatku terbangun dan langsung membukan tenda. Ternyata suasan kabut sudah berubah dengan malam yang cerah, diterangi temberam cahaya bulan dan cahaya-cahaya dari tenda serta listrik di pos 3. Kami pun menikmati view city light Bogor. Setelah puas, akhirnya kami pun kembali tidur sehingga bangun ketika azan berkumandang.

Kabut Pagi dan Sejuknya Udara Bogor, Tak Lama Kemudian Gagahnya Gunung Gede dan Pangrango Terlihat Jelas Dari Bukit Cita-Cita.

Pos 8 Bukit Cita-Cota Bogor
Pos 8 Bukit Cita-Cota Bogor

Setelah menyelesaikan segala urusan, kami pun akhirnya berjalan-jalan menikmati keindahan yang ditawarkan. Dari pos 1,3,4,6 dan 8 dapat melihat dengan jelas gagahnya Gunung Gede dan Pangrango. Tapi sayangnya, cuaca pagi ini tidak begitu mendukung karena matahari enggan memancarkan cahayanya.

Berjalan ke arah pos 7, pemandangan yang berbeda justru terlihat dari sini. Karena dari sini, dengan jelas melihat keelokan gunug salak yang dengan tenang. Memang pemandangan dari ketiga gunung tersebut menjadi bonus utama dari camping graung ini. Meski sebenarnya masih banyak keindahan lainnya, seperti pohon pinus dan kopi yang berjajar.

Setelah puas dengan pemandangan, kami pun memutuskan untuk kembali ke tenda untuk menyiapkan sarapan. Seperti biasanya, mie instan korea, sosis dan roti menjadi menu andalah ketika camping. Selain memasaknya yang cepat, tak perlu takut perihal karena rasa. Kami juga biasanya lebih banyak membawa camilan supaya tak kelaparan.

Lalu Apakah Bukit Cita-Cita Ini Sangat Direkomendasikan Oleh Ngayap.com?

Daya Tarik Bukit Cita-cita Bogor
Daya Tarik Bukit Cita-cita Bogor

Sebenarnya untuk menjawab ini, tergantung keinginan dan kepuasan masing-masing pribadi yang mengunjungi. Tapi kalo kamu camping kesini, saya akan bisikan kelebihan dan kekurangan dari camping ground ini.

  1. Memiliki banyak kawasan camping ground, kamu bisa memilih yang sesuai dengan keingananmu. Karena ada 10 lokasi kamping yang bagus, datar, nyaman dengan segala kelebihannya masing-masing.
  2. Ada Musholla sebagai tempat untuk menunaikan kewajibanmu kepada Sang Pencipta.
  3. Ada 6 buah kamar mandi dengan aliran air yang cukup, namun sayangnya salah satu kamar mandi penerangannya mati. Bukan hanya itu, kamar mandinya sangat kotor dan jorok. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran dari para pengunjung.
  4. Ukuran kamar mandi yang terlalu kecil sehingga justru membuat pengap, ada baiknya juga menambah jumlah kamar mandi di lokasi yang berbeda supaya tidak antri di pos 3.
  5. Sumber airnya banyak dan berlimpak, tapi entah kenapa ketika dituangkan ke botol airnya justru seperti kotor dan tidak layak minum. Untuk mencuci dan memasak masih bisa digunakan dengan baik.
  6. Menawarkan city light bogor yang menakjubkan.
  7. Gunung Gede, Pangrango dan Salak menjadi view utama yang ditawarkan.
  8. Ada listrik yang dan beberapa colokan untuk charges handphone.

Lalu Apa Kata Mereka yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bukit Cita-Cita Bogor?

Tak adil rasanya jika hanya saya yang memberikan opini pribadi. Seperti di lansir dari google map, saat artikel ini diterbitkan. Camping ground ini mendapatkan bintang 4,9/5. Sungguh menakjubkan bukan. Berikut sebagian saya kutip.

Raka Kambara – harga lumayan dengan lokasi baru, MCK & Musholla ada, air bersih. paling tempat parkir motor yg harus dibenahi.

Amran Sani : Tempat oke. Pemandangan mantab. Sayang kotor, banyak yang buang sisa makanan dan sampah plastik asal bgt. Kamar mandi pun banyak sampah. Mungkin bisa kali ditambahin imbauan supaya buang sampah gak sembarangan.

Harga, Tiket dan Alamat Camping Ground Bukit Cita-Cita Bogor.

Alamat lengkap Bukit cita-cita bogor, Citamiang cisarua puncak, Bogor, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750.

Biaya yang kami keluarkan.

  1. Tiket masuk bukit cita-cita Rp. 20.000 per orang
  2. Parkir motor Rp. 5.000,-/ per motor.
  3. Bensin PP Jakarta Bogor Rp. 40.000,-
  4. Makan siang PP Rp. 80.000,- untuk 2 orang.
  5. Camilan dan kebutuhan camping Rp. 244.000,-
  6. Lainnya Rp. 20.000,-