Boyolali Tawarkan Investasi Menguntungkan di 3 Sektor Ini

Semenjak disebut sebagai salah satu wilayah yang menguntungkan di Jawa Tengah, arus investasi di Boyolali berpenetrasi ke segala sektor yang tersedia. Beragam investor yang datang ke kabupaten seluas 1.105 km2 tersebut diketahui tidak hanya investor dalam negeri, investor asing pun juga ikut menanamkan modalnya. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada kuartal III 2018 mengonfirmasi dana investasi sebesar US$ 1,90 juta diketahui masuk masuk ke beragam sektor bisnis di Boyolali.

Momentum masuknya investasi ini membuat Boyolali semakin mengembangkan sektor-sektor potensialnya untuk meningkatkan kepercayaan investor dalam berinvestasi di sana. Ada banyak sektor yang ditawarkan untuk berinvestasi di Boyolali, tapi 3 sektor ini merupakan yang paling potensial

Sektor Industri

Industri merupakan sektor utama yang paling potensial untuk investasi. Sejak penetapannya sebagai kawasan industri baru pada 2013, beragam industri telah mengoperasikan aktivitasnya. Tipe industri yang ada pun diketahui mulai dari industri kecil, menengah, dan industri besar. Sebelumnya, kawasan industri Boyolali hampir dikhususkan sebagai pusat pengembangan kawasan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) terintegrasi. Namun, dikarenakan kawasan industri tersebut sangat menguntungkan, beberapa bidang industri lain juga berdatanganan kesana.

Sektor Properti

Pengembangan properti di Boyolali dalam beberapa tahun terakhir tergolong masif khususnya perumahan. Hampir sama dengan pengembangan perumahan rumah dijual di jogja atau Solo, permintaan paling tinggi terletak pada hunian murah untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR). Namun selain hunian untuk MBR, ada juga pengembangan untuk hunian menengah ke atas seperti yang ada di kota-kota besar seperti rumah dijual di jogja yang ekslusif.

Permintaan properti yang cukup tinggi di Boyolali pada dasarnya berasal dari pekerja-pekerja di kawasan industri yang telah terbangun disana. Namun, tidak hanya datang dari masyarakat sekitar, para pencari properti hunian di Boyolali juga hadir dari wilayah sekitaran yang berniat berinvestasi di Boyolali. Mayoritas, para investor yang meminati properti disana telah memiliki rumah dijual di Jogja atau di Solo. Selain dikarenakan dua faktor di atas, harga jual rumah disana lebih murah dibanding harga rumah dijual di Jogja atau Solo.

Selain dilihat dari pengembangan sejumlah hunian yang ada, ketersediaan lahan di Boyolali yang masih tergolong banyak dapat menjadi sebuah potensi yang berkelanjutan. Apalagi kini ditambah pengurusan perizinan pengembangan perumahan yang semakin mudah dan tidak memakan waktu lama.

Sugiyatno, Sekretaris Himpunan Pengusaha Real Estate (HIMPERRA) Jawa Tengah, mengatakan para investor khususnya developer jangan pernah takut untuk mengembangkan properti di Boyolali. Pemerintah kabupaten saat ini diklaim telah mengambil langkah dukungan dalam proses perizinan yang berbasis ketepatan waktu, biaya pengurusan, dan transparansi proses perizinan.

Sektor Pariwisata

Selain industri dan properti, pariwisata dikatakan menjadi sektor yang potensial dalam sisi investasi. Bagi travelers yang ingin berinvestasi, sektor terbaik adalah berinvestasi dalam bidang akomodasi penginapan atau jasa pengalaman wisata.

Seperti diketahui, Boyolali diketahui menyimpan ragam pengalaman berwisata mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga wisata sejarah.

Diantara ragam pengalaman wisata tersebut, wisata alam di dataran tinggi dan perbukitan adalah yang paling memikat di Boyolali. Kharisma dua gunung, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu tidak pernah teralingkan pandangannya dari para pendaki gunung nusantara.

Di samping pengalaman wisata pendakian, para pelancong juga dapat merasakan panorama dataran tinggi Boyolali, ekowisata, atau wisata perkebunan (agro wisata).

4 Replies to “Boyolali Tawarkan Investasi Menguntungkan di 3 Sektor Ini”

  1. Jadi pengen ke Boyolali dan menikmati alamnya yang indah. Pariwisata digabung sama industri (pariwisata) dan properti … awesome.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *