Sahabat Sejati itu Bukan Jaim Bareng, Tapi Main Bareng, Setuju?

#buat kamu

768 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Persahabatan bukanlah tentang siapa yang kamu kenal paling lama. Tapi tentang ia yang datang ke kehidupanmu dan berkata, “Aku di sini untukmu,” lalu membuktikannya

Iya, memang sahabat bukan orang yang paling kamu kenal dalam waktu lama tapi bisa jadi orang yang baru kamu kenal dan langsung bisa akrab dan kemudian langsung menjadi sahabat. Memang kelihatannya sangat mustahil namun kenyataannya ada. Seperti yang saya alami saat ini dan mungkin saya juga tidak menyangka tapi saya sangat bersyukur di pertemukan dengan sahabat seperti ini oleh Tuhan.

#Buat kamu sahabat yang selalu menginspirasi meski belum genap setahun atau bahkan baru seumur jagung persahabatan ini. Terimakasih atas semuanya dan lewat tulisan ini aku ingin mengukir kisah persahabatan ini. Dan satu hal yang selalu menjadi doaku disetiap sujudku, semoga persahabatan ini sampai kita menua bersama pasangan masing-masing juga.

Suku Baduy, Menjadi Awal dan Saksi Bisu Pertemanan Ini dan Kemudian Menjadi Sahabat.

Terletak di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Banten, terdapat sebuah desa dengan kearifan lokal yang masih sangat kental. Nggak sedikit orang yang mengunjungi desa ini, entah sekadar liburan, menghilangkan penat hidup di perkotaan atau hanya sekedar untuk berdamai dengan diri sendiri.

Suku Baduy dan Herman
Rahman dan Bocil Baduy, Karena hanya sebuah foto awal dari persahabatan ini.

Iya, lokasi yang saya maksud adalah Suku Baduy yang menjadi saksi bisu awal persahabatan ini. Kemudian, kamu mengajak saya untuk mendaki ke Gunung Lawu via whatsapp padahal kita baru sebatas teman traveling. Tapi sebelum ke Gunung Lawu, karena saya memang sudah 2 tahun tidak mendaki akhirnya kita latihan dulu tracking di Curug Cibereum cianjur.

Gunung Lawu, Menjadi Perjalanan yang Diam-Diam Kita Saling Menguji Kepribadian Masing-Masing.

Kamu akan tahu sifat dan watak asli seseorang ketika kamu melakukan safar (perjalanan) dan ber-muamalah (berbisnis) dengannya.

Pernahkan kamu mendengar tentang sifat seseorang bisa diketahui lewat mendaki..? Benar sekali, mendaki gunung merupakan salah satu cara untuk mengetahui karakter asli seseorang. Seperti apapun dia pada awalnya, sifat aslinya akan keluar dikala mendaki tingginya gunung.

Warung Mbok Yem ke Pos 5
Pendakian Gunung Lawu, Diam-diam saling menguji karakter

Dalam sebuah pendakian, fisik saja tidak cukup kuat untuk mendaki tingginya gunung dengan berbagai rintangan yang harus dilalui. Ditengah beratnya perjalanan dan beratnya beban yang dibawa, ditengah lelahnya tubuh, maka akan muncul sifat egois, apatis, putus asa, mau menang sendiri, mengeluh, manja, semaunya sendiri menjadi satu baik dari diri anda ataupun dari teman sependakian.

Disinilah masalah terberat ketika melakukan pendakian namun disini juga karakter bisa diketahui dan dibentuk. Seseorang yang mendaki gunung tidak akan bisa menyembunyikan sifat palsunya karena dalam kondisi lelah dan tertekan akan terlihat sifat aslinya.

Setelah kita pulang dari Gunung Lawu, akhirnya kita saling bercerita tentang diam-diam kita saling menilai karakter masing-masing. Dan kemudian persahabatan kita semakin lengket dan kita pun mulai sering melakukan perjalanan bersama kembali lagi, mulai dari ke Curug di Bogor, Gunung Gede bahkan hanya sekedar ngopi di cafe sampai di kaki lima.

Menghabiskan waktu bersama sahabat
Menghabiskan waktu bersama sahabat

Sahabat Itu Bukan Jaim Bareng, Tapi Main Bareng dan Saling Membantu Sebisa Mungkin. Setuju Gak..!

Punya sahabat yang jaim itu serasa berjalan di tengah-tengah hutan, dari belakang di kejar harimau sedangkan di depan ada jurang jika terus berlari akan terjerumus juga alias serba salah. Tapi punya sahabat yang suka ngomong tanpa pikir panjang itu jauh lebih seru.

Selain itu, sahabat itu seharusnya saling membantu demi kebaikan, seperti TCASH yang bisa membantu kalian dalam keadaan apapun. Mulai dari ketika berada jauh dari keramaian tapi butuh pulsa dan paket data sampai dengan kehabisan uang ketika travelling. Semuanya bisa dilewati dengan TCASH.

Bukan Hanya Satu, Sejuta Manfaat yang Kamu Dapatkan Jika #pakaiTCASH

There will be a time – I don’t know when, I can’t give you a date – when physical money is just going to cease to exist. – Robert Reich via www.cbsnews.com, April 20,2012

Mengutip dari artikel yang dilansir dari laman cbsnews.com yang sudah memprediksi bahwa penggunaan uang non tunai akan menjadi hal yang lumrah dan bahkan sudah menjadi gaya hidup khususnya di kota-kota besar. Berbagai faktor juga sangat mempengaruhi kenapa masyarakat lebih memilih transaksi non tunai, mulai dari alasan keamanan, kenyamanan sampai dengan kecepatan.

Nah, sekarang ada TCASH dari Telkomsel yang bisa memudahkan kamu dalam berbagai  pengguna layanan, mulai dari membayar transaksi di sejumlah toko ritel yang menjadi merchant TCASH, membeli pulsa, membayar listrik, hingga menarik tunai di fasilitas perbankan. Bukan hanya pengguna Telkomsel saja yang bisa menggunakan TCASH Wallet ini, sekarang sudah bisa digunakan oleh operator lainnya.

Jadi hanya dengan modal smartphone dan aplikasi TCASH terpasang didalamnya. semua keuntungan berikut bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Manfaat dan kemudahan TCASH
Manfaat dan kemudahan TCASH.

Sebenarnya saya sudah mengetahui TCASH sejak tahun 2016 silam, tetapi tidak menggunakan aplikasi tersebut meski berbagai keuntungan yang ditawarkan menggiurkan, mulai dari beli tiket bioskop buy 1 get 1 yang sering digunakan teman. Nah, karena sekarang TCASH sudah bisa digunakan oleh operator lainnya akhirnya saya juga menggunakannya dengan berbagai keuntungan dan kemudahan yang didapatkan.

Saat ini, transformasi TCASH bukan hanya untuk menikmati promo yang sangat menarik melainkan dapat menikmati kemudahan transaksi lainnya. Sebut saja, menikmati layanan non tunai untuk membeli pulsa dan paker data semua operator, membayar BPJS, Tagihan air, voucher bahkan sampai dengan transfer uang tanpa perlu mempunyai nomor rekening. Banyak keuntungannya bukan..?

Untuk Mendapatkan Semua Keuntungan Tersebut. Yuk, Install TCASH Wallet Ini di Smartphone Kamu Sekarang Juga.

Mulai sekarang untuk memudahkan semua transaksi dan kegiatan kamu. Kamu bisa langsung menginstall TCASH Wallet ini di smartphone kamu dengan cara mendownload di playstore. Satu hal yang pasti, TCASH ini berbeda dengan pulsa karena disini kamu bisa menggunakan semua uang kamu untuk transaksi.

Cara Menggunakan Tcash
Cara Menggunakan Tcash.

Setelah kamu install TCASH, saatnya kamu mengisi saldonya supaya bisa melakukan transaksi. Untuk mengisi saldonya sangat mudah, kamu bisa melakukan melakukan pengisian saldo TCASH melalui rekening bank (ATM, mobile banking, atau intenet banking), Indomaret, Alfamart, GraPARI, dan agen TCASH. Dapatkan kebebasan bertransaksi dimanapun kamu berada.

1. Cara Top Up TCASH melalaui Rekening Bank.

TCASH - Transfer Bank
Top Up TCASH via Transfer Bank

2. Cara Top Up TCASH melalaui GraPari.

Top Up TCASH via GraPari
Top Up TCASH via GraPari

3. Cara Top Up TCASH melalaui Toko Ritel.

Top Up TCASH Via Toko Ritel
Top Up TCASH Via Toko Ritel

Setelah Kamu Install TCASH, Kamu Bisa Menggunakannya Sesuai Kebutuhan.

Setelah kamu install TCASH, saat nya kamu mengisi saldonya melalui grapari atau pun transfer via bank. Berbagai jenis keuntungan dan kegunaannya bisa kamu rasakan dalam kesehari-harianmu. Dengan TCASH, semua transaksi berjalan tanpa uang tunai, rasakan bertransaksi dengan Tap di merchant offline  dan juga nikmati mudahnya bertransaksi online.

Kegunaan TCASH
Kegunaan TCASH.

Cara (pakai, isi, beli, bayar, etc) TCASH sangat mudah. Kamu cukup masuk dalam aplikasi TCASH Wallet dalam smartphone, pilih jenis transaksi yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Berbagai marchant yang sudah bekerja sama dengan TCASH ini sangat banyak, mulai dari Asuransi, E Voucher, E Commercee, Edukasi, Hiburan, Internet dan Telkom, Kesehatan dan Kecantikan, Lembaga Finansial, Makanan dan Minuman, Tagihan, Toko Ritel, Transportasi dan Voucher Game.

TCASH Selalu Dapat Membantu Kita Dalam Berbagai Hal, Sebut Saja Kehabisan Pulsa dan Ketika Ngopi Ganteng.

Kadang permintaan absurd dari sahabat itu bisa bikin pusing dan ngakak. Sebut saja ketika saya atau dia kehabisan pulsa dan paket data mau habis sedangkan lokasi kita jauh dari keramaian. Atau ketika ingin membayar di kasir dan uang tunai di dompet tidak ada, langsung saja ambil TCASH.

Jadi TCASH ini sangat membantu dalam lingkungan persahabatan. Lagian bukan kah tolong menolong itu sangat di anjurkan dalam islam melalui firman Allah SWT dalam Surat Al – Maidah ayat 2 yang artinya

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya”.

Dan satu hal yang harus kamu syukuri, bahwa sahabat juga merupakan salah satu Rezeki dari sang Pencipta yang tak ternilai harganya. Jadi jangan sia-sia kan sahabat kamu ya!

42 thoughts on “Sahabat Sejati itu Bukan Jaim Bareng, Tapi Main Bareng, Setuju?

  1. Sahabat sejati itu disaat suka dan duka ia selalu ada buat kita, minimal mensupot diri kita dikala kita membutuhkanya.

    Apalagi disaat kita butuh hutangan duit, nah disinilah ujian buat seorang sahabat sejati. hehehhe

      1. Sudah terbiasa hal ini terjadi dalam lingkungan anak kost.
        Sebenarnya seneng aja sih kalau selagi ada minjemin. Tapi yang bikin kesel itu pas lagi butuh suka gak peka balikin..haha

  2. Iya bener banget gan. Sahabat itu ada pas kalo lagi seneng dan susah. Ga susahnya doang. wkwkw

    Anyway aku belum pake Tcash, pengen coba sih, itu kita pasang yang buletan merah belakang hp itu harus ke tsel dulu apa gimana ya?

  3. Kalau judul diatas itu …, aku sependapat banget 👍.
    Sahabat tuh main bareng, seia sekata.
    Bukan cuma senangnya saja, giliran susah .. kabuuuur …

    Duh ngga banget

  4. Indahnya persahabatan.
    Kadang, kita malah lebih dekat dengan sahabat daripada saudara sendiri. Saya misalnya. Karena saudara saya laki-laki semua dan tidak nyaman diajak curhat, saya jadinya lebih akrab sama sahabat dan sepupu saya.

  5. masih inget dulu pake tcash pas beli chat time,, asiknya dapat banyak gratisan hihihi.. dan juga potongan yang lumayan besar.. memang, sahabat sejati yang selalu ada di kala suka dan duka melanda ya kak.. heeeee

  6. Bagi saya, sahabat itu adalah yang mau berbagi suka dan duka bersama. Mau dia jaim atau senang main tidak menjadi masalah, tetapi apakah ia ada ketika saya ingin berbagi kesedihan dan kesenangan bersamanya.

    Dan, Alhamdulillah, saya punya satu dan ia sudah menjadi teman hidup selama 17 tahun. Jadi, yah dialah sahabat sejati saya. Suka dan duka, berantem, bercanda, semua dilalui bersama.

    Itulah arti sahabat bagi saya.

  7. Sebagai pengguna Telkomsel, aku selalu menunda kalau soal tcash ini. Tapi kalau tau manfaatnya kek begini sih mantep yaa

  8. Kalau labelnya udah sahabat sih biasanya udah ga ada jaim2nya ya. Udah keluar semua sifat aslinya 😁
    Tapi aku jg pernah, merasa punya sahabat yg belum lama dikenal. Cepet akrab dan merasa cocok

  9. Tergaul

    Aku dong sampe skrg ga pernah nanjak dan kemping
    Masih rencanaaaa, dan teman teman udah pada sibuk juga sama kerjaanya hahahahaha

    1. Apalah daya bukan anak gaol jakarta yang hangeoutnya di kafe dan keliling mall sambil dandan modis # pernah juga seh tapi jaman jahiliyah , hahaah

  10. Sahabat sejati itu konon katanya diukur saat sedang susah (dia yang susah, atau kita yang susah), apakah kita ada untuk dia saat dia sedang susah, atau dia ada untuk kita saat kita sedang susah, itu bisa kelihatan jiwa persahabatannya hahaha 😀 Kalau TCash mah memang sahabat sejati sepanjang enggak kita hapus aplikasinya dari gadget 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *