Menengok Sejenak Destinasi Kudus, Kotanya Para Walisongo

Watu Nganten Kudus

124 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Destinasi Kudus – Setelah puas menjelajahi Semarang, saya dan travelmate melanjutkan perjalanan ke Kudus, karena memang mereka berasal dari Kudus. Sekalian ingin memperkenalkan destinasi Kudus buat para pelancong. Dibawah pelukan angin malam yang menusuk jantung, motor yang kukenderai melaju kencang mengikuti mereka.

Perjalanan dari Semarang ke Kudus dapat ditempuh kurang lebih 1 Jam 30 menit. Dan gerbang selamat datang ke Kudus pun menyambut setiap orang yang datang ke Kudus dengan simbol tembakau dan kreteknya. Setelah makan malam pertama di Kudus, kami pun langsung istrahat dan tidur.

Selama di Kudus, hanya beberapa destinasi apik yang bisa saya eksplore bersama selebgram kudus. Simak yuk destinasi kudus yang kami kunjungi berikut, siapa tahu bisa menjadi referensi buat kamu.

1. Destinasi Kudus Pertama, Mulai lah Perjalananmu dan Berkenalan Langsung Dengan Simpang Tujuh (Alun-alun Kota Kudus).

Kebetulan kondisi tubuh yang belum fit maksimal karena perjalanan yang melelahkan. Jadi di pagi hari kami hanya jogging di alun-alun Kudus atau yang lebih terkenal dengan simpang tujuh kudus. Jika kamu sedang beruntung, ada acara dangdutan loh minggu pagi di Kudus.

Memang artisya bukan artis Ibukota, tetapi sangat menghibur dan lebih menyatu dengan masyarakat. Sebenarnya jika artis Ibukota saya gak begitu berminat, karena memang lumayan sering liat di Mall Jakarta dan pernah juga di depan meja yang kita booking ada selebgram dan parahnya lagi baru sadar pas mau pulang.

2. Ngadem dan Berdamailah Dengan Dirimu di Objek Wisata Watu Nganten, Kawasan Wisata yang Menawarkan Alam Khas Kudus.

Setelah puas dengan jogging dan dangdutan di Simpang Tujuh, kemudian melajutkan perjalanan ke kawasan Watu Nganten. Watu Nganten ini berada di ketinggian dan sama halnya dengan puncak di Bogor. Jadi udaranya sangat segar, tapi jalanan yang berbelok-belok serta kecil cukup membuat nyali ciut.

Selama perjalanan, sangat banyak destinasi wisata yang berbau dengan ziarah kuburan dan tempat bertapa. Tapi karena saya tidak berminat sama sekali, akhirnya kami memutuskan untuk terus melaju ke Puncak hingga bertemu dengan objek wisata Watu Nganten bukan watu randha ya!

Pemandian Alami Kedong Gong Kudus namanya, air yang jernih yang ditemani dengan bebatuan yang besar menambah nilai keindahan pemandian ini. Selain itu, kawasan pegunungan di sepanjang mata memandang membuatmu betah berlama-lama. Dan jangan lupa juga untuk menceburkan diri di sungai yang mengalir dengan tenang.

3. Masih Mau Bermain Air, Meluncurlah Segera ke Kawasan Tiga Kedung, Yaitu Kedung Gender, Dong Paso dan Kedung Grimis. Puas Kan?

Bukan hanya satu, tapi ada tiga kedung (air terjun) yang bisa kamu nikmati dengan bahagia. Dari watu nganten kami melanjutkan perjalanan ke Tiga kedung, tak jauh berbeda jalan untuk menuju ke Watu Nganten. Jalan menuju kedung ini tak kalah membuat nyali ciut.

Setelah sampai di Parkiran, tepatnya rumah warga yang menyediakan tempat parkir. Kamu pun harus berjalan dengan menelusuri hutan bambu kemudian kebun warga kurang lebih 30 menit. Perjalanan ditemani hujan gerimis membuat bulu kuduk merinding.

Memang kawasan ini tidak begitu banyak pengunjungnya, dan disarankan ketika hujan gerimis dan diatas jam 5 sore tidak mandi disini. Kedung ini juga sangat dalam, lebih dari 3 meter dan bagi kamu yang tak bisa renang jangan sampai coba-coba untuk ketengah.

Udara mistis juga sungguh terasa disini, dan setelah selesai mengunjungi kedung ini baru saya tahu kenapa teman-teman gak mau mandi di kedung.

4.Untuk Kamu Para Jomblo, Ada Bukit Putaran atau di Sebut Juga Bukit Jomblo yang Harus Kamu Sapa.

Entah apa yang salah dari jomblo? Bukankah jomblo cara Tuhan menjadikan hambanya special buat pasangannya? Tapi tetap saja bukit ini dinamai dengan bukit jomblo. Padahal yang berkunjung kesini, banyak yang membawa pasangan yang belum halal alias menjaga jodoh orang lain.

Destinasi Kudus - Bukit Jomblo Kudus
Bukit Jomblo Kudus

Disini juga tersedia camping area, jadi memang menjadi salah satu destinasi camping buat yang suka menyatu dengan alam atau hanya sekedar menghabiskan malam kebersamaan bersama sahabat atau mantan kekasih, karena dearahnya lumayan curam, jadi bisa kan nendang dia kejurang sekalian. Hahaha.

5.Menejelang Maghrib, Sempatkanlah Sholat Maghrib di Masjid Menara Kudus, Masjid Dengan Arsitektur yang Mengagumkan dan Bukti Peninggalan Sunan Kudus.

Kamu sudah tak asing lagi kan dengan salah wali songo? Wali songo merupakan sembilan wali yang menyebarkan agama islam di kota-kota jawa. Salah satunya adalah kota kudus. Di kudus, nuansa islam sangat terasa, makanya tak salah lagi kudus merupakan salah satu kota santri di Jawa Tengah.

Destinasi Kudus - Masjid Sunan Kudus
Masjid Sunan Kudus

Salah satu peninggalan bersejarah dari Sunan Kudus adalah Masjid Menara Kudus. Masjid yang dibangun pada tahun 1549 ini mengandung konsep yang memadukan antara budaya islam, hindu dan buddha. Setiap hari, sangat banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk ziarah dan tentunya shalat juga ya.

Nah, bagaimana? Tertarik dengan salah satu bukti peninggalan Sunan Kudus serta bukti berjayanya ummat islam di Kudus?

6. Tutuplah Liburanmu Dengan Menapaki Gerbang Kudus, Gerbang yang Siap Menyambut dan Melepasmu dari Kota Kudus.

Setiap kota memang mempunyai ciri khas, seperti semarang dengan lawang semunya, Jakarta dengan gedung pencakar langitnya dan kudus dengan gerbang kudus. Pada malam hari, suasana di gerbang ini sangat ramai oleh pengunjung.

Destiansi Kudus - Gerbang Kota Kudus
Gerbang Kota Kudus

Mungkin gerbang kudus sudah menjadi salah satu spot nongkrong anak muda kudus. Menghabiskan malam sambil minum secangkir kopi atau hanya sekedar menghabiskan waktu bersama sahabat atau kekasih di bawah langit yang bercengkrama dengan bintang.

Biaya Traveling di Kudus Sangat Murah Loh.

  1. Makan dan Jajan Selama di Kudus Rp. 150.000,-
  2. Parkir Rp. 15.000,-
  3. Bensin Rp. 40.000,-
  4. Tiket Masuk wisata Rp. 50.000,-

Nah, itulah destinasi kudus yang bisa saya kunjungi. Jika ada saran dan destinasi lainnya. Jangan sungkan untuk berkomentar ya!

44 thoughts on “Menengok Sejenak Destinasi Kudus, Kotanya Para Walisongo

  1. Hmmm lihat foto-fotonya pasti jadi sesuatu yang dirindukan pak suami akan kebebasannya dahulu melancong waktu sebelum menikah. Dan kemarin dia sempat berkata padaku, ingin jalan2 sendirian untuk melepaskan kebosanan, penat dll. Tetapi, sayangnya dia suka ga tega ninggalin anak istri di rumah akhirnya ditahan trus keinginannya. Padahal aq ngebolehin hihihi

  2. Selain dikenal dengan Menara Kudusnya, ternyata banyak wisata alam yang wajib dikunjungi kalau main ke Kudus ini. Yang bukit jomblo itu, cuma bukit biasa apa udah ada spot foto kekiniannya, mas?

  3. Orang yang dibawah jembatan sedang apa yach…:) sedang mikirin cara membuat jembatan atau sedang mancing ikan duyung air tawar. 🙂

    Pose yang sedang santai diair terjun cukup memikat mas, tapi kok sendirian yach, Solmetnya mana. 🙂

  4. lhoo sampai di Kudus ya Mas…? sudah dekat dengan kampung saya tuh Demak
    kapan kapan di posting ya sejarah Masjid Agung Demak,

    banyak tuh menyimpan histori perkembangan islam pada masa itu

    1. Iya mas, sudah pernah bahas wisata demak juga sebenarnya. Cuma sekarang lbh fokus ke pengalaman traveling saja, bukan review lagi 🙂

  5. Kota Kudus ini berdampingan dengan Kota Demak Mas,
    kudus sangat kental dengan sejarah wali Sunan Kudus dan masih ada hubunganya dengan Sunan Muria, dari kudus ini berjalan ke arah utara kira kira 15 km sampailah di tempat Makam Sunan Muria

  6. Eh mas, aku jadi penasaran dengan bukit jomblo. Apa kalo kesana nantinya bakalan dapat pasangan yah? Haha. *ngarep

  7. Udah ngadem di dekat air terjun, ngaso lagi di bukit jomblo. Mantap ya, Mas..hehe
    Makin ciamik aja ya spot2 wisata setiap kota saat ini, jadi menarik para pengunjung pengen datang langsung..

  8. Wah, yang terakhir itu bisa dibilang ikonnya ya..

    Bisa jadi ungkapan “Belum ke Kudus kalau belum ke Masjid Menara Kudus”.. hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *