Wisata Batam

Eksplore Batam: Menjajal Batam Selama Tiga Hari Empat Malam

925 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Eksplore Batam – Pernah terlintas untuk traveling ke Batam? Awalnya saya tak pernah berpikiran untuk menginjakkan kaki di kota yang terkenal dengan pusat perbelanjaannya ini karena menurut saya tak begitu menarik untuk di eksplore. Tapi ternyata dugaan saya salah karena Batam menawarkan syurga bagi traveler juga.

Nah, trip kali ini sebenarnya karena ada teman saya yang tinggal di Batam. Seorang teman kerja yang ditempatkan di Cabang sedangkan saya di Pusat sehingga cukup sering komunikasi karena biasanya anak-anak cabang lebih sering komunikasi dengan saya dibanding dengan lainnya karena saya memang sering membantu (jika mereka minta ke yang lain katanya orang pusat galak-galak, haha.. anak cabang emank parah).

Dan singkat cerita saya berangkat dari Jakarta tepat pukul 6.15 dan sampai di Bandara Udara International Hang Nadim jam 8.30. Setelah saya keluar dari pintu kedatangan saya langsung whatsapp dan bbm sahabat saya yang akan menemani tour saya dan telah menyiapkan paket liburan ke singapura juga. Dia adalah Dayu Swispa Pamantau.

Dan kemdian kamu mengobrol sebentar dan langsung melakukan perjalanan ke kosan dia karena memang dia ngekos di Batam dan kemudian saya juga meninggalkan barang-barang saya. Nah, setelah itu eksplore Batam pun dimulai.

Hari Pertama di Batam, Liburan di Pusat Kota sambil Melihat Suasana Kota Batam.

1.Makan Siang di Nagayo Hill, Pemandangannya Sangat Berbeda dari Jakarta.

Berhubung kami belum makan siang, kami memutuskan untuk makan siang dulu. Untuk makan siangnya kami memtuskan untuk mengunjungi mall yaitu Mall Nagayo Hill. Mall ini merupakan salah satu mall terbesar di Batam dan lengkap yang berada di jalan Teuku Umar Batam.

Nah pemandangan yang berbeda di Mall ini jika dibandingkan dengan Mall-Mall di Jakarta adalah pengunjungnya yang sangat beragama, disana kamu dengan mudah melihat pengunjung dari mancanegara seperti singapura, malasyia dan india. Saya sendiri tidak mengambil fhoto di Mall ini karena takut kelihatan norak, haha.

2. Menjelang Shalat Ashar, Saatnya Mengisi Nilai Religimu di Masjid Jabal Arafah. Salah Satu Tempat Terbaik Melihat Kota Batam.

Masjid ini terletak di Jalan Imam Bondjol, nagayo Pulau Batam yang didirikan oleh Bapak Asman salah satu politis di kota Batam. Kebetulan kami sampai disini sekitar jam 2.45. Jadi kami memutuskan untuk menaiki menara masjid jabal arafah. Menara dengan ketinggian 60 meter ini merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat kota batam.

Menara Masjid Jabal Arafah
Melihat Kota Batam dari Menara Masjid Jabal Arafah

Dari puncak menara masjid, kamu bisa melihat pemandangan yang luar biasa yaitu lanscape kota batam. Selain kota batam, dari sini juga kita bisa melihat keindahan gedung-gedung berbintang di singapura. Puas melihat kota batam dan singapura, tak terasa azan pun berkumandang menandakan sholat ashar.

Setelah selesai shalat Ashar, kami melanjutkan perjalanan ke Batamindo. Batamindo ini merupakan salah satu komplek perusahaan yang ada di Batam dan ditanami dengan bung sakura, tapi sayangnya pada saat itu tidak ada bunga sakura yang lagi mekar. Saya sarankan datanglah di bulan Maret dan April karena menurut teman saya bunga sakura tersebut berbunga pada bulan-bulan tersebut.

3. Singgah Sejenak di Pasific Hotel, Hotel Unik yang Berbentuk Kapal Pesiar.

Jika selama ini kamu hanya melihat pasar pesial hanya melalui flim-flim atau pun gambar di google. Kali ini kamu harus mengunjungi hotel unik berbentuk kapal pesiar. Walaupun sdekarang hotelnya sudah tidak terawat dengan baik, tetapi hotel ini wajib kamu kunjungi.

Pasific Hotel
Hotel Berbentuk Kapal Pesiar
Hotel berbentuk kapal pesiar berada di Jalan Duyung Sei Jodoh, Kepulaun Riau. Kami menghabiskan waktu sekitar 15 Menit disini.

4. Menjelang Sore, Menanti Senja di Pantai Ocarina Layak Bangat Untuk di Coba.

Pantai ocarina merupakan kawasan wisata pantai yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009 yang berada di lahan seluas 40 Hektare. Pantai ini sangat mirip dengan ancol dan dufan di jakarta.

Pantai ocarina sangat lengkap dan mewah, di pantai ini kamu akan menemukan patung-patung shio-shio berjumlah 12 sesuai dengan shio yang ada. Wahananya juga sangat lengkap seperti Giant Wheel, Trampolin, Sepeda Air, Water boom tetapi setiap wahana harus membayar tiket dulu.

Pantai Ocarina
Eksplore Batam – Pantai Ocarina
Di sini juga ada kampung indonesia yaitu tempat makan yang menawarkan makanan khas indonesia. Kami menghabiskan waktu disini sampai jam 7 an. Setelah sholat magrib, kami melanjutkan perjalanan pulang. Dalam perjalanan pulang kami juga menyempatkan makan nasi goreng di pinggir jalan.
Nah, untuk malam hari kegiatannya adalah kuliner.

Hari Ke Dua, Mulai Menjelajah Daerah-Daareh Barelang Sampai Ke Kampung Vietnam.

5. Mengulik Sejarah Manusia Perahu di Kampung Vietnam, Salah Satu Bukti Bangsa Ini Memang Suka Menolong.

Setelah melelahkan perjalanan di hari pertama, di hari kedua perjalanan di lanjutkan dengan tujuan kampung vietnam. Untuk menuju kampung vietnam dibutuhkan wkatu kurang lebih 2,5 jam dengan menggunakan kenderaan bermotor. Tenang saja, jalan disini sangat bagus dan tanpa macet.

Setelah perjalanan yang panjang, akhirnya kurang lebih jam 1 siang baru sampai disini. Hal yang pertama kami kunjungi adalah rumah-rumah warga vietnam dan museumnya. Kami pun membaca sejarah dan melihat peninggalan-peninggalannya seperti peralatan memasak dan makan, peralatan kantor serta melihat-melihat koleksi-koleksi lukisan si Manusia Perahu.

Museum Kampung Vietnam
Eksplore Batam – Koleksi Museum Kampung Vietnam

Puas dengan koleksi museum, kami melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke arah perahu yang digunakan warga vietnam. Jumlah perahunya ada 2 buah tetapi sekarang sudah diperbaiki dan bukan yang asli lagi. Setelah selesai dengan museum dan perahunya, kami pun melaksanakan shalat dzuhur dan melanjutkan menelusuri sudut-sudut kampung vietnam.

Gereja di Kampung Vietnam
Eksplore Batam – Gereja di Kampung Vietnam

Di mulai dari komplek peribadatan umat budha dan kristiani. Sebuah gereja tua dan beberapa patung-patung bunda maria akan menjadi objek yang bagus untuk di abadikan. Disamping gereja terdapat sebuah vihara yang sangat indah dan lengkap. Bau dupa dan suara musik membuat suasana akan semakin syahdu. Diini juga kita dapat menemukan berbagai bentuk dan ukuran patung budha. Mulai dari posisi tidur, Meditating dan laughing.

Kejadian lucu di kampung vietnam, disamparin mama muda dari negri jiran katanya cowok kok jomblo, mau dikenalin sama temannya kala itu (karena klo anaknya katanya gak mungkin)

Selanjutnya, kami mengunjungi vihara yang ada di atas bukit yang masih di komplek kampung vietnam. Selama perjalanan menuju vihara ini mata akan dimanjakan oleh monyet-monyet lucu serta kuburan umat kristiani, budha dan muslim.

Vihara di Kampung Vietnam
Eksplore Batam Vihara di Kampung Vietnam

Dari atas vihara yang ada di bukit, mata akan dimanjakan oleh pemandangan ciptaan tuhan yang sangat luar biasa. Sejauh mata memandang, akan ada pepohonan yang hijau serta laut yang biru. Kami menghabiskan waktu di kampung vietnam sampai jam 3.30.

6. Menyapa Sunsed di Pantai Mirota, Sepotong Surga Kecil di Batam.

Setelah puas menikati dan mengulik sejarah kampung vietnam, perjalanan dilanjutkan menuju pantai mirota. Nah, sebelum sampai ke Pantai ini sebenarnya kami melewati Jemabatan Barelang V dan sempat berselfie ria. Jadi anak alay kan jika sedang traveling (fhotonya gak dimasukin, ngerusk harga diri nanti.haha)

Pantai Mirota
Eksplore Batam – Pantai Mirota

Mungkin pantai Mirota masih sangat asing bagi penduduk di luar batam karena di googling juga tidak banyak yang mengulas pantai ini, Tapi saya sangat merekomendasikan pantai ini buat kamu pecinta pantai. Pantai ini tak jauh dari jembatan Barelang V, tepatnya di Galang. Mirota akan memberikan pesona yang sangat luar biasa bagi kami yang mengunjunginya karena hamparan pasir putih.

Kebetulan kami sampia kesini, kurang lebih jam 5 sore, jadi sebagai pengangum senja dan sunsed saya harus rela menunggu sejenak. Sambil menunggu sunsed, kami menikmati pasir putih yang lembut serta melihat aktivitas para pengunjung seperti yang sedang melakukan berenang, banana boat dan lainnya.

Eksplore Batam - Sunsed Pantai Mirota
Eksplore Batam – Sunsed Pantai Mirota

Dan benar saja, sunset di pantai ini sangat indah dan mempesona. Jadi banyak keuntungan yang kami dapat ketika mengunjungi pantai ini. Kami menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam disini.

7.  Menikmati Dinginnya Jembatan Barelang di Malam Hari, di Temani Sang Rembulan.

Pasti kamu tahu kan jika salah satu icon kota Batam adalah Jembatan Barelang? Nah, ternyata di malam hari jembatan barelang ini merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda Batam. Berbagai jenis makanan yang dijual disini, mampu membuat pengunjung betah.

Bayangkan saja menikmati jagung bakar sambil melihat orang yang pacaran di dinginnya malam hari. Hadeh, pengen gue bilangin ke dia, ” Hey, jangan pacaran, karena dia hanya ingin menikmati, mencicipi dan belum tentu menikahi kamu dek? Haha.

Eksplore Batam - Jembatan Barelang
Eksplore Batam – Jembatan Barelang

Tapi tak lama kemudian, segerombolan cewek mulai mendekat dan mengajak mengobrol sebentar sebelum mereka meminta untuk di fhotoin, dengan senang hati kami pun memoter mereka dan anehnya teman gue juga gak tertarik sama cewek tersebut karena gak berhijab, just the same with me lah yaa (para pecinta hijabers).

Nah, setelah puas dengan jembatan Barelang. Perjalananan selanjutnya pun dimulai. Perjalanan untuk pulang maksudnya. Tapi sebelum pulang, kita harus lomba makan dengan tingkat kepedasan yang mampu membuat diatre di pagi hari.

Eksplore Batam - Jemabatan Barelang Malam
Eksplore Batam – Jemabatan Barelang Malam

8. Untuk Hari Ketiga, Kami Menggunakan One Day Trip ke Singapura. Karena sudah di Batam Tak Lengkap Rasanya Tanpa ke Singapura.

Untuk hari ketiga, kami memutuskan untuk mengikuti one day trip ke Singapura, karena memang jarak Batam dan Singapura hanya dipisahkan oleh laut. Bukan dipisahkan oleh janda muda atau mama muda dari negri jiran. Beberapa destinasi yang dikunjungi adalah Sentosa Island, Merlion Park, Bugist Street, Garden By the Bay dan Orchad Road.

Eksplore Batam Singapura
One day trip Singapura

9. Setelah Selesai One Day Trip, Di Malam Hari Menikmati Suasana Malam di Masjid  Raya Batam.

Masjid Raya kota batam sangatlah bagus dan indah. Masjid ini merupakan kebanggaan penduduk kota batam. Setelah anda sholat isya di masjid ini, anda dapat melanjutkan perjalanan di lingkunagan sekitar karena masjid ini berada di pusat kota.

Eksplore Batam Masjid Raya Batam
Eksplore Batam – Masjid Raya Batam

Masjid Raya Batam mempunyai keunikan tersendiri yang menjadikannya patut di banggakan, antara lain adalah masjid ini berbentuk piramida, salah satu masjid termuda di Indonesia karena dibangun pada tahun 1999, dan di Desain Oleh Arsitektur terkemuka Indonesai yaitu Ir. Achmad Noe’man.

Dan di pagi hari saya harus balik lagi ke Jakarta karena masa liburan sudah usai. Nah, biaya traveling ke Batam juga gak mahal kok. Berikut perkisarannya.

1. Tiket Pesawat Jakarta Batam & Batam Jakarta Rp. 1.430.000,-
2. Biaya penginapan di Batam ( Free) karena ada teman yang baik hati dan tidak sombong.
3. Biaya hidup selama di Batam ( hampir sama dengan jakarta ), sekitar Rp. 500.000,- untuk makan berdua.
4. Belanja di Kota Batam ( tergantung kemampuan finansial masing-masing) Rp.400.000,- oleh-oleh dan lainnya.
5. Tiket wisata dan parkir selama di Batam Rp. 300.000,- untuk dua orang.
6. Bensin Rp. 200.000,-

27 Replies to “Eksplore Batam: Menjajal Batam Selama Tiga Hari Empat Malam”

1. istimewa nih ngetrip mulu.. ada yg sponsor i kah bang.. ngikut napa bang.. hehe

makan siangx ke singapore. setelah kenyang balik lagi.. istimewa.. ^^

2. Woow.. sangat menarik dan seru nge-tripnya.

Sehat-sehat selalu Mas, ya sehat jiwa dan raga, ya sehat kantongnya. hihihi.. sehingga bisa terus mengeksplor kota-kota indah Nusantara kita tercinta. 😀

3. kerasan dan betahkah tinggal di kota Batama dalam beberapa hari mas?
    Batam adalah kota industri yang ada di Indonesia, bejubel perusahaan didirikan untuk kemajuan negara Indonesia

4. Wah..lumayan ya 3 hari di Batam bisa sekalian ke Singapura..
    Udah bisa komplit lagi jalan-jalannya..Bisa jadi panduan itinerary kalau ke sana nanti…
    Thanks for sharing…
    Tapi saran aja Mas, tulisannya beberapa typo , jadi enggak enak di mata bacanya 🙂

5. Belum pernah ke batam sih 😅
    Tapi rasanya kalo udah di batam sekalian lanjut ke singapura yaa mas…
    Oyaa, itu hotelnya unik banget 😀

6. Wah tenyata kota Batam banyak juga destinasi yg kece2 ya..
    Paling mumpeng ke Menara Masjid Jabal Arafah kak.. Uwww
    Ngakak so hard kl batam dan singapura cm dibatasi oleh laut, bukan dibatasi janda muda atau mama muda, wkwkwk

7. Saya tertarik dengan One Day Trip ke Singapura, semoga lain waktu bisa kesana.
    Masjidnya tergolong megah juga ya, politisinya baik sekali tu, mau membangun tempat ibadah.