Generasi Millenia! Kenalan yuk Sama Badan Pemeriksa Keuangan

Badan Pemeriksa Keuangan

236 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Badan Pemeriksa Keuangan- Pernah dengar kasus korupsi? Pasti kasus korupsi sudah tak asing lagi dengan kehidupan kamu karena hampir setiap bulan selalu ada kasus korupsi yang sangat fenomenal. Dan bahkan yang paling heboh adalah pada tahun 2017, yaitu kasus papa Setya Novanto.

Memang yang menjadi topik utamanya adalah drama papa Setnov dan tiang listriknya, dan tentu saja berkat Komisi Pemberantasan Korupsi yang kinerjanya tak perlu di ragukan lagi. Nah, sebenarnya bukan hanya KPK loh lembaga negara yang sering menangani kasus korupsi.

Masih ada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Memang tak sepopuler KPK, namun lembaga ini juga sangat berperan penting bagi Indonesia. Untuk lebih memahami tentang Badan Pemeriksa Keuangan. Simak yuk pembahasan dari ngayap.com berikut.

Tak Kenal Maka Tak Sayang! Ayo, Kenalan Sejenak Dengan Badan Pemeriksa Keuangan.

BPK adalah sebuah lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab tentang keuangan negara. Peran dan tugas pokoknya bisa diuraikan dalam dua hal. Pertama, BPK adalah pemeriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya. Kedua, BPK harus mengetahui tempat uang negara itu disimpan dan untuk apa uang negara itu digunakan.
Salah satu sumber penghasilan Negara adalah Pajak. Jadi masih gak peduli jika pajak yang kamu bayar di salahgunakan?
Nah, sebenarnya BPK juga sudah ada setelah dua tahun Indonesia merdeka tepatnya pada tanggl 1 Januari 1947. Setiap lembaga yang didirikan pasti mempunyai maksud dan tujuan dong ya. Lah, manusia saja diciptakan di muka bumi ini mempunyai tujuan juga.

Jangan Anggap Remeh! Tugas Badan Pemeriksa Keuangan Sungguh Mulia.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap lembaga negara didirikan dengan tujuan, tugas dan wewenangnya masing-masing. Mungkin bagi kita masayarakat awam banyak yang belum mengetahuinya. Nah,berikut tugas dan wewenang Badan Pemeriksa Keuangan.

BPK Memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara Lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan Lembaga atau Badan lain yang mengelola keuangan negara.

BPK Melaporkan kepada penegak hukum jika dalam pemeriksaan ditemukan indikasi tindak pidana; Memantau pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat entitas yang diperiksa, dan hasilnya dilaporkan secara tertulis kepada lembaga perwakilan dan pemerintah.

Tak Tanggung-Tanggung! Badan Pemeriksa Keuangan Sejajar Langsung Dengan Presiden.

Tak tanggung-tanggung, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam struktur Lembaga Negara Berdasarkan UUD 1945 sejajar lasngung dengan Presiden, Dewan Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Agung Mahkamah Agung. Sehingga sangat jelas bahwa peran BPK sebagai lembaga pemerintahan Indonesia ini berposisi sebagai lembaga pemerintahan inti.

Sumber Image :BPK

Karena tugas dan posisi BPK yang sangat dibutuhkan dalam Kawal Harta Negara. Tak salah lagi jika dalam menjalankan tugasnya mempunyai landasan dan dasar dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Nah, ada tiga nilai dasar dari BPK yaitu Independensi, Intergritas dan Profesionalisme.

Nah, Menariknya lagi! Kaum Millenia Bisa Langsung Melakukan Pengaduan ke BPK lewat Situs Onlinenya.

Sebagai salah satu lembaga negara yang bertugas untuk Kawal Harta Negara, ternyata BPK sangat membutuhkan bantuan dari masayarakat karena tidak semua kasus bisa dideteksi, jadi kamu bisa mengadukan langsung ke situs online BPK di http://bpk.go.id.

Namun, meski masayakarat bebas melakukan pengaduan ke BPK melalui online. Ada bebarapa persyaratan yang harus dilengkapi seperti Menguraikan kejadian dari permasalahan dana yang terjadi, menyertakan bukti serta identitas pengadu supaya transparan, Pengadu harus WNI dan mengisi form yang disediakan.

Untuk Update Informasi Tentang BPK. Jangan lupa ya Follow dan Like akun media sosial BPK RI:
Instagram: @bpkriofficial
Twitter: @bpkri
Facebook Fanpage: @humasbpkri.official

BPK RI. (2017). Mengenal Lebih Dekat BPK – Sebuah Panduan Populer dan Mengenal lebih dekat BPK.

Artikel ini diikutkan dalam lomba blog yang di adakan Badan Pemeriksa Keuangan.

22 thoughts on “Generasi Millenia! Kenalan yuk Sama Badan Pemeriksa Keuangan

  1. Penting ini..
    Kalo saja ada penyuluhan tentang masalah perpanjakan ini di mulai dari sekolah2 pasti lebih baik laginke depan nya hasil nya..
    Jd setiap orang memahami betul untuk apa pajak yg di bayarkan dan kemana saja dana yg di bayarkan untuk pajak negara tersebut di gunakan. Jangan tau nya hanya membayar setiap tahun saja.

  2. KPK adalah parlemen yang paling ditakuti oleh para pejabat2 jahat yang suka korupsi, hidup KPK, semoga terus berjaya tanpa taku menyerah

  3. Kalu semua lembaga berjalan dengan baik sesuai fungsinya masing-masing, kita patut optimis negara kita tercinta akan semakin bertambah maju dan makmur. 😀

  4. Wah ternyata tugas bpk terbilang sangat berat ya, kita perlu mendukung penuh nih untuk terus kawal Harta Negara, semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *