Menjelajahi Wisata Magelang, Kota Dengan Seribu Kenangan di Sanubari

602 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Wisata Magelang – Magelang! Sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang tidak jauh dari Jogjakarta. Memang sering di anggap sebelah mata karena yang paling terkenal dari Magelang identik dengan Candi Borobudur dan Gereja Ayam yang hits akibat flim Ada Apa Dengan Cinta 2.

Saya pernah tinggal empat bulan di Kota bunga ini. Namun, saya benar-benar eksplore Magelang setelah kerja di Jakarta, maklum gaji di Magelang hanya cukup untuk mengisi perut dan bayar uang kosan sehingga tak ada dana untuk traveling. Nah, kali ini saya akan menceritakan pengalaman traveling saya di Magelang.

Saya berangkat dari Jakarta dengan menggunakan kereta ke Jogja terus di lanjutkan ke Magelang dengan menggunakan bus. Nah, setelah sampai di Magelang, tentunya saya akan bertandang dulu ke Ibu Kos yang genitnya kebangatan.

Hari 1. Perjalanan Kali Ini Ditemani Kawan Lama di Magelang yang Takut Dengan Ketinggian.

1.Tak Perlu Mengejar Sunrise di Punthuk Setumbu, Menikmati Punthuk Setumbu di Tengah Hari Juga Asyik kok

Bagi kamu pecinta sunrise tentu punthuk setumbu sudah menjadi destinasimu jika traveling di magelang. Tapi bagi kamu yang tidak bisa menikmatinya dengan sunrise, tenang saja pemandangan di siang hari puthuk ini tak kalah menarik.

Untuk mencapai punthuk ini tidak begitu sulit karena sudah ada petunjuk yang sudah jelas dan jalanan yang sudah bagus. Tapi kamu harus berjuang manaiki anak tangga supaya kamu bisa mencapai tempat terindah di puntuhk ini. Perlu waktu sekitar 20-30 menit untuk sampai ke puncaknya.

Puntuk Setumbu Magelang
Wisata Magelang – Puntuk Setumbu Magelang

Gak nyesal kok, karena disana sangat banyak spot fhoto untuk kamu yang doyan selfie sebut saja rumah pohon, view ke candi borobudur, view ke Gereja ayam dan tentunya udara segar sebagai bonus utama yang kamu peroleh.

Tiket Masuk Rp. 15.000,- Per orang
Parkir Rp. 2.000,- Per Motor

2. Meski Tak Semegah Candi Borobudur, Konon Candi Mendut Lebih Tua dan Bertuah dari Borobudur.

Setelah puas dengan menikmati keindahan alam Punthuk Setumbu, sebenarnya masih ingin lanjut ke Punthuk Sukmojoyo tetapi karena teman ngertip kali ini staminanya di bawah rata-rata akhirnya niat di urungkan meski saya sendiri agak kesal juga sebenarnya.

Menikmati Suasana Candi Mendut
Akhirnya saya memutuskan untuk destinasi berikutnya adalah Candi Mendut. Candi yang dibangun pada tahun 824 Masehi ini memiliki luas keseluruhan 13,7 x 13,7 meter dan berbentuk segiempat dan atap bertingkatnya dihiasi stupa kecil. Dengan ketinggian 26,4 meter dan berdiri diatas kaki setinggi 3,7 meter membuat Candi Mendut tampak anggun dan megah dari kejauhan.
Tiket Masuk Rp. 7.000,- untuk 2 orang
Parkie Motor Rp. 2.000,-

Hari 2. Perjalanan Kali Ini Masih Ditemani Kawan Lama di Magelang yang Takut Dengan Ketinggian di Tambah Dua Personil Lagi yang gak Kalah Gokil.

Pagi hari yang cerah di Magelang, tak lupa saya untuk jogging di area sawah yang tak jauh dari kosan, karena memang dulu joggingnya disana bersama teman kosan (Mas Farid yang sudah bahagia di Solo, Mas Eri Alias Siluman Ayam di Pati, Om Wisnu teman ngejablay anak kos paling badung di Magelang).

Sambil mengingat kenangan bersama teman kosan yang sudah seperti saudara sendiri (maklum lah klo anak kos mah gitu). Tak terasa hp berdering dari teman ngetrip kali ini. Singkat cerita petualangan pun di mulai dengan motor yang setia menemani perjalanan ini.

Hutan Pinus Kragilan, Spot Wisata Cantik yang Lagi Hits di Instagram

Untuk mencapai hutan pinus ini bisa ditempuh dengan perjalanana kurang lebih 1 jam dengan menggunakan motor dari Mertoyudan. Segarnya udara magelang akan menemani setiap putaran roda, hanya menikmati perjalanan sambil sesekali memperhatikan kegiatan penduduk.

Hutan Pinus yang berlokasi di desa Kaponan, Pakis, Magelang tepatnya di lereng Merbabu mendapat julukan top selfie kragilan. Entah siapa yang memulai memberikan nama tersebut, tapi yang pasti hutan pinus iniย  memang sangat indah dan banyak spot fhoto-fhoto yang menarik untuk di abadikan di lensa kameramu.
Hutan Pinus Kragilan
Wisata Magelang – Hutan Pinus Kragilan

Berbagai spot menarik di hutan pinus ini harus kamu abadikan, mulai dari barisan hutan pinus dan ditengahnya ada jalanan, duduk santai dibawah hutan pinus, hammockan di antara hutan pinus sampai dengan naek ayunan yang sudah disiapkan.

Uang Masuk Free, kalo sekarang mungkin sudah bayar

Parkir Motor : Rp. 2.000,- bisa juga sudah naik

Gagahnya Sang Merapi Bisa Kamu Saksikan Lewat Gardu Pandang Ketep Pass

Setelah puas dengan hutan pinus top selfie, perut mulai keroncongan dan salah satu spot makan sekaligus menikmati gagahnya merapi adalah Ketep Pass. Pemandangan gagahnya Gunung Merapi yang disaput langit biru di pagi hari juga bisa kamu temukan di Ketep Pass.

Letaknya di Kecamatan Sawangan, sekitar 21 km dari Mungkid, ibukota Kabupaten Magelang. Melangkahlah ke Gardu Pandang yang berada di ketinggian 120 mdpl, kamu akan disambut panorama Gunung Merapi dan Merbabu serta hamparan hijau di lerengnya.

Ketep Pas Magelang
Ketep Pas Magelang

Selain menikmati pemandangan yang melenakan, kamu juga bisa menambah wawasanmu tentang Merapi dan aktivitasnya di Museum Vulkanologi yang masih terletak di kawasan ini. Ada juga pelataran Panca Arga di mana kamu bisa memandang lima gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

Tiket Masuk Rp. 7.500,- per orang
Parkir Rp. 3.000,- Per Motor

Makan siang Rp. 49.000,- per 2 orang dan di sini juga kami menunggu teman yang lainnya. Nambah teman dan kenalin baru lagi dah.

Jika Kamu Merasa Magelang Terlalu Terik, Berbeloklah ke Air Terjun Kedung Kayang Nan Sejuk

Setelah puas dengan Ketep Pass, perjalanan selanjutnya dilanjutkan menuju kedung kayang. Untuk mencapai kedung kayang dibutuhkan perjalanan yang melelahkan. Mulai dari jalanan aspal dengan belokan super duper. Nah, setelah perjalanan dengan motor yang melelahkan saatnya melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki kurang lebih 1 jam karena nyasar.

Air terjun ini berada di lereng Merapi, tepatnya diperbatasan antara dua kabupaten cantik di Jawa Tengah, yaitu Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Air Terjun Kedung Kayang Magelang
Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Sebenarnya ada dua cara untuk menuju Air Terjun Kedung Kayang dari pos pembelian tiket, yang pertama dari atas dan yang kedua dari bawah. Saya saranin jangan menggunakan jalur atas, karena kamu akan kecewa besar dan cenderung menyesal.

Jika kamu menggunakan jalur atas kamu hanya bisa menikmati Air Terjunnya dengan melihat tanpa bermain air. Bagi kamu pecinta basah-basahan seperti saya, kamu harus menggunakan jalur bawah, meskipun jalanan yang lebih lama dan butuh tenaga ekstra, tapi yakinlah hasil yang kamu dapat sangat memuaskan.

Biaya Tiket 2 Orang& Parkir Motorย  Rp. 11.000,-
Bensin Rp. 20.000,-
Jajan Rp. 20.000,-

Hari ke 3. Dapat Teman Baru yang Suka Godain Janda dan Memang Pecinta Janda! Lah, Mau gak mau, Aku Harus Mengikuti Gaya Tripnya.

Nah untuk hari ketiga, saya tidak lagi bersama teman yang ekplore magelang tersebut karena berbagai alasan, mulai dari mereka yang gampang lelah sampai dengan semuanya minta di bayarin. Dan tak sengaja ketika di salah satu tempat makan ngobrol santai bersama anak Temanggung dan akhirnya akrab.

Ini pertama kalinya saya traveling dengan orang yang cukup aneh menurutku, karena dia menganut sistem traveler sandal jepit. Dan aku juga direacuni untuk memakai sendal jepit meski dari Jakarta sudah dibela-belaian bawa dua buah sepatu untuk ganti karena takut sepatunya basah atau hal yang tidak di inginkan.

Meski Penuh Perjuangan dan Melelahkan, Keindahan Punthuk Sukmojoyo Membayar Lunas Rasa Lelahmu

Untuk menuju Punthuk Sukmojoyo dari Candi Borobudur diperlukan waktu yang cukup lama, dan belum ada petunjuk yang jelas untuk menuju Punthuk ini. Jadi traveler harus sering-sering bertanya dengan warga lokal supaya tidak nyasar.

Selama perjalanan, kamu akan disguhukan dengan pemandangan yang sangat apik, kegiatan masyarakat lokal juga menjadi daya tarik yang sangat manis serta berkesan. Meski jalanan yang tidak mulus tapi secara umum jalanan ke Punthuk ini sangat layak.

Tracking Kurang Lebih 15 Menit, Merupakan Bonus Bagi Kamu yang Jarang Olahraga

Setelah sampai di area parkir, kamu masih harus tracking sekitar 15 Menit untuk mencapai spot-spot menarik di Punthuk ini. Anggap saja kamu sedang olahraga yang dapat menyehatkan jasmani dan rohanimu.

Bebatuan serta tebing yang agak curam akan menjadi teman perjalananmu, tapi jangan khawatir rumput dan pemandangan sekitar yang hijau selalu siap menyapamu dengan senyum nan manis.

Setelah Puas Dengan Punthuk Sukmojoyo, Ngadem Sebentar di Air Terjun Watuploso

Awalnya gue sendiri ragu dengan air terjun ini, meski debit airnya tidak terlalu besar dengan air terjun bertingkat tiga namun pengunjung air terjun ini sangatlah minim. Tapi jangan khaawatir, masalah pemandangan tidak begitu membosankan kok.

Kamu bisa istrahat sejenak sambil memulihkan tenagamu untuk eskplore magelang selanjutnya. Jalanan yang terjal dan sudah baek dapat menguran lemak-lemak yang ada di dalam tubuhmu. Selain mendapatkan pemandangan yang segar, kamu juga olahraga tanpa perlu fitness alias gratis.

Tak Lengkap Rasanya, Jika Ke Magelang Tanpa Ke Borobudur, Bak Nikah tanpa Kawin

Bagi sebagian besar traveler, jika ke magelang tentu harus ke borobudur tapi itu hanya berlaku bagi yang pertama sekali. Jika kamu sudah sering kesini, kamu bisa mencari alternatif lain wisata magelang. Memang candi borobudur selalu menawarkan keindahan bagi pengunjungnya, saya sendiri sudah ketiga kalinya kesini dan tak pernah bosan.

Disuruh gaya gini, entah apa maksudnya

Ini untuk yang ketiga kalinya saya mengunjungi candi Borobudur. Mau menggu sunsed yang manis sambil mencari janda yang manis juga waktu itu, malah dapat kenalan traveler dari Kalimantan yang berujung pada minta di photo in dan minta alat tulis gue untuk menulis ” Hey Kamu! Dapat Salam dari Borobudru!

Biaya – Biaya Selama Traveling di Magelang

1. Tiket Kereta Jakarta – Jogja Rp. 220.000,-
2. Gojek dari Kos ke Stasiun Rp. 40.000,-
3. Transjogja Rp. 3.500,-
4. Bis Jogja Magelang Rp. 10.000,-
5. Sarapan Pagi Rp. 15.000,-
6. Bensin Rp. 20.000,- (Hari Pertama)
7. Tiket Punthuk Setunbu dan Parkir Rp. 32.000,- Per 2 Orang
8. Makan siang Rp. 35.000,- per 2 orang
9. Tiket Candi Mendut Rp. 7.000,- Per 2 Orang
10. Bensin Hari ke Dua Rp. 20.000,-
11. Parkir dan Toliet Hutan Pinus Kragilan Rp. 5.000,-
12. Tiket dan Parkir Ketep Pass Rp. 15.000,-
13. Makan Siang di Ketep Pass Rp. 49.000,- per 2 orang
14. Tiket Kedung Khayang dan Parkir Rp.12.000,-
15. Jajan di hari ke dua Rp. 30.000,-
16. Makan Malam Rp. 15.000,-
17. Bensin Hari ke 3 Rp. 20.000,-
18. Makan Siang dan Jajan Rp. 30.000,-
19. Parkir Punthuk Sukmojoyo dan Sumbangan Suka Rela Rp. 10.000,-
20. Parkir Air Terjun Watuploso Rp. 5.000,-
21. Makan Malam Rp. 50.000,-
22. Tiket Kereta Jogja – JKT Rp. 105.000,- (hangus)
23. Tiket Bus Temanggung – Jkt Rp. 130.000,- Per Orang
24. Bensin Eksplore Temanggung Rp. 25.000,-
25. Makan di Temanggung Rp. 50.000,-
26. Tiket Masuk Borobudur Rp. 60.000,- 2 orangย + Parkir Rp. 5.000,-
26. Biaya Penginapan Free ( Di sponsor oleh Ibu Kos yang baek dan teman yang baek)

Nah setelah selesai ekplore Magelang, masih lanjut sebenarnya eksplore Temanggung! Mau dikenalin katanya sama janda yang menjadi incarannnya. Kisah cinta dia juga lumayan tragis, semua mantannya adalah janda! What happen with you guyz?

24 Replies to “Menjelajahi Wisata Magelang, Kota Dengan Seribu Kenangan di Sanubari”

  1. Wah, cocok… Magelang cumak satu jam dari tempat saya di Ambarawa. Hehehe.
    bisa jadi referensi kalu pengen jalan-jalan ke Magelang.

    ๐Ÿ˜€

    terima kasih..

  2. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Itu teman pecinta janda malah seru buat tmn jalan2.

    Btw boleh buat referensi trip magelang karena dulu cm pernah ke candi borobudur aja.

  3. Beberapa kali aku udah pernah ke magelang, beberapa kali juga mengunjungi wisata2nya.. Emg keren2, banyak bgt tempat wisata di sana ๐Ÿ™‚

  4. sepertinya kalau ke Jawa nggak perlu apa-apa lagi tinggal baca ngayap.com plus sediain uang jadih eksplore ke tempat terbaik

  5. Keren yang hutan pinusnya. Emang enak sih kalau jalan-jalan di alam, jadi pikiran bisa jadi lebih adem.. Kayaknya perlu dicoba berkunjung di magelang..

  6. asyikkk nihhh..pengenn ihhh keborobudur lagi setelah tahun kemarin kesanaa..jadi ketagihann pengen lagii pas liat fotonyaa..hhehhe….apalagi air terjunya duhhh…sejukk kayanyaa mas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5A924A2977604