9 Destinasi di Tasikmalaya Ini yang Indahnya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Destinasi di Tasikmalaya

354 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Destinasi di Tasikmalaya – Berbicara masalah Jawa Barat, pasti identik dengan Bandung. Memang Bandung menjadi Ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Tapi, tahu kah bahwa kota-kota di Jawa Barat itu bukan hanya Bandung. Masih banyak kok kota lainnya. Sebut saja dengan Majalengka, Garut, Sukabumi dan Tasikmalaya.

Berbicara masalah destinasi wisatanya juga, kota-kota tersebut tak kalah menawan dengan Bandung. Sebut saja Tasikmalaya  yang dijuluki sebagai kota Delhi Van Java. Tapi jangan salah paham dulu dengan julukan tersebut. Hal ini disebabkan oleh topografi geografisnya yang berbukit-bukit bukan karena masayarakat Tasikmalaya jago goyang India atau setiap ada pohon langsung goyang.

Nah, sebagai bahan referensi kamu yang ingin berkunjung ke Tasikmalaya. Yuk, simak 9 destiansi yang harus kamu sapa jika sedang bertandang ke kota Delhi Van Java ini.

1.Indah Nan Manis, Ini Lah Curug Kembar Batu Blek. Sikembar yang Memanjakan Mata Para Pelancong.

Curug Batu Blek ini merupakan sumber air yang mengalir melalui kanal sepanjang 4,5 kilometer yang dibuat oleh Emak Eroh. Ya emak Eroh sang wanita besi dari Tasikmalaya ini membuat sebuah saluran air sepanjang 4,5 kilometer mengintari 8 bukit dengan kemiringan 60-90 derajat dalam waktu 2,5 tahun menggunakan linggis, belincong dan cangkul dari hasil ia menjual perhiasannya.

Curug Batu Blek via instagram.com @robbyagustiana

2. Gemercik Air yang Dingin Sambil Berenang Kece, Bisa Bangat di Curug Pamutuh. Hijaunya Bisa Mengalahkan Hijau Band Ini Mah.

Curug Pamutuh sendiri berjarak sekitar 24,2 kilometer dari Pusat Kota Tasikmalaya melalui Singaparna – Leuwisari. Apabila dari Alun-Alun Singaparna Jaraknya 8,9 kilometer ke arah Cigadog – Leuwisari.

Curug Pamutuh via .instagram.com @ramaa_bram

Curug Pamutuh ini tepat berada di sebelah selatan Gunung Galunggung dengan jarak sekitar 5,30 kilometer dari Gunung Galunggung. Dan uniknya lagi, curug ini menghasilkan kolam alami yang sangat besar sehingga cocok bangat buat kamu yang ingin berenang atau hanya sekadar bermain air.

3. Dek, Lihatlah Bunga-Bunga yang Bermekaran di Curug Ciparay. Yakin Gak Mau Kesana Bareng Babang!

Curug Ciparay ini berada di Kec.Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Curug ini memiliki debit air yang lumayan banyak, curug ini juga disebut sebagai curug kembar, karena memiliki 2 curug yang berdekatan. Berada di kaki Gunung Galunggu membuatnya semakin asri dan ciamik untuk dijadikan sebagai pengisi instagrammu.

Curug Ciparay via instagram.com @chanderaaa

Curug ciparay ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dan 55 meter. Nah bagi kamu yang ingin menikmati curug kembar ini disarankan untuk mandi-mandi di curug yang kedua karena mempunyai kolam alami yang tidak terlalu dalam dan debit airnya juga tidak deras.

4. Menikmati Lautan Awan di Gunung Galunggung, Semua Beban Hidup Hilang Seketika Sakin Indahnya.

Siapa yang tak kenal dengan gunung yang satu ini? Gunung yang masih aktif ini pernah meletus pada tahun 1982. Jika ingin melihat keindahan kawah Galunggung dari atas gunung, pengunjung harus melewati 620 anak tangga. Gunung Galunggung juga terkenal dengan pemandian air panasnya yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit kulit ini berlokasi di daerah Singaparna, sekitar 17 km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Gunung Galunggung via instagram.com @ubech91

5. Menikmati Sunsed di Kala Senja di Pantai Cipatujah, Nikmatnya Membuat Tak Bisa Berucap Selain Alhamdullah.

Pantai Cipatujah menjadi salah satu pantai yang harus kamu sambangi di Tasikmalaya. Pantai dengan luas sekitar 115 hektar ini menjadikannnya pantai yang tergolong teristimewa di Pulau Jawa. Makanya jangan kaget kalo pantai ini merupakan salah satu pantai terluas dan terpanjang yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa.

Destinasi di Tasikmalaya
Destinasi di Tasikmalaya – Pantai Cipatujah via @a.hilman01

Bagi kamu yang seneng liat terumbu karang dan ikan lucu lucu, Pantai Cipatujah bakal jadi destinasi yang cocok. Selain itu, jika umumnya pantai itu berpasir putih, maka pantai ini berbeda. Cipatujah punya pasir besi yang sangat baik untuk berjemur maupun relaksasi. Nah, yang paling istimewa adalah sunsed yang bisa meneduhkan hati dan menentramkan jiwa dengan keindahan yang ditawarkan.

6. Masih Mau Menikmati Sunsed di Tasikmalaya, Pantai Karang Tawulan Juga Tak Kalah Epik Loh.

Pantai ini terletak di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Pantai Karang Tawulan sendiri merupakan salah satu objek wisata yang wajib dimasukkan ke dalam daftar liburan. Pantai ini menyajikan keindahan panorama alam yang luar biasa. Suasana pantai juga masih alami dan sepi.

Destinasi di Tasikmalaya
Destinasi di Tasikmalaya – Pantai Karang Tawulan via @wapru

7. Ajak Pasanganmu dan Nikmati Bersama Romantisnya Suasana Senja di Situ Gede.

Tasikmalaya dikenal mempunyai beberapa situ. Dan salah satunya yang menjadi andalan pemerintah Kota Tasikmalaya adalah Situ Gede. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi.

Destinasi di Tasikmalaya
Destinasi di Tasikmalaya – Situ Gede Tasikmalaya via @tasiknews/

Situ Gede mempunyai pemandangan indah, terlebih saat sore menjelang matahari terbenam. Kamu harus merasakan suasana romantis dengan pasangan kamu di tempat ini. Itu pun kalo punya. Dan akan lebih asyik kalau kamu menikmati pemandangan sekelilingnya sambil naik perahu.

8. Ada situs arkeologi di Tasikmalaya. Mainlah ke Gua Melawang dan rasakan suasana zaman pra-sejarah di sini.

Tasikmalaya juga punya gua yang menarik untuk dikunjungi. Gua Melawang letaknya berada di tengah perkebunan. Uniknya, masyarakat sekitar menamakan kompleks Gua Malawang dengan banyak nama, seperti Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin.

Destinasi di Tasikmalaya
Destinasi di Tasikmalaya – Goa Malawang via tasikmalayaupdate.blogspot.co.id

Di Gua Melawang, dulu sempat ditemukan barang-barang arkeologis berupa 13 buah pecahan gerabah kuna. Kemudian penelitian dilangsungkan beberapa kali, antara lain oleh Balai Arkeologi Bandung. Temuan arkeologis yang ditemukan antara lain berupa fragmen gerabah, fragmen keramik, alat batu berupa perkutor dan kapak batu, dan tulang-tulang binatang.

9. Destinasi di Tasikmalaya Terakhir, Ada Masjid Agung Manonjaya, masjid tertua dengan nuansa arsitektur yang neoclassic.

Selain Pamijahan, buat kamu yang suka sejarah, jangan lupa untuk mengunjungi mesjid legendaris di Manonjaya. Letaknya gak terlalu jauh ko dari pusat kota, cuma sekitar 12 km .

Destinasi di Tasikmalaya
Destinasi di Tasikmalaya – Masjid Agung Manonjaya via twitter.com

Masjid ini dipercaya masyarakat sekitar sudah dibangun sejak tahun 1832 dan selesai 1837. Saat Kerajaan Sukapura masih eksis dan masih dipimpin Raden Tumenggung Danuningrat. Mesjid ini merupakan saksi awal mula berdirinya Tasikmalaya.

Itulah sederet tempat-tempat yang bisa jadi referensi kamu yang bakal main di Tasikmalaya. Rasanya Tasikmalaya masih mempunyai banyak tempat-tempat indah yang tersembunyi di dalamnya. Kalau kamu punya destinasi wisata favorit lainnya di Tasikmalaya, jangan pernah ragu untuk menyebutnya di kolom komentar.

8 thoughts on “9 Destinasi di Tasikmalaya Ini yang Indahnya Bikin Geleng-Geleng Kepala

  1. Indahnya
    Ada air terjun kembar juga
    Di sekitar hijauan tampak belantara
    Namun semerbak bunga-bunga
    Mengharum sampai senja,,,

    Membuat aku ingin kesana
    🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *