9 Destinasi Purbalingga yang Menarik Disambangi dan Bikin Kamu Candu

Wisata Purbalingga

51 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Wisata Purbalingga – Apakah kamu mempunyai kenalan atau teman orang Purbalingga? Mungkin, kamu pernah mendengar dialek yang unik atau lebih terkenal dengan istilah ngapak. Memang, selama ini bahasa ngapak lebih identik dengan Brebes dan Tegal. Padahal, Purbalingga juga tak asing dengan bahasa tersebut.

Meski belum sepopuler Yogyakarta dan Dieng di Jawa Tengah, perlu kamu ketahui bahwa Purbalingga adalah salah satu kawasan utama di Jawa Tengah. Jika kamu belum pernah menjelajahinya, saatnya kamu merencakan liburan di Purbalingga. Hal tersebut karena, destinasi di Purbalingga sungguh apik untuk kamu sambangi. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak ulasan dari ngayap.com

1. Pemandangan yang Hijau di Curug Sumba Indahnya Kebangatan. Instagramble Bangat Ini Kak!

Curug Sumba berada di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Curug Sumba merupakan air terjun yang memiliki pesona keindahan alam dengan nuansa pegunungan. Curug ini sangat tersembunyi tetapi menjadi destinasi favorit para pencari keindahan fhoto.

Wisata Purbalingga
Wisata Purbalingga – Curug Sumba via .instagram.com @aji_pras90

Curug Sumba memiliki ketinggian sekitar belasan meter saja, nuansa hutan dengan pohon-pohon dan bebatuan yang mengelilinya menambah suasana alami tempat ini. Anda bisa bersantai, bermain air, berselfi ria atau bahkan sekedar melepas rasa penat di Curug Sumba saat rasa galau melanda, pesona alam sekitarnya akan sedikit mengurangi beban atau juga rasa bosan dengan aktivias sehari-hari.

2. Curug Nini, Curug yang Tidak Ada Hubungannya Dengan Dendam Nini (Nyi) Pelet, Wisata Purbalingga Ini Kudu di Jamah ya.

Curug Nini adalah salah satu air terjun yang ada di Purbalingga dengan keindahan yang luar biasa. Air terjun tersebut tidak terlalu tinggi yaitu 10 meter.Tetapi airnya yang sangat jernih menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari air terjun ini. Dan dengan kolam yang luas, membuat tergerak untuk segera berendam, berenang ataupun bermain air.

Wisata Purbalingga
Wisata Purbalingga – Curug Nini Via instagram.com @zaennymaulana

Untuk aksesnya dari Purbalingga arah Bobotsari, setelah sampai di perempatan Pasar Karangnangka, belok kiri sekitar 4 KM.Jika telah sampai di Balai Desa Cipaku, ambil jalan ke kanan dengan melewati jalan tanah yang berjarak sekitar 200 meter. Untuk mencapai lokasi curug ditambah undakan jalan setapak sekitar 50 meterAtau lebih jelas GPS ( Gunakan Penduduk Sekitar ).

3. Menikmati Taman Bunga di Lereng Pegunungan, Kutaba Flower Garden Menjadi Solusinya.

Wisata yang menjadi tujuan traveler ini selalu ramai dikunjungi, berada di kaki gunung Slamet menjadikannya semakin ciamik untuk dipandang. Terinfirasi dari Kebun Bungan Begonia Lembang, Kutabawa kini menjadi destinasi hits di Purbalingga.

Wisata Purbalingga
Kutaba Flower Garden via instagram.com @aam_riyanto

Para wisatawan bisa menikmati berbagai macam bunga dibalut udara yang sejuk di lokasi kutabawa flower garden. Ada 18 jenis bunga dan beberapa diantaranya bibitnya didatangkan dari Bandung. Sedangkan dari segi fasilitasnya, akan terus dikembangkan.

4. Bagi Kamu Pengagum Lautan Awan, Mendaki Gunung Slamet Menjadi Destinasi Utama Kamu.

Kamu yang hobby mendaki harus bangat ke Gunung Slamet. Selain lautan awannya yang indah ternyata gunung Slamet juga menjadi salah satu Gunung Paling Mistis di Indonesia. Gunung Slamet berlabel gunung paling tinggi di jawa tengah. Track kepuncaknya beragam, dimulai dari vegetasi rapat sampai jalur pasir, akan dimulai disini. Jalur vegetasinya adalah hutan yang masih rapat dengan pohon-pohon berukuran di atas rata-rata.

Wisata Purbalingga
Gunung Slamet via instagram.com @emyebpj

Bahkan di beberapa titik, sinar matahari tak sanggup menembus rapatnya vegetasi di Slamet. Suasana sunyi dan remang-remangnya hutan akan cukup membuat bulu kudung berdiri saat melintasi jalur ini. Apalagi gunung slamet masih sangat dikramatkan oleh warga sekitar. Bahkan kita tidak disarankan mendirikan camp/tenda disebuah pos bernama Samarantu.

5. Tak Kalah Dengan Klaten, Kota Seribu Umbul. Kota Seribu Curug Ini Juga Punya Situ Tirta Marta yang Airnya Sebening Tatapan Isyana.

Telaga Situ Tirta Marta Purbalingga merupakan sebuah tempat wisata air dengan sumber air alami. Telaga Tirta Marta ini airnya sangat jernih sehingga pengunjung dapat melihat ke dasar kolam / telaga.

Wisata Purbalingga
Situ Tirta Marta via instagram.com @sitama01

Pengunjung bisa foto-foto bergaya dengan poperti motor, nonton tv atau main playstation di dalam air, semua poperti foto telah disediakan pengelola. Semua Poperti ini disewakan dengan harga Rp. 150.000 sepuasnya dan disediakan juga kamera action serta kameraman untuk foto underwater.

6. Gak Sanggup Mendaki Gunung Slamet, Bukit Watu Geong Bisa Kamu Sambangai Sebagai Penggantinya.

Bukit Watu Geong memiliki keunikan yang ditawarkan adalah keberadaan sebuah batu raksasa sebesar rumah seperti menggantung di puncak Gunung Korakan, sebelah selatan desa Gunungwuled Kecamatan Rembang, Purbalingga.

Wisata Purbalingga
Wisata Purbalingga – Bukit Watu Geong via .instagram.com @ukyfanany

Watu ini terletak pada ketinggian 580 meter dari permukaan air laut. Pengunjung yang datang ke bukit ini bisa menikmati pemandangan lanscap yang cukup luas dengan latar belakang pegunungan, desa, hutan dan kota dari kejauhan. Bukit ini berada di Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah.

7. Berbagai Lokasi yang Ciamik, Bisa Kamu Abadikan di Desa Wisata Panusupan.

Desa Wisata Panusupan berada di wilayah Desa Panusupan, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah. Konsepnya yang unik, ciamik dan instagramable, ditambah hawanya yang sejuk, membuat Desa Wisata Panusupan kian ramai dipenuhi wisatawan. Bahkan sering muncul di beberapa media online dan cetak.

Wisata Purbalingga
Desa Wisata Panusupan via instagram.com @jabaradom

Nah, berikut ini rangkuman keindahan dan keunikan Desa Wisata Panusupan Purbalingga, Jembatan Cinta, spot selfie berbentuk hati yang bisa langsung membuat siapa saja jatuh cinta, Omah Susuh, spot selfie yang menyerupai rumah burung raksasa atau minum kopi ganteng, bisa bangat kamu lakukan di wisata Panusupan.

8. Uji Adrenal dengan Arum Jeram di Sungai Klawung, Cocok Bangat Buat Kamu Penikmat Tantangan.

Sungai klawi merupakan sungai yang terletak di dua kecamatan yaitu kecamatan Bobotsari dan Mrebet Purbalingga. Bagi anda yang suka dengan tantangan mungkin sungai ini cocok bagi anda, di sungai ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti arum jeram dan dan juga river boarding.

Wisata Purbalingga
Sungai Klawung via instagram.com @titah_latifya

9. Jangan Berangakat Sendirian Ke Puncak Sanderan, Karena Bisa Ngenes Melihat Pasangan Lainnya.

Puncak Sanderan menyajikan pemandangan alam yang eksotik dari atas pohon menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Yah, meskipun untuk menuju lokasi dibutuhkan satu jam perjalanan dengan jalan kaki melewati jalan setapak serta semak belukar disampingnya, rupanya hal tersebut tidak menyurutkan minat dari para wisatawan.

Wisata Purbalingga
Puncak Sanderan via instagram.com @diduapuluhtujuh

Puncak Sanderan sendiri bearda di Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Nah, bagaimana? Sudah pernah belum ke Purbalingga, jika belum, ayu kita rencakan liburan bareng ke Purbalingga karena kota seribu curug ini sangat cocok menjadi destinasi traveling. Bagi kamu yang mempunyai pengalaman ngetrip di Purbalingga, boleh bangat untuk di share dan di coment ya.