Status Jomblo

Sah! Ini 9 Destinasi Wisata di Subang yang Bisa Membuatmu Jatuh Cinta

1,744 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Wisata Subang – Subang, sebuah kabupaten di Jawa Barat yang dikenal dengan nanas madunya ini mungkin masih kalah pamornya dengan kabupaten lainnya di tatar Sunda. Sebut saja kabupaten Garut atau Kota Bandung yang banyak objek wisatanya.

Atau kabupaten Sukabumi yang ngehits dengan Curug Cikaso dan geo park cileteuh-nya dan bahkan ada juga Majalengka yang mempunyai bukit terasering yang sudah mendunia itu. Tanpa bermaksud untuk membandingkan, Subang sebenarnya punya banyak spot wisata yang hits, selain Ciater tentunya.

Lantas apa yang menjadi daya tarik Subang? Adakah obyek wisata kekinian di kabupaten satu ini? Jawabannya jelas ada dong! Di subang kamu bisa menemukan berbagai wisata air terjun, bukit bahkan kuliner sekalipun. Tapi kali ini saya tidak akan membahas curug-curugnya karena sudah pernah saya bahas sebelumnya.

1.Dinginnya Udara Subang di Temani Lautan Awan di Bukit Pamayonan. Keren Bangat!

Bukit Pamoyanan merupakan wisata yang tidak asing lagi, dahulu tempat ini juga sudah pernah ditata termasuk sudah  dibangun fasilitas MCK. Namun kemudian terbengkalai karena tidak ada yang mengelola. Saat ini dengan menggeliatnya pariwisata di Subang tempat ini akan dikelola kembali oleh Karang Taruna setempat dibawah kepemimpinan kang Yayat  dengan nama obyek wisata Bukit Alam Endah Pamoyanan.

Wisata Subang
Wisata Subang – Bukit Pamayonan via instagram.com @exploresubang / isi artikel juga dari @exploresubang

Konon katanya Pamoyanan merupakan tempat “Moyan” (berjemur) macan pada masanya. Di mana puncak bukit yang relatif datar ini merupakan tempat merumput berbagai jenis hewan. bukit Pamoyanan hanyalah kabut tebal yang membentuk lautan awan putih.

2. Situ Nagrog, Tempat Bersenda Gurau Dengan Senja yang Tiada Duanya. Ayu Ting-Ting Mah Lewat.

Keberadaan Situ Nagrog ini bukan baru dan bukan Situ Buatan, Situ yang sudah ada sejak lama. Situ yang lebih dikenal dengan nama Situ Saradan lebih banyak dikenal orang, Situ saradan sebenarnya ada tidak jauh dari jalan jalur utama Subang Pagaden.

Kenapa namanya jadi Situ Nagrog? Sebab Situ ini bukan situ Saradan karena Situ Nagrog lokasinya berbeda hanya masih satu hamparan. Situ Nagrog ini keberadaannya ada di sebelah utara Situ Saradan airnya langsung tembus ke pintu air.

Wisata Subang
Wisata Subang – Situ Nagrog via instagram.com @agunggaja

Sekarang ini lebih banyak orang berdatangan ke Situ Nagrog untuk berburu Sunset dan berpoto-poto gaya siluet. Tanah tepian milik warga dimanfaatkan untuk tempat para pengunjung beristirahat, makan nasi liwet yang sudah bisa dipesan di warung pemilik lahan.

3. Bebukitan Memang Cocok Bangat Untuk Menikmati Lautan Awan, Langsung Saja Ke Bukit Eurad.

Puncak Eurad merupakan tempat wisata alam di Subang yang relatif terbilang baru. Lokasinya berada di puncak bukit, Perbatasan desa Cupunagara, kecamatan Cisalak, Subang dengan desa Wangunharja, kecamatan Lembang, Bandung Barat.

Wisata Subang
Wisata Subang – Puncak Eurad via instagram.com @sisadoe

Tempat wisata ini baru dibuka tahun lalu. Kalo Bandung punya Puncak Bintang, Subang punya Puncak Eurad, jalannya lumayan bagus jadi tidak usah traking. Dari parkiran jalan 5 menit ke atas langsung sudah nyampe. erletak di ketinggian, daerah ini terbilang dingin dan sering juga dilingkupi oleh kabut. Pemandangannya super keren, disini kita bisa melihat perbukitan di Kabupaten Subang.

4. Tak Perlu Ke Bali Untuk Menikmati Sunsed yang Rupawan, Ada Pantai Pondok Bali di Subang yang Tak Kalah Menarik.

Pantai Pondok Bali meskipun namanya mengandung kata “Bali” namun tidak berada di Pulau Dewata Bali, melainkan terletak di daerah Subang Jawa Barat. Hamparan pasir putuh bak permadani akan menyambut langkahmu di bibir pantai pondok bali.

Wisata Subang
Wisata Subang – Pondok Bali via instagram.com @panz04

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan disini, dan yang paling penting jangan sampai ketinggalan menyaksikan sang mentari pamit dari gemerlapnya dunia dengan sinar yang mulai redup di kala senja yang menandakan hari yang cerah akan berganti dengan malam yang tenang.

5. Uji Adrenalin Dengan Paralayang atau Melihat Perkebunan Teh yang Memanjakan Mata di Kebun Teh Ciater Subang.

Flying Tea, demikian nama atraksi wisata baru yang akan dibuka PTPN VIII Kebun Ciater, Subang. Para penggemar wisata petualangan akan diajak tandem menggunakan paralayang atau paramotor terbang bebas diantara perkebuanan teh di kaki gunung Tangkuban Parahu.

Wisata Subang
Wisata Subang – Kebun Teh Ciater via instagram.com @nununugrahapratama

Tujuan awalnya sebenarnya memfasilitasi dan mendukung pengembangan paralayang di daerah Subang kaitannya untuk mencari atlet potensial daerah ini. Baru tujuan keduanya selain pemberdayaan atlit paralayang, adalah  untuk dijadikan atraksi wisata. Kebetulan lokasi landasan paralayang  ini diapit oleh 2 obyek wisata utama daerah ini yaitu Sariater dan Tangkuban Parahu.

6. Menyapa Sunsed di Pantai Tanjung Cirewang, Pantai Paling Populer di Subang.

Pantai Tanjung Cirewang memiliki pesona yang sangat indah dimana wisatawan akan merasakan hembusan angin laut secara langsung dari tengah pulau dan  akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan dari pesisir pulau, namun tenang saja, liburan kamu tidak akan membosankan, karna kamu bisa mengelilingi pulau tanjung cirewang yang luas ini dengan perahu atau jalan kaki.

Wisata Subang
Wisata Subang – Pantai Cirewang via instagram.com @heldiannovianto

Panai dengan luas kurang lebih 500 hektar ini memang menjadi tujuan favotite pantai di Subang selain pantai pondok bali. Bibir pantai dengan pasir yang menawan kurang lebih 1 kilometer akan menguji kekuatan langkah kakimu secara perlahan. Satu hal yang pasti, jangan sampai ketinggalan untuk menyapa sunsednya yang bisa membuat lupa diri sejenak.

7. Situ Cadas Gantung, Tempat yang Cocok Bangat Untuk Menyegarkan Pikiran dari Penatnya Kota.

Situ Cadas Gantung merupakan danau buatan yang sangat indah yang berbentuk hati. Danau yang berada di Desa Sampih Kecamatan Dawuan. Danau yang memiliki warna hijau ini selalu ramai dikunjungi ketika musim liburan tiba. Berbagai aktivitas dapat dilakukan disini, mulai dari memancing, bermain perahu bebek dan buat kamu yang membawa anak kecil. Tenang saja ada arena permainan untuk anak-anak.

Wisata Subang
Wisata Subang – Cadas Situ Gantung via instagram.com @cahyaanugrah

8. Mata Air Kesumbar, Airnya yang Bening Tak Kalah Indah Dengan Umbul-Umbul di Klaten, Jawa Tengah.

Namanya Mata Air Kasumber yang terletak di subang, jawa barat, keindahan dan pesona dari mata air ini tak kalah indah dari umbul ponggok lho, terlebih lagi bagi kamu warga jawa barat, banten dan jakarta, lokasinya lebih dekat dari tempat kamu, jadi tidak perlu jauh jauh ke klaten.

Wisata Subang
Wisata Subang – Mata Air Kasomalang via instagram.com @permanasaepulsandi

Bisa dibilang subang merupakan klaten-nya jawa barat, disini terdapat banyak mata air yang bisa kita kunjungi, daerah ini memiliki potensi wisata populer di jawa barat jika dikelola dengan benar dan maksimal. Untuk mata air kasumber sendiri merupakan salah satu mata air yang digunakan sebagai persediaan air bagi warga sekitar, tapi tenang saja, kita boleh mandi disini kok, terlebih lagi kita bisa meminum langsung air tersebut karena sumber air berada di dasar kolam.

Untuk persediaan air warga, sumber air sudah terhubung dengan pipa dan langsung menuju desa, jadi aman untuk kita dan masyarakat sekitar, jika kita lihat lebih detail, desa pesanggrahan (lokasi mata air) memiliki potensi sebagai desa wisata lho

9. Wisata Subang Terakhir, Jangan Lupa Untuk Mampir Ke Ciater. Karena Disana Banyak Spot Fhoto yang Instagramble.

Ciater merupakan salah satu kecamatan di Subang. Salah satu destinasi yang paling terkenal di ciater adalah pemandian air panasnya. Masih ingat dengan lirik lagu dangdut, “mandi kembang tengah malam jangan kau lakukan”. Mungkin benar jangan melakukan hal tersebut karena kamu dikira akan melakukan pesugihan, hahaha. Tapi jika mandi di tengah malam di Air Panas Ciater. Harus di coba ya.

Wisata Subang
Wisata Subang – Ciater subang via instagram.com @exploresubang

Bukannya hanya pemandian air panas ciater kok yang ada disana, masih ada berbagai destinasi disekitar ciater yang instagramble bangat. Seperti kamu lihat fhoto gadis cantik yang menjadi picture image artikel ini. Itu juga disekitar ciater lho tapi sayangnya tidak begitu jelas informasinya dari yang upload gambar.

Nah, itulah sembilan destinasi yang harus kamu sambangi ketika menjelajahi Subang. Jangan lupa share dan komentar jika kamu mempunyai pengalaman traveling di Subang ya.

26 Replies to “Sah! Ini 9 Destinasi Wisata di Subang yang Bisa Membuatmu Jatuh Cinta”

  1. Kok saya kepengen ke sana. Kangen sama gunung-gunung dan bukit-bukit. Semoga suatu saat bisa mampir di Subang.

  2. Cakep-cakep juga ternyata wisata di Subang.
    Dari kesemua lokasi diatas yang sempet kudatangi Ciater dan perkebunan teh …

    Laah Subang banyak banget perkebunan tehnya … apalagi dari arah Bandung.
    Sepanjang perjalanan nyaris lihat kebun teh melulu 😁.
    Rumah temenku disana juga dikelilingj kebun teh.

  3. Banyak juga lokasi wisata instagramable di Subang. Pernah mampir ke Subang sekali, bukan jalan-jalan sih tapi–kondangan doang. Jadinya nggak mampir kemana-mana.

  4. Nah saya dulu sering diajak jalan-jalan ke ciater, tapi karena sudah capek habis kerja, jadinya tidak pernah kesana..
    Haduh..

  5. Wah semuanya mantep mentep mas, baru tau kalau rupanya Subang punya potensi wisata yang keren dan menarik..
    Kayaknya saya naksir sama kebun teh Ciater deh, seger banget memandang yang ijo ijo gitu 😀
    btw di Kendal juga ada sih, namanya kebun teh medini, pernah kesana sekali tapi udah kapo keknya, medan jalanya super extreme soalnya. Wkwkw

  6. Baper ih pengen ke maata air kesumbar, airnya itu lho ampe bening gtu kok bisa yaa.. baru tau adamata air sejernih gtu, kalau tau gtu pengen ah mudik dan piknik k subang

  7. Subang yang dulu dengan yang sekarang jauh berbeda. Kini Subang pun seolah tidak mau kalah dengan meningkatkan spot-spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semoga saja kedepannya banyak pihak yang terlibat untuk sama-sama melestarikan dan mengembangkan tempat wisata di kota Subang. Setiap saya mudik ke Kuningan, pasti ngelewatin Subang…

Tinggalkan Balasan ke Eksapedia Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5A924A2977604