Catat! 9 Air Terjun di Sukabumi yang Indahnya Gak Ketulungan

30 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Air Terjun di Sukabumi – Berbicara masalah Jawa Barat, pasti identik dengan Bandung. Memang Bandung menjadi Ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Tapi, tahu kah bahwa kota-kota di Jawa Barat itu bukan hanya Bandung. Masih banyak kok kota lainnya. Sebut saja dengan Majalengka, Garut, Sukabumi dan Tasikmalaya.

Berbicara masalah destinasi wisatanya juga, kota-kota tersebut tak kalah menawan dengan Bandung. Sebut saja Tasikmalaya  yang dijuluki sebagai kota Delhi Van Java. Lantas bagaimana dengan Sukabumi? Sukabumi mejadi pemisah antara rovinsi Jawa Barat dengan provinsi Banten karena dia berada di ujung paling barat.

Sebagian besar wilayah Sukabumi didominasi oleh pegunungan yang memberikan udara sejuk di hampir seluruh wilayahnya. Jadi tak salah, jika Sukabumi mempunyai curug-curug yang keindahannya gak ketulungan dan  bisa saja suatu saat, Sukabumi akan bersaing ketat dengan Bogor untuk masalah destinasi curug.

1.Sebagai Ikon Wisata Sukabumi, Curug Cikaso Memang Pantas Bangat Untuk Disambangi. Air Terjun di Sukabumi yang Kudu di Kunjungi

Tak perlu diragukan lagi, meski perjuangan untuk menuju ke air terjun Cikaso membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra, tapi percayalah pemandangan yang kamu dapatkan akan sebanding dan bahkan melebihi dari usaha yang kamu keluarkan. Air terjun ini berada di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Cikaso via instagram.com @ali_habibi83

Dengan ketinggian sekitar 80 meter dan lebar 100 meter tentu sangat menagangumkan untuk dinikmati. Curug ini menampilkan keindahan tiga buah air terjun ditengah rimbunannya pepohonan yang hijau sehingga membuatnya semakin sejuk dan asri. Air yang terjun bebas tanpa dosa dari atas kebawah menjadi keindahan yang tak ternilai dengan rupiah, setelah sampai dibawah pemandangannya juga tak kalah menawan.

2. Masih di Kawasan Geopark Ciltuh, Ada Curug Dog-Dog yang Beningnya Mengalahkan Tatapan Mata Raisa, Karena Raisa Sudah Milik Hamis.

Bagi kamu pecinta spot fhoto yang intagramble, bisa bangat langsung mengabadikan moment terindah kamu di Curug Dog-dog yang mempunyai air yang sangat bening. Curug dog-dog berada di Desa esa Ciemas Kecamatan Ciemas
Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Masih berada di kawasan Ciletuh Geo Park.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Dog-dog via instagram.com @hilmanwinanjar17

3. Dengan Ketinggian 50 Meter, Curug Cimarinjing Cocok Bangat Untuk Kamu Abadikan di Lensa Kameramu.

Tak perlu jauh-jauh untuk eksplore curug yang indahnya gak ketulungan. Masih berada di kawasan Ciletuh Geo Park, satu lagi curug yang menjulang tinggi dengan ketinggian 50 meter. Pada saat pengunjung memasuki kawasan Desa Ciemas, curug ini sudah terlihat dengan gagah.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Cimarinjing via instagram.com @oswaldguido

Suasana pedesaan yang alami terasa tatkala disisi kiri dan kanan terdampar persawahan  membentang luas yang siap memberikan pemandangan terindahnya buat para traveler. Dan istimewanya, lokasi tersebut merupakan saluran irigasi persawahan.

4. Bukan Cuma Satu, Ada Tujuh Curug yang Siap Kamu Lahap di Curug Sentral Jayanegara.

Curug yang berada di di Kampung Jayanegara, RT 01 / RW 01 Desa Jayanegara Kec. Kabandungan Kab. Sukabumi, yaitu di dekat Cevron Geotermal Salak Ltd bisa jadi menjadi solusi untuk melawan ego. Curug ini dinamakan Curug Sentral karena pada waktu penjajahan pemerintahan kolonial Belanda sempat didirikan PLTU.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Sentral via instagram.com @mrifkisuwandi

Nah PLTU itu lah yang dianggap central dan inilah yang menjadi asal-usul curug ini. Semua air terjun yang berada di aliran sungai ini disebut curug sentral. Kamu gak bakalan rugi jika berkujung ke sini, karena akan ada tujuh air terjun yang siap kamu sambangi. Yaitu curug sentral 1 sampai dengan sentral 7.

5. Ada Juga Curug Sodong, Si Kembar Nan Manis Atau di Sebut Juga Sebagai Curug Pengantin

Air Terjun Curug Sodong ini terletak di Desa Ciwaru. Curug ini dikenal juga dengan sebutan Curug Kembar atau Curug Pengantin sesuai dengan legendanya. Akses jalan menuju curug ini berbatu tetapi dapat dilalui dengan menggunakan mobil hingga tempat parkir hingga pelataran curug ke arah hulu sungai yang dapat juga Anda jumpai lain yaitu Curug Ngelai dan Curug Cikanteh.

Air Terjun di Sukabumi
Air terjun di Sukabumi, Curug Sodong via instagram.com @gamma_sundaya

Tempat yang satu ini sangat Instragramable di kawasan Geopark Ciletuh sehingga curug ini menjadi cukup terkenal di kalangan wisatawan. Air terjun setinggi 20 meter dapat dilihat dari kejauhan sehingga menciptakan pemandangan alam yang sangat fenomenal.

6. Curug Sawer, Curug yang Tersembunyi dan Menyimpan Pesona Asli Sukabumi.

Curug Sawer ini berada di area yang tersembunyi membuat suasana curug sangat asri dan menyenangkan. Meski begitu kamu yang penasaran untuk mengunjunginya diharuskan siap sehat dan jasmani serta sehat juga kendaraannya. Karena yang tersembunyi tentu sangat susah aksesnya.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Sawer via instagram.com @sibaduts27_

Curug Sawer Sukabumi sendiri berada di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Curug Sawer sendiri punya ketinggian sekitar 25-30 meter dengan debit air yang cukup besar jernih dan menyegarkan. Di lokasi curug Anda bisa bermain air mengambil foto atau yang niat dari rumah, disini juga Anda bisa berkemah sambil menikmati deburan air terjun yang menyejukan itu.

7. Tak Perlu Jauh-jauh Ke Luar Negri, Ada Curug Awang yang Merupakan Niagara Rasa Sukabumi.

Banyak yang bilang curug Awang ini hampir sama dengan air terjun Niagara yang Amerika punya. Sekilas tampilannya memang serupa namun debit air yang mengalir di curug inilah yang berbeda. Curug Awang sendiri masuk dalam kawasan Taman Bumi Ciletuh Geopark.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Awang via .instagram.com @yoez_abiazka

Untuk lokasinya curug yang indah dan mempesona yang Sukabumi punya ini berlokasi di Desa Taman Jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Curug Awang punya tinggi 40 meter dengan lebar curug mencapai 60 meter cukup besar dan panjang bukan?

8. Tak Mau Ketinggalan Dengan Pesona Nan Rupawan, Kuy Ke Curug Cikanteh Dengan Tiga Tingkat Air Terjun.

Secara administratif curug cikanteh berada di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Untuk lokasinya sendiri memang berada di pedesaan dengan jalan khas pedesaan dan tentunya pemandangan kanan kiri yang di dominasi sawah dan hutan yang masih hijau alami.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Cikanteh via instagram.com @mrifkisuwandi

Ketiga air terjun di Sukabumi tersebut memiliki nama yang berbeda, tingkatan paling atas masyarakat sekitar memberi nama curug cikanteh, lalu yang kedua adalah curug ngelai dan yang terakhir atau air terjun paling bawah adalah curug sodong. Hanya saja bagi masyarakat wilayah sukabumi dan jawa barat lebih sering curug cikanteh untuk menyebut ke 3 air terjun tersebut.

9. Menatap Dengan Syahdu, Air yang Berjatuhan Dengan Lembut di Dinding Batu. Melipir Langsung ke Curug Cigangsa.

Sebenarnya curug ini tak jauh dari Curug Cikaso, cuma jalanan yang sulit dan masih minim informasi menjadikannya sering terlupakan. Curug Cigangsa menawarkan view yang tak kalah indah dengan curug lainnya. Aliran curug yang mengalir di dinding bebatuan menjadikannya semakin menarik untuk di kunjungi.

Air Terjun di Sukabumi
Curug Cigangsa via instagram.com @endang_sulaiman

Meski debit airnya yang tergolong kecil, tapi percayalah pesona bebatuan yang bersanding dengan air nan jernih lah menjadi pesona utama curug cigangsa.

Nah, bagaimana sudah tertarik untuk eksplore air terjun di Sukabumi? Jika kamu ada pengalaman petualang di curug-curug Sukabumi, boleh bangat untk di share dan dikomentar ya.

8 thoughts on “Catat! 9 Air Terjun di Sukabumi yang Indahnya Gak Ketulungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *