9 Kemolekan Panorama Temanggung yang Membuat Kamu Ingin Pergi Kesana Lagi

Wisata Temanggung

37 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Wisata Temanggung- Temanggung, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang mempunyai udara yang sejuk dan segar karena kota ini di apit oleh dua gunung yang keindahannya selalu bikin candu para pendaki, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Bukan hanya itu, Temanggung juga terkenal dengan Tembakaunya dan Jambu Biji yang menjadi ciri khas utama kota ini.

Kota dengan semboyan kota tersenyum ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang di bagian selatan, Kabupaten Kendal di bagian utara serta Kabupaten Wonosobo di bagian barat. Memang Temanggung sering terlupakan sebagai tujuan traveling, karena para pelancong lebih memilih Magelang dengan candi Borobudurnya atau Wonosobo dengan Dieng nya.

Untuk pengalaman traveling gue ketika mengunjungi Temanggung, kamu bisa baca di ” Menikamti Temanggung dengan Teman Baru dan Keluarga Baru, Nikmatnya Sungguh Mengagumkan”

Tapi, tunggu dulu. Temanggung bukannya gak menyimpan pesonal alam yang menggoda, sebenarnya keindahan alamnya gak kalah kok sama Magelang dan Wonosobo. Gak percaya, yuk simak destinasi-destinasi wisata Temanggung berikut biar kamu yakin jika kota Tersenyum ini pantas untuk di jelajahi.

1.Mulai Perjalananmu ke Curug Titang, Sekalian Mandi Pagi-Pagi dengan Air Terjun Nan Indahnya Kebangatan

Curug Titang merupakan salah satu curug di Temanggung yang masih jarang diketahui oleh traveler, hal ini karena kurangnya promosi dari pemerintah setempat. Curug dengan ketinggian kurang lebih 20 meter ini merupakan air terjun tunggal karena tidak ditemukan curug lainnya disekitarnya.

Wisata Temanggung
Curug Titang via instagram.com @nisaaaso

Selain itu, jatuhan air dari curug ini membentuk sebuah kolam renang alami, tapi sayangnya dilarang untuk berenang disana, jadi kamu cukup mandi dipinggir-pinggirnya saja. Curug ini berlokasi di aliran sungai sungai Lungge, perbatasan antara dusun Titang, desa Nampirejo dengan dusun Durenan, desa Tembarak, kecamatan Tembarak, kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Nah, itulah destinasi wsiata temanggung yang bisa kamu sapa. Masih mau eskplore kan ya! Cek yuk point selanjutnya.

2. Masih Mau Bermain Air, Ada Curug Troco yang Cocok Bangat Buat Kamu Petualang

Memang untuk mencapai curug troco penuh perjuangana dan melelahkan, tapi percayalah rasa lelahmu akan lunas dibayar dengan keindahan curug Troco ini karena curug ini masih asri dan terjaga keasliannya. Curug ini berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo.

Wisata Temanggung
Curug Troco 5 via instagram.com @huda_sang_petualang

Curug dengan ketinggian sekitar 120 meter menawarkan pemandangan yang masih hijau dan indah. Curug Troco juag sering disebut dengan curug Surodipo. Nama Surodipo itu diambil dari nama salah satu pasukan Pangeran Diponegoro, yang waktu itu membangun benteng pertahanan di Desa Tawangsari ketika Perang Jawa berlangsung.

3. Bagi Kamu Pengangum Sejarah, Ada Candi Pringapus yang Menjadi Saksi Bisu Perkembangan Hindu Kala Itu di Kota Tersenyum Ini

Memang tak semegah Borobudur atau seeksotis Prambanan dengan legendanya, tapi candi Pringapus juga tak kalah menarik dengan pesona tersendiri. Berdasarakan Prasasti yang ditemukan, Candi Pringapus dibangun pada tahun 850 Masehi dan kemudian direstorasi pada taun 1932.

Wisata Temanggung
Candi Pringapus via instagram.com @agoesvigliosi

Candi Pringapus merupakan salah satu bukti peninggalan bersejarah Agama Hindu yang diperuntukkan untuk sarana pemujaan kepada Dewa Siwa. Candi Pringapus sendiri berada di Desa Pringapus, Ngadirejo, Temanggung.

4. Lanscape yang Ciamik Gunung Sindoro, Dapat Kamu Abadikan di Embeng Kledung Temanggung

Embung merupakan sebuah danau buatan yang bentuknya tidak terlalu besar. Embung biasanya digunakan untuk menampung air hujan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk tujuan irigasi. Embung di Kledung sebenarnya hampir sama dengan embung dari daerah lain, namun pada saat cuaca cerah anda dapat melihat embung dengan latar belakan Gunung Sindoro yang indah.

Wisata Temanggung
Embung Kledung via instagram.comn @dwikurnia945

Oleh karena itu banyak warga yang menyempatkan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam di Obyek wisata Temanggung Embung Kledung ini. Tapi ketika saya mengunjungi embung ini, saya kurang beruntung karena musim hujan sehingga hanya kabut yang tipis yang menemaniku selama eksplore Embung Kledung ini.

5. Ada Juga Embung Tlogopucang yang Menyimpan Pemandangan Sunsed yang Tak Bisa Ditandingi

Telaga buatan bernama “Embung Tlogopucang” ini merupakan tempat menampung air hujan bagi warga di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, Temanggung untuk menghadapi musim kemarau. Namun selain digunakan sebagai sumber pengairan lahan penduduk, Embung Tlogopucang juga menjadi daya tarik wisatawan. Pasalnya, disini anda dapat melihat pemandangan yang idah nan mempesona.

Wisata Temanggung
Tlogopucang via instagram.com @salji_a

Jika kamu mengunjunginya di siang hari, pemadangannya sangat hijau dan asri dan lanscape pegunungangan juga dan bahkan banyak yang bilang, jika Embung Tlogopucang swiss rasa Temanggung, tapi jika mengunjunginya di kala senja dan beruntung, kamu akan melihat pemadangan yang sangat menakjubkan.

6. Menyambut Sinar Mentari dan Menghirup Udara yang Segar di Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong merupakan daerah dengan ketinggian 2000 mdpl dimana dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan pemandangan di Posong ini bahkan ada yang menyamakannnya dengan keindahan alam di Dieng Plateau Wonosobo.

Wisata Temanggung
Dataran tinggi posong via instagram.com @yakhi_isyak

Dari Dataran Tinggi Posong ini anda dapat melihat sunrise yang menawan serta pemandangan 7 puncak gunung di sekitar Temanggung yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria. Jika anda berminat anda dapat meyewa homestay yang terdapat di Dataran Tinggi Posong.

Untuk menyewanya anda dapat menghubungu Jogorekso Community atau pengelola wisata yang dikelola oleh pemuda di sekitar Dataran Tinggi Posong yang beralamat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Ini salah satu destinasi wisata temanggung yang kudu disambangi.

7. Jika Sedang Beruntung, Kamu Bisa Ikut Pesta Lampion dan Jazz di Alam Sewu

Selain di dataran tinggi Posong, anda juga bisa menikmati sunrise di Alam Sewu ini. Selain itu jika anda ingin menikmati hamparan perkebunan tembakau khas Temanggung juga bisa dinikmati disini. Dengan pemandangan alam pegunungan yang eksotis, perjalanan wisata alam daerah Temanggung di Alam sewu akan semakin menarik.

Wisata Temanggung
Alam Sewu Temanggung via instagram.com @alamsewu_temanggung

Jika kamu ingin menikmati alunan musik jazz, selain dieng dan malang. kamu juga bisa menyaksikannnya di Alam Sewu. Dan biasanya di adakan setiap bulan April.

8. Ada Jembatan Sigandul, Kelok Sembilan Rasa Temanggung Nan Menghadirkan Lanscape Pegunungangan

Wisata Jembatan Sigandul di Kledung Temanggung Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Temanggung
Jembatan Sigandul via kompas.com

Wisata Temanggung berupa Jembatan Sigandul di Kledung ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Temanggung tidak mengunjungi Wisata Jembatan Sigandul di Kledung Temanggung Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

9. Terakhir Destinasi Wisata Temanggung. Jangan Lupa Sama Sang Penciptamu, Mampirlah Segera ke Masjid Agung Darussalam Temanggung, Supaya Liburan Kamu Lengkap dan Penuh Syukur

Masjid Darussalam atau lebih dikenal sebagai Masjid Agung Temanggung, sacara sepintas lebih tampak sebagai masjid modem, karena bangunan masjid ini megah dan juga anggun arsitekturnya.
Wisata Temanggung
Masjid Agung Darusalam via .instagram.com @iwanfit
Masjid Darussalam Temanggung berlokasi di tengah-tengah kota Adipura Kencana di Lereng Gunung Sumbing tersebut persis di sebelah barat alun-alun dan taman kota yang sangat strategis dan merupakan salah satu kebanggaan umat Islam di kota penghasil tembakau itu.  Masjid ini memiliki ciri khas berupa dua menara kembar hasil pemugaran pada tahun 2012 silam.
Nah, itu lah sembilan destinasi wisata temanggung yang siap untuk kamu singgahi. Jangan lupa share pengalaman kamu ketika mengunjungi Temanggung dengan cara komentar yaa.

24 thoughts on “9 Kemolekan Panorama Temanggung yang Membuat Kamu Ingin Pergi Kesana Lagi

  1. liat postingan blogger2 traveling
    kayaknya jadi pgen nih traveling keliling indonesia

    indonesia memang keren ya
    kenapa harus keluar negeri, kalo surga ada dibumi pertiwi

    1. Hubungi temannya kalo kesana mas, soalnya tour lokal jauh lebih seru. Aku jg dulu sama tmn asli temanggung. Jadi tahu jalan

  2. temanggung, saya belum pernah kesana, tapi sering denger namanya, thanks infonya.
    btw, ditunggu kunbalnya ya mas hehe

  3. Wah, keren ni..
    Selama ini lewat sono cuman tau pos pendakian Sumbing-Sindoro.. Kalo enggak ya instirahat di Rest Area Kledung..

    Boleh ni jadi tujuan, mumpung cuacanya udah cerah..
    TFS gan..

  4. Tlogopucang yang sangat eksotis. Dan Gunung Sindoro sangat menawan, tempat yang pas untuk berduaan..hehehe

  5. Temanggung emang top cerrr ya mas, saya juga seneng banget main ke kota ini. Jauh-jauh dari Kendal ke Temanggung, nyari tempat apa gitu yang enak, entah warung tutup atau sekeda di pinggir jalan terus menikmati hawa sejuk dan pemandangan 2 gunung yang amazing… Hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *