9 Destinasi Wisata di Pekalongan yang Ampuh Membuat Kakimu Ingin Melangkah Kesana

26 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Jika dibandingkan dengan Yogyakarta atau Semarang, dari segi wisata nama Pekalongan mungkin belum sepopuler kedua kota tersebut. Tapi meski begitu, bukan berarti kota ini menjadi halal untuk dilewatkan begitu saja oleh para petualang. Di kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes  dan Kabupaten Batang ini ada banyak destinasi wisata di Pekalongan yang bisa kamu singgahi.

Secara administratif, daerah Pekalongan terbagi menjadi dua wilayah, yaitu kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Pekalongan juga terdiri dari 4 kecamatan, yaitu Pekalongan Barat, Utara, Timur dan Selatan. Kota ini sangat terkenal di kalangan pecinta fashion khususnya Batik. Karena Pekalongan memang menjadi salah satu kota indsutri kreatif dan penghasil batik di Indonesia.

Bahkan, pada tahun 2014, Pekalongan masuk jaringan kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & foll arp dan memiliki city branding World’s city of Batik. Nah, ternyata selain batiknya, alam pekalongan juga meneyediakan destinasi wisata yang sangat menarik, mulai dari jajaran pantainya, air terjunnya sampai dengan gunung.

Lengkap bukan, jadi kapan ke Pekalongan? Sebagai bahan referensi buat kamu, simak yuk ulasan dari ngayap.com tentang destinasi wisata di Pekalongan yang siap memanjakan mata.

1.Ngecamp di Pinggir Kedung Sipingit, Ada Manis-Manisnya Gitu

Kamu sudah pernah ngecam di Gunung dan Pantai? Memang sangat asyik ngecamp di Gunung karena kita harus berjuang dulu menuju puncak dan siap-siap menyambut sang mentari di pagi hari. Berbeda dengan ngecam di laut, kita hanya menunggu perginya sunsed dan bermain di pantai.

Destinasi wisata di pekalongan
Kedung Sipimgit via instagram.com @mahathir_24

Lantas bagaimana dengan ngecamp di Curug? Untuk yang satu ini, saya sendiri belum pernah. Tapi gak ada salahnya loh di coba, karena di curug kamu akan dengan mudah menemukan air dan mandi tidak seperti di gunung. Sensasi dinginnya hutan yang ada di curug akan membuat suasana semakin syahdu. Bayangkan saja, sambil ditemani api unggun dan dinginnya suasana curug.

Nah, untuk destinasi wisata di pekalongan yang pertama bisa kamu mulai dengan ngecam. Selain menyatu dengan alam, kamu bisa bersantai ria disana.

2. Tidak Terlalu Jauh Dari Pusat Kota, Ada Curug Madu yang Siap Memanjakan Mata Dengan Gemercik Air Nan Jernih

Curug yang berada di Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan ini mempunyai sejarah pemberian nama yang unik. Ya, Curug Madu, disebut  karena disekitar tempat ini ditemukan pohon madu. Untuk yang belum tahu, pohon madu itu bentuknya seperti bibit pohon kelapa. Namun bedanya pohon ini sudah mempunyai bunga dan buah. Yang paling unik adalah jika kita makan buahnya kemudian dilanjutkan dengan minum air tawar, rasa buah yang tadinya terasa hambar akan berubah rasa menjadi manis.

Destinasi wisata di pekalongan
Curug Madu via instagram.com@cepz86

Memang curug ini terlalu tinggi, tapi mempunyai dinding yang cukup lebar dan mengalir air ke hampir semua dinding-dindingnya. Dibawah pancuran airnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Kedalamannya tidak lebih dari 2 meter sehingga relatif aman digunakan untuk berenang.

3. Ingin Merasakan Suasana Puncak Tapi Tak Ada Nyali Untuk Mendaki Gunung, Ada Puncak Tugu Petungkriyono yang Cocok Buat Pendaki Pemula

Puncak TUGU Petungkriyono Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu puncak dari Pegunungan Kendeng yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Petungkriyono, tepatnya berbatasan dengan Banjarnegara. Puncak yang terletak disebelah timur Gunung Rogojembangan Kecamatan Petungkriyono ini memiliki ketinggian 1930 mdpl.

Destinasi wisata di pekalongan
Puncak Tugu, Petungkriyono via instagram.com @ningratz_

Alasan kenapa masyarakat menyebut puncak ini dengan nama Puncak Tugu, karena terdapat tugu trianggulasi peninggalan Belanda. Mendaki ke puncak ini, dari Pekalongan para pendaki bisa melalui Basecamp Sikucing yang terletak di Dusun Sikucing Desa Yosorejo Petungkriyono.

4. Menyapa Sunsed Nan Menawan di Pekalongan Mangrove Park, Syahdunya Bisa Melupakan Beban Kartu Kredit Untuk Sementara

Pekalongan Mangrove Parl merupakan sebuah kawasan restorasi dan pengembangan hutan mangrove di wilayah pantai utara Pekalongan yang diresmikan Menteri Kehutanan RI pada 17 Desember 2013, dan berkembang menjadi kawasan wisata menarik.

Destinasi wisata di pekalongan
Pekalongan Mangrove Park via instagram.com @amatdowi1976

Selain untuk melakukan pencegahan terhadap ancaman abrasi air laut yang semakin menggerus daratan yang ada di wilayah ini, Pekalongan Mangrove Park juga difungsikan sebagai tempat wisata. Selain bisa menikmati pemandangan pohon-pohon bakau yang hijau, di Mangrove Park ini kita juga bisa berkeliling menyusuri lorong-lorong rawa diantara pohon mangrove yang biasa disebut dengan lorong cinta menggunakan kapal yang bisa disewa.

5. Bermaian Pasir dan Berenang di Pantai Sari di Balut Dengan Sunsed Orange, Sungguh Luar Biasa Cantiknya.

Pantai Sari Pekalongan  berada diutara Kota Pekalongan. Pantai sari menawarkan wisata pantai dan pasir yang indah. Keunggulan lain pantai sari adalah adalah gratis alias tanpa dipunggut tiket masuk lokasi pantai dan hanya hanya menawarkan lokasi parkir kendaraan.

Destinasi wisata di pekalongan
Pantai Sari via instagram.com@maidaaay

Pantai sari adalah wisata keluarga yang murah meriah, maka tak heran jika liburan tiba pantai sari padat oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar kota yang tau keberadaan pantai sari di utara kota pekalongan tersebut.

6. Menghabiskan Waktu Bersama Sahabat Dengan Lautan Awan di Bukit Pawuluhan

Bukit ini berada di wilayah desa Gembong, kecamatan Kandang serang pekalongan jawa tengah. Untuk menuju bukit pawuluhan dari pusat kota pekalongan dapat di tempuh menggunakan kendaraan sepeda motor sekitar 3,5  jam perjalanan. Rute menuju ke tempat ini cukup mudah namun masih mempunyai tantangan bagi pendaki mula dan disarankan untuk tetap waspada dan berhati – hati selama perjalan menuju puncak bukit Pawuluhan Pekalongan.

Destinasi wisata di pekalongan
Bukit Pawuluhan via instagram.com @lill_dolil

Waktu terbaik mendaki adalah dini hari agar anda bisa menunggu dan menikmati golden sunrisenya  puncak bukit pawuluhan pekalongan indonesia. Pendakian atau perjalanan menuju ke puncak  bukit Pawuluhan dari desa terdekat dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

7. Uji Adrenalin Bersama Sahabat Dengan Cara Arung Jeram di Desa Wisata Lolong

Arungjeram merupakan sarana mengekspresikan uji nyali dalam menghadapi tantangan dan masalah-masalah yang mungkin kita hadapi. Hilangkan semua masalah Anda di air Sungai Sengkarang, Lolong Pekalongan dengan berarungjeram. Berarung jeram Sungai lolong itu sangat menyenangkan dan membuat tubuh Anda bisa merasa lebih bugar.

Destinasi wisata di pekalongan
Arung Jeram Lolong via instagram.com @isnunadha

Rafting atau Arung Jeram Lolong yang banyak diminati ini menjadi salah satu lokasi wisata pilihan di Kabupaten Pekalongan. Tidak sedikit instansi maupun kelompok orang yang memilih Lolong untuk berolahraga rekreasi yang juga mengasah adrenalin ini.

8. Tak Lengkap Rasanya Jika Ke Pekalongan Tak Mengunjungi Masjid Jami Pekalongan Sebagai Salah Satu Tempat Ibadah Muslim

Masjid Agung Kauman Pekalongan adalah sebuah masjid di Pekalongan Jawa Tengah. Lokasi masjid ini berada di alun alun kota Pekalongan. Masjid peninggalan sejarah ini menjadi salah satu ciri khas Kota Pekalongan. Meskipun telah dibangun beberapa Masjid baru yang tak kalah megahnya, namun Masjid Agung Kauman ini tetap tak tergantikan sebagai simbol islami warga Pekalongan.

Destinasi wisata di pekalongan
Destinasi wisata di pekalongan – Masjid Agung Al Jami via instagram.com @dailyriyan

Masjid Jami ini mempunyai menara setinggi 27 meter dan  selesai dibangun pada bulan Januari 1933 M, yang dibiayai seluruhnya oleh Sayyid Husein bin Ahmad bin Syahab. Ada 99 anak tangga berputar yang harus didaki untuk menuju ke puncak menara.

9. Destinasi Wisata di Pekalongan Terakhir ! Sebagai Kota Penghasil Batik, Kamu Harus Mengunjungi Museum Batik Pekalongan Sambil Mengulik Sejarahnya

Batik Pekalongan merupakan sebuah warisan budaya yang sudah ada sejak jaman dahulu dan dibuat secara turun temurun sampai sekarang ini. Oleh karena tu Kota Pekalongan diakui sebagai Kota Batik Internasional. Jadi wajar saja jika ada  Museum Batik.

Destinasi wisata di pekalongan
Destinasi wisata di pekalongan – Museum Batik via instagram.com @mapjr06_

Di dalam Museum Batik di Pekalongan ini disimpan koleksi sebanyak 1149 batik serta berbagai macam benda yang berhubungan dengan batik termasuk alat membuat batik itu sendiri.

Nah, itulah 9 destinasi wisata di Pekalongan yang siap kamu sambangi dengan bahagia. Bagaimana sudah tertarik untuk mengunjungi kota batik ini? Jika ada pengalaman kamu mengunjungi Pekalongan jangan sungkan-sungkan untuk komentar yaa.

26 thoughts on “9 Destinasi Wisata di Pekalongan yang Ampuh Membuat Kakimu Ingin Melangkah Kesana

  1. Tolong ya.. jangan bikin sirik.. lihat foto-fotonya bikin iri nggak bisa kesana.

    Selalu banyak hal menarik kalau berkunjung kesini.. hahaha, setidaknya jadi tahu daerah-daerah di Indonesia yang lain. Bikin pengen jadi traveler, cuma sudah terlanjur tua neh..

    Cuma maaf yah mas.. kadang saya jadi jelangkung, tanpa meninggalkan komentar.. hahahaha.. percayalah, kalau IP ditelusuri, pasti akan terihat IP kompi saya..

  2. sembilan destinasi wisata pekalongan yang membuat tak henti-hentinya memuji kebesaran Mu Ya Allah Indahnya ciptaan Mu
    Semoga Allah sampaikan kesana unyuk melihat lebih dekat aamiin

  3. Dari semua itu, saya lebih suka ke mangrive park. Naik perahu aduh pastinya menyenangkan sekali. Lupa akan punya hutang.

  4. Dari foto-foto tersebut, gua lebih ngiler pada motor bebek jadul hehe, maklum muka zaman now, tapi hati gua masih jadul, termasuk cinta gua ckck

  5. Yang sempet populer di kalangan travel blogger kemaren itu yang Petungkriyono. Kayaknya masih dalam tahap promosi ya mas? Beberapa hari lalu sempet kondangan ke Pekalongan, tapi nggak mampir kemana-mana *sedih*

  6. Wah.. kayaknya camping di Curug seru juga. Gak usah capek-capek buat manjat gunung tapi pemandangan alamnya juga dapat. Kalau bareng temen-temen kayaknya bakal seru banget nih. Kapan-kapan mau nyobain ah camping di Curug

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *