9 Destinasi Wisata di Tulungagung Ini Mampu Membuatmu Bahagia Seketika

1,857 kali dilihat, 9 kali dilihat hari ini

Wisata di Tulungagung – Traveling di Jawa Timur, pasti tujuan utamanya adalah Malang. Karena memang Malang lah yang menjadi surganya bagi traveler. Bagaimana tidak? Malang menawarkan segalanya, mulai dari pantai nan menawan, gunung yang menjulang tinggi sampai dengan kuliner yang menggoyang lidah. Lengkap bukan?

Tapi sebenarnya Jawa Timur itu bukan cuma malang, masih banyak loh kota-kota dan kabupaten lainnya di Jawa Timur yang menunggu untuk disinggahi. Salah satunya adalah Tulungagung. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dan terletak 154 KM barat daya kota Surabaya.

Tulungagung sangat beruntung karena memiliki lokasi yang sangat strategis secara geografis yaitu berdekatan dengan Samudera Hindia sehingga kabupaten kecil ini mempunyai pantai yang menggoda. Tapi bukan cuma pantai saja. Kota Marmer ini juga mempunyai segudang wisata yang menarik. Belum Percaya, Yuk simak destinasi Wisata di Tulungagung berikut!

1.Wisata di Tulungagung yang pertama ada Waduk Wonorejo yang Menawan.

Wisata di Tulungagung yang pertama ada Waduk Wonorejo yang berada di desa Wonorejo, kecamatan Pagerwojo, ini adalah salah satu tempat wisata keluarga yang gak kalah istimewa. Terletak kurang lebih 12 km dari pusat kota Tulungagung, kamu bisa bersantai menikmati suasana waduk sembari menjajal sejumlah fasilitas pariwisata yang disediakan di waduk ini.

Wisata di Tulungagung
Waduk Wonorejo, Pagerwojo via instagram.com @teguhjudianto

Ada cottage, restoran, taman, kolam renang, area pemancingan, area, berkemah, speed boat, banana boat, outbond sampai panggung untuk pementasan seni. Lengkap bukan! Bersantai sambil mneikmati keindahan waduk bersama orang-orang yang dicintai menambah liburan murah meriah kamu semakin lengkap.

2. Ada Tambang Watu Ijo yang Cocok Bangat Untuk Fhoto-fhoto Traveler Couple Gitu

Destinasi Wisata di Tulungagung yang kedua adalah Tambang Watu Ijo. Obyek wisata yang satu ini mempunyai nama Bukit Puthuk Krebet—yang merupakan sebuah bukit bekas tambang watu ijo (batu hijau) dan tembaga. Selain bukit, di sini juga terdapat tiga buah telaga warna yang terbentuk karena bekas galian tambang. Tiga telaga tersebut cukup unik, karena memiliki warna air yang berbeda-beda.

Wisata di Tulungagung
Tambang Watu Ijo via instagram.com @kelly_purwanto

Ada warna hijau tosca, hitam kecoklatan, dan hijau lumut. Air telaga berasal dari air hujan yang terkontaminasi oleh zat-zat yang terkandung dalam tanah dan bebatuan. Sehingga, membuat air dalam telaga tersebut berubah warna. Nah, jika kamu berminat, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur.

3. Bukan Cuma Lembang yang Mempunyai Taman Bunga Nan Ciamik, Tulungagung Juga Punya Taman Bunga Krisan Sendang yang Hitsnya Kebangatan

Destinasi Wisata di Tulungagung yang ketiga adalah Taman Bunga Krisan Sendang.  Akhir-akhir ini memang destinasi yang berbau mekar dan bunga menjadi incara para traveler khususnya traveler cantik. Bagi kamu yang dibandung bisa langsung ke Lembang yanga ada taman bunganya dan di Purbalingga juga ada bagi kamu yang tinggal di daerah sana.

Wisata di Tulungagung
Bunga Krisan via instagram.com @yulianing_yulia

Nah, bagi kamu yang tinggal di Tulugagung langsung datang saja ke Geger, Sendang.  Bunga krisan biasanya dijadikan tanaman hias oleh masyarakat karena variasi jenis dan warnanya yang beragam. Namun berbeda dengan krisan jenis ini.Batang tubuhnya lebih tinggi dan kuat. Bunganya juga lebih besar dan beragam. Krisan jenis ini adalah bunga potong yang biasanya diletakkan dalam vas bunga. Bunga ini mampu bertahan lebih dari sepuluh hari setelah dipotong dan masih tetap segar.

4. Pantai Lumbung, Pantai yang  di Khiasi Oleh Batu Nan Besar, di Kelilingi Pasir Putih Serta Birunya Laut. Kece Bukan !!!

Pantai Lumbung memang belum sepopuler pantai-pantai lainnya yang ada di Tulungagung, Tapi untuk masalah keindahannya jangan tanya lagi. Tempat yang sunyi dan sepi tentu membuat pantai ini seperti pantai pribadi.

Wisata di Tulungagung
Pantai Lumbung via instagram.com @megakhoiriyah

Hamparan pasir putih serta birunya laut menjadi daya tarik pantai ini. Selain itu, yang sangat menarik adalah sebuah batu yang sangat besar dan cocok dijadikan sebagai tempat mengabadikan moment terindahmu. Pantai Lumbung berada di di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tabupaten Tulungagung Jawa Timur.

5. Bukan Cuma si Doi yang Bisa Menghipnotisme Sampai Tak Berkedip, Pantai Kedung Tumpang Juga Tak Mau Kalah Loh

Jika selama ini daya tarik sebuah pantai adalah hamparan pasir putih atau bebatuan granit yang menggemaskan. Sangat berbeda dengan pantai ini, pantai ini justru tidak menawarkan kedua hal tersebut. Tapi pantai Kedung Tumpang menawarkan sebuah ciptaan tuhan nan megah.
Wisata di Tulungagung
Kedung Tumpang via instagram.com @hijau_sangbonek
Pantai yang terletak di Desa Pucangleban, Kabupaten Tulungagung ini menawarkan obat rindu bagi pecinta dunia pantai yang berbeda dan ekstrim. Tebing karang dan beberapa laguna yang berdiameter cukup besar lah justru keutamaan dari Kedung Tumpang. Air di lagunan-laguna itu sangat jernih dan biru, kamu bisa berenang sepusannya dan berfhoto ria disana. Apalagi kamu liburan sama sahabat-sahabatmu atau kekasihmu, Keren Bukan?

6. Mau Ngadem Ala Tulungagung, Air Terjun Alas Kandung Tempat yang Cocok Untuk Bersantai Ria Sambil Ngadem dengan Tenang

Air Terjun Alas Kandung terletak di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Obyek wisata ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tulungagung, karena bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu sekiranya 1 jam perjalanan.

Wisata di Tulungagung
Air Terjun Alas Kandung via instagram.com @aja_imam

Air terjun ini masih sangat alami karena berada di tengah kawasan hutan, bahkan masih jarang sekali orang yang berkunjung ke daerah ini karena memang belum banyak di ketahui orang. Mungkin hanya masyarakat sekitar saja yang mengetahui air terjun ini. Aliran air terjun ini memang tidak terlalu deras, tapi jernihnya air dan keindahan tebing di sini akan membuat suasana semakin menyenagkan.

7. Tulungagung juga sarat dengan nilai sejarah lewat koleksi candi-candinya. Tengoklah Candi Dadi yang terletak di atas bukit di kawasan Boyolangu

Tak cuma wisata alamnya yang kece, Tulungagung juga diberkahi dengan objek-objek wisata yang bernilai sejarah. Sejumlah candi bisa kamu datangi di kabupaten ini. Salah satunya adalah Candi Dadi yang terletak di desa Sanggrahan, kecamatan Boyolangu.

Wisata di Tulungagung
Gapura Candi Dadi via instagram.com @al_madun

Kawasan Boyolangu ini memang terkenal sebagai salah satu situs sejarah tempat ditemukannya fosil manusia purba serta sejumlah candi. Candi Dadi sendiri letaknya di puncak bukit. Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan desa Sanggrahan serta kota Tulungagung dari ketinggian.

8. Jangan Negatif Dulu, Ini Bukan Tentang Kamu yang Budheg Tetapi Keindahan Gunung Budheg Bisa Menghilangkan Sifat Budheg mu, Huft

Gunung Budheg atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan Tuli. Aneh ya namanya tapi pemandangan dan proses pendakiannya gak aneh kok. Pendakian ke gunung budheg sungguh asyik dan menggoda, bagaimana tidak sepanjang pendakian kamu akan disuguhkan kenidahan ciptaan Tuhan.

Wisata di Tulungagung
Gunung Budheg Via http://ngrembol-ngrembol.blogspot.co.id

Sebegai informasi buat kamu, gunung budheg memiliki dua jalur pendakian yaitu lewat jalur selaran dan utara. Kedua jalur ini memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Jika kamu memilih jalur utara kamu akan disguhkan bongkahan surga nan menawan yaitu Goa Tritis, Patung Jogo Budek dan Puncak Gunung Budheg.

9. Saksikan deburan ombak menghantam karang dan membuncah ke udara di Pantai Pathok Gebang

Destinasi Wisata di Tulungagung yang terakhir  adalah Pantai Pathok Gebang. Buat kamu yang suka blusukan ke pantai, datanglah ke desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Ada sejumlah pantai tersembunyi dan masih alami di sana, salah satunya adalah Pantai Pathok Gebang.

Pantai ini termasuk pantai yang masih perawan dan tersembunyi, apalagi dengan akses yang agak sulit dan jauh dari pemukiman. Untuk sampai di pantai ini, kamu mesti trekking selama kurang lebih 1 jam.

Wisata di Tulungagung
Pantai Pathok Gebang via .instagram.com @ayodolan

Tenang, jerih payahmu akan terbayar lewat  keunikan yang ditawarkan pantai ini. Kamu gak cuma bisa menikmati tekstur pasir putihnya di kakimu. Saat pasang, kamu bisa menyaksikan ombak yang menghantam batu karang raksasa dan membuncah ke angkasa sampai ketinggian 20 meter

Nah, bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata di Tulungagung ini, tak kalah mempesona kan dengan kota-kota lainnya di Jawa Timur?

33 Replies to “9 Destinasi Wisata di Tulungagung Ini Mampu Membuatmu Bahagia Seketika”

  1. Waduk Wonorejo,, saya pernah berkunjung kurang lebih tahun 2005 silam. Pemandangannya memang ok untuk foto2 bareng teman maupun pacar..👍🙋

  2. Nah benar! Letaknya cuma sepelemparan batu dari Malang (agak jauh dikit sih hehe). Tapi sayang sekali kalau belum eksplor kota ini. Saya sudah ke beberapa pantainya, dan gak mengecewakan! Meski ombaknya ganas hehehehe.

    Bang, ada beberapa kata yang kurang baku hehe. Seperti ‘fhoto’ > foto, ‘khiasi’ > hiasi. Maaf bila kurang berkenan, hehe.

  3. Wah alam-alamnya cantik sekali. Rasanya itu kayaknya menenangkan ada di sana. Melepakan penat, lelah, dan menghilangkan kebosanan 😍

  4. benar kata Admin, walau saya cuma baca dan liat2 gambar doang destinasi wisatanya membuat saya bahagia seketika, apalagi liat waduk,keindahan bunga2 dan kecantikan wanita yang ada di dalam foto diatas, tambah bikin bahagia abisss…. 🙂

  5. Ih baper liat tambang watu ijo.. Bagus banget pemandangannya..Cuma jauh amat yaa kak di Jatim.. Kudu nabung dulu kalau mau main kesana

Tinggalkan Balasan ke iezel Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IBX5A924A2977604