Catat Bro! 9 Air Terjun Mbulusuk yang Instagramble di Lampung. Bakal Bikin Kamu Enggan Pulang!

902 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Air Terjun di Lampung – Apa yang terlintas di pikiran kamu jika mendengar kata Lampung? Kesadisan begalnya yang sudah merajalela, pantainya yang sangat menawan atau segerombolan manusia koin di Bakauhuni. Memang itu lah gambaran yang besar tentang lampung, sebuah kota di Sumatra yang terkenal dengan Gajahnya juga.

Sebenarnya Lampung itu mempunyai pesona alam yang sangat menawan, mulai dari barisan pulau dan pantainya yang sudah mulai di incar para traveler sampai dengan wisata kulinernya yang bisa menggoyang lidah.

Nah, kalau kamu sedang pengen main air tapi enggan mantai, kelayapan ke curup atauΒ  air terjun bisa jadi pilihan. Untuk urusan wisata air terjun, banyak loh curup di Lampung yang cantiknya bukan main. Selain bakal memanjakan matamu, Air Terjun di Lampung berikut juga bakal menambah koleksi foto kece di Instagram kamu! Segera berlibur ke sana ya.

1. Berenang Sepuasnya di Air Terjun Batu Ampar, Air Nan Hijau dan Bersih Bikin Hati Tenang

Air Terjun di Lampung yang pertama ada Air Terjun Batu Ampar. Tempat yang sangat cocok untuk menenangkan diri itu memang menyatu dengan alam. Jika kamu mempunyai masalah dan butuh refresing, cobalah sesekali menyatu dengal alam. Misalnya bermain air atau berenang di Air Terjun Batu Ampar Lampung.

Air Terjun di Lampung
Air Terjun Batu Ampar via instagram.com

Debit air yang tidak terlalu deras bisa kamu gunakan untuk bersantai ria sambil menikmati gemercik air yang lembut membasahi tubuhmu secara perlahan.

2. Bersantai Ria Sambil Bermain Air Dengan Gemercik Aliran Curup Lestari, Kuy Bro!

Air terjun yang berada di Kawasan Register 39 Dusun 4, Desa Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung ini diberi nama Curup Lestari. Masyarakat yang tetap menjaga kelestarian alam inilah yang membuat nama itu melekat pada areal air terjun di sana. Ketinggiannya sekitar 30 meter dari permukaan.

Curup Lestari via instagram.com

Udara yang masih sangat segar, suara gemericik air sungai yang sangat jernih ditambah suara-suara khas satwa yang ada dihutan menyatu seolah menghasilkan sebuah simphoni yang indah hasil mahakarya Tuhan yang luar biasa, menciptakan ketenangan tersendiri yang mampu melarutkan segala kepenatan dan menghilangkan rasa lelah yang kini berubah menjadi kepuasan. Sebuah ungkapan yang mungkin akan anda rasakan sendiri ketika mengunjungi air terjun ini.

3. Menghabiskan Waktu Bersama Orang yang Paling di Sayangi di Air Terjun Way Laan, Nikmatnya Kebangatan Bro!

Air Terjun Way Lalaan menjadi salah satu andalan objek wisata di Kabupaten Tanggamus. Terletak di Pekon Way Lalaan tepat dibawah kaki Gunung Tanggamus, Air Terjun yang ditemukan sejak tahun 1937 ini telah ada pada zaman penjajahan.

Air Terjun Way Laan Lampung
Air Terjun Way Laan via instagram.com

Air terjun ini tingginya sekitar 8 meter dan aliran airnya berasal dari beberapa sungai (sumber mata air) di kawasan hulu. Ada Way Tulung goreng, Way Tulung Gedung, Way Batu Kebulung dan Way Bidadari.

4. Curup Gangsa, Air Terjun Nan Megah dan Indah di Way Kanan Lampung. Bukan Way Kiri ya, Hehe

Curup yang berada di de Kecamatan Kasui sangat menarik untuk dikunjungi, memang untuk menjamah keindahannya masih dibutuhkan perjuangan yang melelahkan, tapi percayalah keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Way Kanan ini membayar lunas rasa lelahmu.

Curup Gangsa Lampung
Curup Gangsa via instagram.com

Curup Gangsa ini sangat indah, dengan bebatuan yang sangat besar dan dialiri air yang mengalir dengan manja membuat betah-betah berlama-lama disini. Curup Gangsa ini diperkirakan setinggi 50 meter dengan lebar sekitar 20 meter. Ciamik bangat pastinya jika kamu berfhoto disini, jangan lupa kasih tampang yang masksimal ya bro.

5. Ada Juga Curup Air Hitam, Air Terjun Nan Menawan dan Keindahannya Tak Terbantahkan

Sebenarnya penamaan curup ini cukup unik, hanya karena curup ini dilewati oleh sungai hitam makanya disebut sebagai Curup Air Hitam. Lantas bagaimana jika via vallen yang lewat? Mungkin namanya air terjun sayang opo kwe krungu, haha. Selain itu, curup Air Hitam juga menadapat julukan sebagai Curug Mbah Gimo karena terletak di perkebunan kopi milik Mbah Gimo.

Curup Air Hitam Lampung
Curup Air Hitam

Air Terjun Air Hitam atau Curup Mbah Gimo tidak terlalu tinngi, hanya sekitar 7 – 11 meter, namun panorama Curup Air Hitam ini sungguh menawan, sebab bentuknya memanjang dengan tatahan batu yang terbentuk indah oleh alam. Ada juga pesona alam yang diwarnai dengan pepohonan yang hijau membuat semakin sejuk disini.

6. Namanya Juga Seni, Yakin Pose Gini di Air Terjun Lembah Pelangi

Air Terjun Lembah Pelangi, merupakan tempat wisata baru di Lampung. Sejak pertengahan tahun lalu, air terjun ini mulai dikenal banyak oleh anak muda di Lampung. Di sebagian kalangan anak muda Lampung tidak asing lagi jika tampil kekinian di air terjun ini.

Air terjun ini selain tinggi ternyata memiliki keunikan pertama air terjun ini terdiri 3 air terjun, air terjun utamanya terletak pada bagian atas, yang mirip Air Terjun Grojogan Sewu di Jawa Tengah dan 2 air terjun lagi adalah merupakan aliran dari air terjun utama yang terbagi menjadi 2 aliran air terjun.

Air Terjun Lembah Pelangi Lampung
Air Terjun Lembah Pelangi via instagram.com

Keunikan yang kedua adalah di air terjun yang bawah disebut air terjun panas, karena memiliki lokasi air panas sehingga kita bisa menikmati mandi air panas tanpa ada bau belerang, di air terjun bawah ini terdapat 2 lokasi air hangat yang muncul dari balik bebatuan di air terjun tersebut.

Sebagai keunikan ketiga jika pada saat matahari terik kita bisa menyaksikan pelangi yang terbentuk dari percikan embun di air terjun tersebut. Oleh sebab itu, air terjun ini disebut Air Terjun Lembah Pelang

7. Menelusuri Keindahan Air Terjun di Lampung, Air Terjun Tanah Longsor Yang Menakjubkan

Berada di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Jika dari pusat Kota Bandar Lampung, kamu memerlukan waktu yang cukup lumayan untuk bisa sampai di lokasi ini.

Air Terjun Tanah Longsor Lampung
Air Terjun Tanah Longsor via instagram.com

Dan seperti pada umunya air terjun di tempat lain, air terjun tanah longsor memiliki air yang sangat bening, sangat dingin, dan pastinya gak ada efek samping jika kamu ingin mencoba meminumnya langsung. Untuk penamaannya sendiri kanap disebut sebagai tanah longsor, karea daerah sekitarnya sering longsor.

8. Unik Sech Namanya, Air Terjun Petir, Mungkin dulu di Sini Sering Kesambat Petir Kali yaa

Air terjun dengan ketinggian 50-70 meter ini dinamakan air terjun petir karena bentuknya yang zigzag dan di anggap meneyerupai petir.

Curug Petir Lampung
Air Terjun Sinar Petir via instagram.com

9. Kesal Bangat Sama Seseorang, Senyumin Saja di Air Terjun Lampung si Curup Jarum.

Air terjun di lampung yang terakhir bisa kamu kunjungi adalah Curup Jarum. Curup Jarum Lebuy berada di pekon Lebuay Datar, Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, keindahan dari air terjun ini karena terdapat dua air terjun yang bisa langsung membuat langsung akan terpesona.

Sungguh sangat di sayangkan untuk menikmati keindahan dari air terjun ini kita harus menunggu pada saat musim penghujan saja atau pada saat debit aliran sungai sedang deras, karena jika datang pada musing kemarau aliran dari air terjun tersebut akan hany tersisa satu.

Curup Jarum Lampung
Curup Jarum via instagram.com

Tapi walaupun aliran airnya Cuma satu aliran dari air terjunnya tetap saja deras, mempunyai rasa yang sejuk dan dingin langsung meresap ke kaki pada saat kita menginjakan kaki ke air. Selain dari itu ada satu keunikan yang di tawarkan di air terjun Curup Jarum Lebuay yaitu kita bisa menginjakan pijakan kita di antara bebatuan dan berjalan dari balik derasnya air terjun, di sini juga akan terdapat ceruk berlumut hijau dan goa kecil yang bisa kita temui ketika sedang berjalan ke sini, dan jangan lupa hati-hati pada saat akan ke sini karena kondisi batu yang licin.

Nah, itu lah beberapa Air Terjun di Lampung? Jadi jangan takut ya jika di ajak ke Lampung karena keindahan alamnya tak segalak begal kok.

Notes : Maaf untuk sumber instagram tidak disebutkan orangnya karena lupa dan semua di keleyaban.com semua hapus karena pergantian hosting. Dan jika ada yang mengetahui sumber fhoto dari instagram siapa saja. Boleh email atau koment guyz.

25 thoughts on “Catat Bro! 9 Air Terjun Mbulusuk yang Instagramble di Lampung. Bakal Bikin Kamu Enggan Pulang!

  1. Waah baru way lalaan yg sering, yg lain blm pernah 😁
    Tambahin om, air terjun di ulubelu, di tanggamus, Trus ada curug di kota batu lamteng.

  2. Yey Lampung loh, kalau diluar sana Lampung dikenal yang jelek-jelek oh no, datanglah dulu ke Lampung jangan cuma katanya doang
    Lampung itu indah asri dan menawan, Lampung terkenal dengan gajah? Nah ada tuh di Way Kambas
    Terima kasih sudah memperkenalkan Lampung tanah lado dengan keindahan alamnya

  3. Dimanapun tempatnya, kalau udah ke air terjun itu bikin tenang menrut saya, Mas.
    Makannya selalu enggan pulang πŸ™‚

  4. Haha
    Kata2 pembukanya tetap tentang begal klo lampung ini. Ya wajar karena pemberitaannya ga jauh2 dari yg kejam2 sih.
    Tapi sisi indah alamnya juga tetap begal sih. Membegal hati πŸ˜‚

    1. Hahaha,, habis paling terkenal begalnya dulu.. Mau lenyapin juga gak bakalan bisa kayaknya,. padahal mah lampung tak kalah mempesona

  5. Wow, keren-keren banget lokasi air terjunnya ya ..
    Terutama Curup Gangsa.

    Lihat fotonya bikin kagum sekaligus merinding … Keren banget !

  6. bagus semua air terjun dan pemandangan disekitarnya. harus dikunjungi mah ini.
    duh jadi kepengen ke lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *