Menjelajahi Bali, Kota Seribu Pura yang Mendunia

Bali

Kamu sudah pernah ke Bali? Jika belum sangat disayangkan sekali, karena Bali konon lebih terkenal dari Indonesia sendiri. Banyak loh warga negara asing yang tidak tahu Indonesia tapi sangat populer dengan Bali. Memang Bali menjadi salah satu destinasi yang epik di Indonesia.

Sebenarnya, saya sendiri sudah tiga kali ke Bali dan semuanya secara gratis. Pertama kali ke Bali saya seminggu di Bali dalam rangka dinas audit di salah satu perusahaan (maklum waktu itu auditor) jadi sering jalan-jalan gratis. Yang kedua kalinya adalah acara outing perusahaan ketika bekerja di salah satu perusahaan pelayaran di Slipi, Jakarta Barat.

Dan yang ketiga juga masih acara outing dari perusahaan, ditempat saya bekerja sekarang. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang stevedoring di Pelabuhan Tanjung Priuk. Sebenarnya sudah banyak destinasi yang saya kunjungi, tapi yang paling berkesan menurut saya adalah destinasi berikut.

 1. Gagah dan Perksananya Patung Dewa Wisnu dan Garuda Dapat Kamu Lihat di GWK

GWK merupakan sebuah taman wisata yang terletak di Unggasan Jimbaran Bali. Wisata unggulan dari GWK adalah patung replika Dewa Wisnu yang menunggani kenderaan bernama garuda. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton dengan ketingiian 75 meter dan lebar 60 Meter. Renacannya pembangunan patung ini akan megalahkan patung liberty yang ada di negeri paman sam.

2. Menikmati Secuil Keindahan Tari Kecak yang Dibalut Dengan Sunsed Nan Menawan

Tari kecak uluwatu menawarkan sebuah pengalaman liburan yang tidak akan pernah kamu lupakan sepanjang hidup. Sebuah garapan seni tari Bali yang unik dipadu dengan keindahan alam disekitar tebing Pura Uluwatu, Lembayung senja dan pemandangan sunset yang begitu romantis dapat sekaligus kamu nikmati sambil menonton Tari Kecak Uluwatu.

3. Melihat Dengan Jelas Pura Ulun Danu, Si Cantik Yang di Abadikan di Uang Rp. 50.000

Pura ini terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Tepatnya di tepi Danau Beratan dekat pegunungan Bedugul. Pura yang ada di gambar uang Rp50.000 ini, dibangun oleh Raja Mangwi I Gusti Agung Putu pada tahun 1633, yang berarsitektur campuran Hindu-Buddha dan ditandai dengan stupha Buddha.

4. Menelisik Keberadaan Sejarah Kerajaan Mangli Lewat Pura Taman Ayun

Pura yang dibanguan pada tahun 1634 ini terletak di Mengwi, Badung Bali. Pura ini merupakan paibon bagi Kerajaan Mengwi yang dibangun oleh I Gusti Anom. Di pura ini juga terdapat meru-meru yang menjulang tinggi dan megah dan diperuntukkan bagi para Dewa yang beristana maupun leluhur kerajaan.

5. Pura Tanah Lot dan Pura Batu Bolong Bisa Kamu Sambangi Sekaligus, Pemandangannya Tak Kalah Menarik dan Bersaing Juga Meraka.

Pura Tanah Lot atau sering juga disebut Pura Luhur Tanah Lot merupakan sebuah tempat suci agama Hindu yang mempunyai keindahan natural. Pura ini terletak di Tepi Pantai Tanah Lot dan berdiri diatas batu karang laut yang tangguh dan kuat.

Disebelah baratnya juga terdapat pura yang disebut Pura Batu Bolong yang juga memilki keindahan dan pemandangan yang tidak kalah indah dan megahnya.

 6. Puas Dengan Pura, Saatnya Mulai Menjajal Pantai. Mulai Lah dari Pantai Cantik Padang-padang.

Padang-padang, pantai yang tersembunyi dengan hamparan pasir putih serta dihiasi dinding-dinding tebing karang yang tinggi. Namanya pantai padang-padang, salah satu tempat pavorite untuk berjemur para wisatawan mancanegara.  Pantai ini mulai terkenal sejak pantai tersebut dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting flim julia roberts yang berjudul eat, pray, love. Di pantai ini, wisatawan dapat menikmati hamparan pasir putih, ombak yang tenang, berenang di pantai atau sekedar menikmati waktu luang bersama teman ataupun keluarga.

7. Memasuki Pantai Pandawa, Patung Dewi Kunti dan Pandawa Lima akan mengantarimu pada birunya samudera.

Nama pantai pandawa memang tidak sepopuler pantai kuta dan sanur. Namun, pantai ini sedang naik daun di kalangan pecinta pantai. Pantai pasir putihnya yang bersih serta tebing di tepian pantai, memancarkan pesona tersendiri bagi pengunjung.

Meskipun pantai ini tergolong masih baru, namun fasilistas pantai sudah lengkap. Jika sobat mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk mencicipi olahan seafood yang bisa memuaskan lidah dan perut sobat. Selain itu, sobat dapat beburu souvenir, beragam pernak-pernik, dan aksesoris dapat kita temukan di sekitar pantai.

8. Untuk Yang Mata Keranjang, Cocok Bangat Ini Ke Pantai Dream Land. Pantai Dengan Sejuta Kebebasan di Bali.

Pantai Dreamland sendiri kalau dilihat dari tipikal pasir, gulungan ombaknya hampir mirip dengan kawasan pantai Kuta banyak bahkan jauh lebih indah karena hiasan batu karang di sekililingnya menyuguhkan nuansa beda, tebing-tebing karang terlihat indah menghiasi tepiannya, pantaipun terbilang lebih sepi pengunjung.
Pasir putih, hiasan alami celah karang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang. Airnya pun masih tampak sebening Kristal.

10. Menikmati Ganasnya Sang Ombak Menghantam Batu Karang di Water Blow. Kenangan Mantan Kudu di Lempar Kesana Dek.

Pantai Water Blow Nusa Dua berada di kawasan BTDC (Bali Tourism Development Corporation), Nusa Dua dan berada tak jauh dari hotel Grand Hyat Bali. Untuk sampai ke sana, dari lokasi hotel Grand Hyatt, travelers akan menemukan lapangan rumput yang luas.

Travelers tinggal ikuti saja jalan setapak tersebut hingga menemukan sebuah gerbang dengan tulisan “Water Blow”. Meski cukup populer, beberapa dari warga sekitar maupun pegawai BTDC kerap kebingungan mengenai lokasi pantai ini.

Sebenarnya masih banyak bangat yang saya kunjungi, sebut saja bali zoo, danau bedugul dan berbagai pantainya. Tapi karena galeri fhoto hilang, jadi hilang juga kenangannya.

28 thoughts on “Menjelajahi Bali, Kota Seribu Pura yang Mendunia

  1. Seru juga ya bisa jalan2 sekaligus melaksanakan tugas (kebalik ga sih?),jadi gratis dan punya bahan ngeblog 😊
    Tempat wisatanya bali memang juara

  2. bali selalu dirindukan , aku sukanya yang tingggal di hotel berenang kalau ke pantai aduh terlalu banyak godaan bang

  3. Bali memang punya segudang magnet luar biasa …
    Magnetnya mampu menarik minat traveller dari negara manapun.
    Hebat 👍

  4. Saya belum pernah ke Bali, entah kapan nih. Nunggu dompet penuh dan bersahabat. Saya penasaran dengan Pura Ulun Danu.

  5. Bali itu mananya Indonesia?
    Kata itu dulu di ucapkan kepsek SMA ku dulu mas saat ngasih tau kalau study tournya ke bali.
    Org luar aja tau bali, masa kita org indo kagak tau bali.
    Dan cuma sekali itu saja aku kesananya .

  6. nggak salah bila bali dijuluki pulau dewata ya mas.

    karena banyak sekali keindahan yg tidak didapatkan didaerah lain

  7. Saya seumur2 baru 1 kali bang ke bali.. itupun pas masih SMP. liburan akhir sekolah..
    pengen kesana lagi tapi belum kesampean.. ^^
    penasaran .. bali yg sekarang kayak gimana bentuknya…

  8. Hemm, sangat berkesan pastinya. Pernah review transportasi di Bali, tapi sekalipun belum pernah kesana. Hihi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *