Seribu Keseruan dan Kebahagian Kala Mengunjungi Citarik Sukabumi

Arum Jeram

Citarik Sukabumi – Sebenarnya ini adalah salah satu acara dari kantor yang rutin diadakan setiap tahun, yaitu team building dengan tujuan untuk menselaraskan (going concern) antara berbagai pihak yang terlibat. Mulai dari management sebagai pemangku kepentingan sampai dengan karyawan dari berbagai devisi.

Di kantor sendiri sebenarnya ada beberapa program yang berpihak kepada karyawan, mulai dari gaji satu tahun yang bisa mencapai 15 kali, pengembangan soft skill karyawan dengan adanya berbagai pelatihan dan kursus, outing dan team building.

Nah, yang paling menjadi favorite karyawan adalah outing dan team building karena bisa jalan-jalan gratis. Setelah bulan Agustus 2017 silam ke Bali. Kali ini team building tahun 2018 dengan tujuan Sukabumi. Sebenarnya baru kali ini juga saya ikut semua programnya karena biasanya saya hanya berkutat sebagai fhotografer (sedih bangat klo jadi tukang fhoto terus).

Simak yuk perjalanan kami ke Citarik Sukabumi, siapa tahu bisa jadi bahan referensi buat destinasi kamu selanjutnya.

Dari Priuk, Ke Sukabumi Dengan Menggunakan Bus. Lets go, enjoy your self.

Hari jumat yang cerah, sama seperti biasanya udara di priuk selalu hangat dan identik dengan panas. Bahkan luka-luka yang mengangah karena cinta yang selalu tak pernah berpihak akan kering dan sembuh dengan sendirinya. Itu lah salah satu keistimewaan dari priuk selain container-containernya yang menjulang tinggi.

Citarik Sukabumi
Ini Fotografer kenapa ngambil muka gue ketika bego gitu ya!

Satu persatu (luka yang pernah ada) peserta berdatangan dengan raut-raut bahagia, kemudian mengambil sekotak makanan yang sudah disediakan, dilanjutkan sarapan pagi kemudian langsung menuju ke bus masing-masing. Dari priuk ke Sukambumi dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2,5 Jam.

Jumatan di Citarik dengan khotbah bahasa arab semua, sumpah gak ngerti maksud dan tujuannya. Apakah masyarakatnya memang mengerti semua bahasa arab?

Setelah Sholat Jumat Selesai, Istrahat Sejenak dan dilanjutkan dengan Beberapa Permainan Team Building.

Sebenarnya kami sampai menjelang jam 11 an, dan tak lama kemudian kewajiban bagi cowok muslim sudah mengundang. Apalagi coba jika bukan kewajiban untuk menafkahi istri melaksanakan sholat jumat dengan khusuk dan menambah pengetahuan ketika khatib menyampaikan ceramahnya.

Jika ada cowok yang update status, sholat jumat dulu biar ganteng. Bilangin ke dia, otak lo jongkok atau emang bego dari lahir (haha)

Selesai sholat jumat, kemudian kami berjalan menuju penginapan dengan menuruni anak tangga, kemudian di sambut dengan gemercik air dengan hangat dan tak lupa hangatnya sapaan orang sukabumi menjadi pelangkap perjalanan kali ini.

Selanjutnya adalah acara makan siang khas sunda, kamu sudah tahu kan makanan sunda itu seperti apa? Intinya mah banyak sayur yang mentah alias lalapan.

Citarik Sukabumi
Magic Stick

Perut kenyang bahagia pun datang, karena salah satu cara bahagia adalah dengan cara makan banyak biar bisa kuat menghadapi kenyataan bahwa hidup ini tak semulus pa*a cherrybelle. Nah, saatya bermain dengan permainan yang sudah disediakan oleh Event organizer.

Ada empat jenis permaianan yang dimainkan, mulai dari magic stick alias tongkat setan, folding map, empty ball dan satu lagi saya lupa namanya. semua permaianan tersebut dimainkan dalam 4 team dengan jumlah pemain antara 12-15 orang. Masih mau kan ya melanjutkan kisah cinta iniΒ  kegiatan seru di Citarik Sukabumi.

Malam Hari, ESQ dan Ngobrol Santai di Saung Semakin Membuat Suasana Semakin Syahdu dan Bahagia.

Tak terasa hari berlalu begitu cepat, matahari mulai beranjak ke peraduannya. Suasana malam khas pedesaan di penginapan sungguh bisa dinikmati dengan senang hati. Deburan sungai di pinggir kamar, pohon yang hijau juga mulai tak sudih memberikan rumah buat para burung bertandang.

Setelah selasai shalat isya, acara selanjutnya adalah ESQ. Awalnya saya berfikiran ESQ bakalan banyak yangΒ  nangis seperti mengakui dosa-dosa yang pernah terjadi dalam diri ini, karena pertama kali saya ikut ESQ ketika menjadi mahasiswa baru, suara tangisan dan pengakuan dosa lah yang mampu membuat kami mahasiswa menangis.

Ada beberapa point yang menarik bagi saya ketika mengikuti ESQ danΒ  Bincang Malam Ini.

1. Teory Hiraki Maslow

Teori Hirarki Maslow yang menyatakan bahwa jika kebutuhan dasar terpenuhi terlebih dahulu baru bisa memenuhi kebutuhan lainnya. Awalnya saya pernah belajar tentang teori ini ketika mata kuliah ekonomi makro, itu juga kalo gak salah.

Intinya adalah teori tersebut menyatakan kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa memilki dan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Semua kebutuhan tersebut harus dipenuhi secara berurutan.

Tapi kenyataannya, teori tersebut tak seutuhnya benar. Dalam islam seharusnya sebagai hamba harus memenuhi berbanding terbalik. Yaitu mulai dari aktualisasi diri dengan cara bersyukur dan berusaha. Isnyaallah semua kebutuhan lainnya akan terpenuhi.

2. Mengulas Sedikit Moto Perusahaan, Jika diterapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari Mah. Isnyaallah Selamat!

Sebenarnya saya sudah cukup lama bekerja di perusahaan ini meski sudah 4 kali pindah ke perusahaan lainnya dalam jangka waktu 5 tahun mulai dari perusahaan yang bergerak dibidang shipping, logistik dan yang sekarang stevedoring. Ini sebagai salah satu pengakuan dosa saya.

Saya gak tahu motto perusahaan saya bekerja, parah bangat saya mah.

Ternyata motto dari perusahaan ini adalah Sabar, Tabah, Tekun dan Iman. Cukup diulas tuntas juga dalam ESQ ini, pokoknya saya baru sadar dah intinya.

3. Ternyata, Banyak Kabar Bahagia dan Kurang Bahagia Juga. Keep Sprit ya.

Direktur utama mulai memberikan bonus ke setiap orang yang hadir informasi dari perusahaan yang dimulai dari bahwa tahun 2017 perusahaan resmi sudah mempunyai 124 anak perusahaan (lini bisnis) dan kabar bahagia lainnya. Untuk point ini saya tak akan menjelaskannya lebih detail karena memang rahasia perusahaan.

Citarik Sukabumi - Penginapan
Penginapan di Citarik Sukabumi

Sebenarnya untuk informasi perusahaan sangat mudah di dapat, kamu tinggal cari saja di bursa efek indonesia karena memang induk perusahaan sudah go public sejat tahun 19* dengan umur perusahaan yang menginjak ke 54 tahun.

Malam semakin larut, air yang mengalir semakin tak terkendali. Udara yang dingin serta kantuk yang tak bisa dibendung. Akhirnya mata ini juga terlelap dalam indahnya sukabumi.

Senam Pagi dengan Musik yang Bikin Aduhai bersama Instruktur yang Kocaknya Kebangatan.

Tak terasa, pagi mulai menyapa meski sang mentari masih enyah menampakkan dirinya. Di lapangan yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, suara musik dengan aluanan yang pelan-pelan pun dimulai. Pertanada pemanasan buat olahraga kian melekat.

Detik demi detik berlalu, alunan musik semakin kencang. Mulai dari musik lagu daerah sampai dengan dangdut yang tiada tara, semua senam dengan joget yang tiada tara. Hanya sekedar ketawa sambil menggerakkan tubuh ini demi raga yang sehat.

Citarik Sukabumi
Menelusuri Jembatan di Citarik Sukabumi

Tak terasa, musik beralun dengan pelan kembali. Santai seperti menikmati pantai di Lombok, akhirnya sesi senam berakhir jua. Setelah selesai senam, acara selanjutnya adalah acara bebas. Sebagai salah satu anak yang gak bisa melihat tanpa mengabadikan keindahana alam.

Saya dan teman lainnya mulai menjelajahi pesona sekitar, mulai dari menelusuri jembatan sampai dengan duduk sekedar di pinggir sungai.

Paintball, Sebuah Tembakan yang Membuat Luka di Bagian Punggung. Sakitnya gak kalah sama Ketika Memutuskan Hubungan Dengan Dia Kala Itu.

Setelah selesai senam dan sarapan pagi, acaranya selanjutnya adalah paintball. Untuk menuju lokasi ini kami harus berjalan kurang lebih selama 15 menit. Dan setelah semua peserta berkumpul, arahaan demi arahan diberikan oleh instruktur.

Citarik Sukabumi
Team yang paling rusuh πŸ™

Dan pada akhirnya, permainan pun dimulai. Oh ya, jika kena peluru dari tembakan paintball ini sungguh bisa membuat pilu, lebab dengan warna biru sudah pasti menempel di tubuh. Memang tak sesakit ketika mengetahui pacar sedang selingkuh karena memang pernah selingkuh juga kala pacaran (impass).

Menikmati Arum Jeram Sepanjang 15 KM di Citarik Sukabumi, Rasanya Itu Seperti Mendapat Undangan dari Orang yang Mengaku Setia Tapi Akhirnya Pergi Tanpa Berita.

Kamu pernah arum jeram atau malah pernah mendapatkan undangan dari orang yang pernah menjanjikan sebuah harapan untuk membina rumah tangga dengan taat? Nah, jika belum pernah, cobain sesekali. Saya sendiri sudah dua kali arum jeram.

Sebelum memulai aktifitas yang satu ini, kami harus mendapatkan arahan dari instruktur selama kurang lebih 15 menit. Mendengarkan penjelasan di pinggir sungai itu lebih banyak gak paham dibanding dengan pahamnya. Setelah semua tentang arum jeram dijelaskan.

Citarik Sukabumi
Mendengarkan Penjelasan Seharusnya Malah Asyik Fhoto

Dan sudah membagi team masing-masing dengan seorang intruktur juga. Kami harus menaiki mobil pick up untuk menuju lokasi. Dengan jalanan yang terjal, naik turun dan jalanan seadanya. Hanya saja keuntunganny adalah selama perjalanan, barisan pohon selalu menatap dengan senyum.

Dan taraa, selamat menikmati arum jeram selama kurang lebih 2 jam. Setiap hempasan air akan mengajarkan sebuah kehidupan, batu yang diterjang oleh air tetap berdiri kokoh dan tak pernah mengeluh (apa hubungannya ya). Inilah kegiatan terakhir seru di Citarik Sukabumi.

Citarik Sukabumi - Arum Jeram
Arum Jeram di Kawasan Citarik Sukabumi
Arum Jeram

Selesai arum jeram, membersihkan diri dan langsung pulang ke Jakarta. Selamat tinggal Sukabumi. Nah, itulah pengalaman seru ketika berkunjung di Citarik Sukabumi. Jika kamu mempunyai pengalaman seru juga, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar ya!

41 thoughts on “Seribu Keseruan dan Kebahagian Kala Mengunjungi Citarik Sukabumi

  1. wah enaknya kalau kantor ada acara jalan2nya begini, kayaknya bakalan menambah semangat kerja neh.. seru-seruan sekali-sekali

    btw, arung jeram 15km, jauh juga ya… tapi asyik kayaknya ya bang

  2. Seru agenda kantornya bisa menambah keakraban di karyawannya. Main paintball seru tuh sepertinya pengen nyoba hehehehe

  3. Nasib emang kalau jalan malah jadi fotografer, soalnya saya sering ngalamin juga nih. Dari foto-fotonya keliatan banget tempatnya seru nih. Apalagi perginya rombongan terus main arung jeram,jadi pengen liburan juga.

  4. Yaps betul kantor punya progran yang banyak berpihak pada karyawan mau apa lagi coba, kalau tidak memberikan yg terbaik utk tempat kita bekerja hehe

    Biasanya ada jg loh ditempat kami program jalan-jalannya meski cuma setahun sekali hehe, ya yg pasti seru kalau jalan-jalan dg teman kerja, meski jln2 tetap aja ya sempat membahas masalah kerjaan
    itu biasa hehe

  5. Waah ini mirip kaya di The Pikas Banjarnegara, permainan outboundnya ada pin ball, ada arung jeram jugak.. Jeramnya menantang bgt kalau di Banjarnegara mas.. Harus nyoba pokoknya πŸ˜€

  6. Aku suka kalau ada acara jalan-jalan dari kantor suami. Biasanya keluarga boleh ikut. Meski kadang harus bayar lagi karena nggak ditanggung kantor. Tapi lumayan seru dan bisa saling kenal keluarga pegawai.

  7. Wah enak ya kantornya. Mau juga dong jalan-jalannya kayak gitu hihihi. Emang De Idris kerja dimana? Coba kantor suamiku ada jalan-jalannya kyak gtu hahaha *plak

  8. enak sekali yach mas ada acara ginian yang disponsori Perusahaan, bisa membuat Karyawannya menjadi Happy dan merasa diperhatikan.

    Ohy orang yang berbaju merah yang sedang duduk di jembatan itu sedang apa yach.. ? Sedang makan nasi bungkus ?

  9. Seru ini…apalagi kalau acara gathering atau outbond ini yang bikin perusahaan tempat kita bekerja, pokoknya puas dan menyenangkan deh. Gimana nggak seneng coba? Udah digaji…diplesirin…dan biasanya boleh membawa beberapa anggota keluarga. Menyenangkan acara-acara seperti ini.

  10. Seru euy, terakhir ke sukabumi tahun 2015, kalo dulu masih macet, sekarang mungkin enggak kali ya, banyak yg bisa dieksplor di sana, salah satunya di sungai citarik

  11. ini citarik yang di Cikidang bukan bang…..

    dari dulu saya,gagal terus mau rafting disini..
    efek ga dapat parner πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *