Obyek Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Bogor

Buat anda warga Jakarta, tak ada salahnya jika sejenak bersantai dari hiruk pikuk dan hingar bingar kota Metropolitan yang selalu sibuk dan penuh polusi. Dan salah satu tujuan bersantai/berlibur mengasyikkan yang kami rekomendasikan adalah destinasi wisata penangkaran rusa milik Perhutani yang berada di kawasan Bogor.

Atau yang terkenal dengan sebutan penagkaran rusa Giri Jaya. Disini, Anda bukan hanya akan dimanjakan dengan nuansa alam hutan lindung yang hijau dan rindang tetapi juga bisa menjumpai banyak rusa liar yang hidup bebas dan terlindung.

Lokasi Obyek Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya, Cariu

Lokasi penangkaran rusa ini beralamat di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Dari perbatasan Kecamatan Jonggol Citra Indah, Anda dapat menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Pelataran parkir Penangkaran Rusa Giri Jaya dapat menampung kurang lebih 20an motor dan 10an mobil, sayangnya masih berupa tanah sehingga akan becek dan licin ketika hujan. Untuk tarif karcisnya, Anda hanya dikenakan biaya Rp 8000,- saja belum termasuk parkir. Sangat murah meriah bukan?

Keindahan Penangkaran Rusa Giri Jaya

Berbagai jenis hewan rusa hidup liar di taman yang luas ini, mulai dari rusa timur, rusa totol hingga rusa bawean yang kebanyakan diambil dari Pulau Jawa dan Bali. Rusa merupakan binatang mamalia yang populasinya mulai langka sehingga termasuk ke dalam hewan yang dilindungi. Disini, Anda bisa berinteraksi dengan mereka secara langsung tanpa ada sekat. Anda akan menyaksikan betapa hewan-hewan ini pemalu tetapi ramah dan menggemaskan.

Selain dapat berinteraksi dengan rusa, mata Anda akan termanjakan dengan panorama perbukitan Jonggol yang indah dan menyegarkan. Tak hanya itu, ada sebuah padang rumput luas yang bisa Anda masuki dengan melewati sebuah lorong panjang serta sebuah jembatan gantung dengan panjang kurang lebih 500 meter. Disinilah merupakan spot terbaik untuk mengambil foto maupun duduk santai menikmati hawa sejuk perbukitan.

Jika Anda ingin memberi makan rusa-rusa yang ada disini, ada penjual ubi jalar dalam kemasan yang menjadi pakan bagi rusa-rusa liar tersebut. Rusa-rusa yang berada di taman penangkaran ini dulunya berjumlah sekitar 200-an ekor, namun sayangnya karena ada kebijakan dari Perhutani yang mengijinkan pengunjung membawa pulang rusa dengan hanya membayar 2,5 juta rupiah saja, akhirnya jumlah rusa disini hanya tersisa sekitar 70-an ekor saja.

Selain sebagai tempat penangkaran rusa, lahan seluas kurang lebih 2 hektar disini juga bisa dijadikan lokasi outbon maupun kemping. Untuk tarif outbond atau kemping, Anda akan dikenakan biaya Rp 3000,- per orang sedangkan untuk kemping rombongan, Anda harus membayar Rp 300.000 per rombongan. Lokasi kemping dan outbond ini dapat menampung kurang lebih 200 orang.

Air Terjun Kecil nan Cantik di Penangkaran Rusa Giri Jaya

Tak jauh dari lokasi penangkaran,  ada sebuah air terjun kecil yang harus Anda lewati dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit dengan berjalan kaki menyusuri sebuah jalan setapak yang basah di beberapa titik dihiasi dengan rumput ilalang setinggi kurang lebih 50 cm.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore. Oya, jika Anda ingin melakukan kegiatan wisata alam disini seperti kemping dan outbond, Anda diharuskan untuk booking terlebih dahulu kurang lebih 1-2 minggu sebelumnya.

19 thoughts on “Obyek Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Bogor

  1. Mana nih, Mas foto air terjunnya.. he
    Penasaran pengen lihat..

    Kalau rusa aku sering lihat beberapa kali main, malah di prambanan sendiri ada makanan khusus yang dijual untuk orang yang mau beli dan kasih makan sama rusa gitu..

  2. Pingin ke sini, tapi jauh 🙁 Apalagi di Malang belum ada penangkaran rusa 😀 Semoga suatu hari bisa berkunjung ke sini bareng keluarga, amiin. Terimakasih infonya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *