9 Pesona Pemalang yang Keindahannya Selalu Bikin Rindu dan Candu

Pemalang termasuk dalam deretan kabupaten di Pantura Jawa Tengah. Kabupaten Pemalang ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal di sebelah barat dan Kabupaten Pekalongan di sebelah timur. Mungkin, bagi kamu yang sering mudik lewat jalur Pantura, pasti sudah tak asing lagi dengan Pemalang bukan? Jika biasanya kamu hanya melewati saja, cobalah sesekali melipir sejenak untuk menikmati destinasi alamnya.

Mulai dari pantai, air terjun, sampai dengan perbukitan akan siap memanjakan matamu. Kota yang mendapat julukan sebagai kota ‘Ikhlas’ ini memlilki keindahan alam yang bakal bikin kamu rindu dan terpesona dengan keelokannya. Percayalah, tak ada kata menyesal ketika kamu sudah traveling ke kota ini, karena keindahannya selalu bikin rindu.

Mau tahu apa saja destinasi wisata Pemalang yang bikin rindu, simak yuk ulasan dari ngayap.com berikut.

1. Pantai Widuri Pemalang, Spot Sunsed yang Tak Terbantahkan Keindahannya.

Pantai Widuri terletak ± 3Km dari utara kota Pemalang. Pantai Widuri merupakan obyek Wisata Pantai berhawa sejuk, meskipun air di pantai widuri tidak sebiru dan sebening dan sejernih pantai pantai lain namun pantai widuri menjadi pantai terfavorit di kota pemalang untuk bersantai dan menikmati panorama sun set yang indah.

Pantai Widur via instagram.com/ @udhy_ome75

Selain itu, ada juga beberapa fasilitas pendukung yang tersedia seperti lapangan tenis, Kolam renang, Panggung hiburan wahan permainan anak dan masih banyak lagi. Dan dengar-dengar, untuk kedepannya di tempat ini akan dibangun Waterboom sebagai pemikat wisatawan yang ada di Indonesia.

2. Masih Kangen Dengan Pesona Sunsed Nan Rupawan, Pantai Blendung Tak Kalah Menarik kok.

Jika anda ingin menikmati suasana pantai yang masih sepi dan jauh dari keramaian, datanglah ke Wisata Pemalang Pantai Blendung. Pantai Blendung terdapat di Desa Blendung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Pantai ini belum banyak dikembangkan oleh Pemerintah daerah setempat disana hanya dikelola sendiri oleh warga sekitar.

Pantai Blendung via instagram.com @dinoaw84

Belum banyak fasilitas yang dibangun sehingga suasana menjadi lebih asri. Meskipun demikian apabila pantai ini dikembangkan dengan serius maka mungkin saja akan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.

3. Curug Sibedil, Curug  Dengan Kisah Nan Realisistis Meski Agak Kurang Realistis.

Selain wisata Pantai di Pemalang juga ada wisata alam berupa curug, salah satunya adalah Curug Sibedil. Wisata ini menyuguhkan keindahan panorama alam berupa curug setinggi 20 meter dengan kondisi yang masih asri. Ada beberapa versi tentang penamaan Curug Sibedil ini. Versi pertama mengatakan bahwa nama Sibedil nigunakan karena di dekat curug ini terdapat sebuah batu yang bentuknya mirip dengan senapan atau bedil.

Curug Sibedil via .instagram.com @sandiysf

Versi yang lain mengatakan bahwa di Curug ini pada malam tertentu seperti Malam Jumat Kliwon terdengar suara tembakan seperti suara tembakan bedil. Jika anda penasaran dengan pemandangan di Curug Sibedil ini anda dapat mendatanginya di Desa Sima, Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.

4. Curug Dhuwur

Wisata Pemalang Curug Dhuwur termasuk wisata yang tersembunyi di Kabupaten Pemalang. Tempat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, hanya warga sekitar saja yang mengunjungi karena memang belum sepopuler tempat wisata yang lain.

Curug Dhuwur via instagram.com @vacation_nature

Lokasi Curug Dhuwur sendiri terdapat di dusun Karang Pucung, desa Wanarata, kecamatan Bantarbolang, kabupaten Pemalang. Meskipun masih sepi, curug ini memiliki panorama yan sangat memukau dan tak kalah dengan curug lain di Pemalang.

5. Curug Bengkawah

Obyek wisata di Pemalang ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena lokasinya yang lumayan tersembunyi. Sebelum sampai ke Curug Bengkawah anda harus menyusuri jalan setapak sepanjang 2 km. Namun di sepanjang perjalanan anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang masih asri berupa pepohonan dan lahan warga.

Curug Bengkawah via instagram.com @candrayaasin

Lokasi dari Curug Bengkawah ini adalah di Desa Sikasut Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang jawa Tengah.

6. Rafting di Sungai Comal

Kabupaten Pemalang dilintasi oleh sungai besar yaitu Sungai Comal. Sungai besar ini ternyata dapat dijadikan sebagai jalur rafting karena memiliki arus yang deras sehngga dapat memacu adrenalin bagi para pesertanya. Rafting di Sungai Comal ini tergolong wisata baru di Pemalang karena bar saja dibuka beberapa bulan yang lalu.

Tapi karena jalur rafting yang menantang dan pemandangannya yang indah, rafting di Sungai Comal ini sudah banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Jika anda berminat, anda dapat mendatangi pengelola rafting Sungai Comal ini di jalan raya Randudongkal-Moga, km 5. No. 99, desa Kecepit, Randudongkal, Pemalang.

7. Gunung Mendelem Pemalang

Gunung Mendelem atau yang dikenal juga dengan Gunung Jimat ini masuk dalam kategori obyek wisata di Pemalang yang memiliki ketinggian 1454 MDPL. Karna tidak terlalu tinggi, Gunung yang satu ini seringkali digunakan sebagai pelatihan pendaki pemula.

8. Gunung Gajah Pemalang

Dinamakan Gunung Gajah karena kalau kita lihat dari kejauhan bentuk fisik dari gunung ini memang mirip seperti gajah. Memiliki ketinggian 1.100 MDPL, tempat wisata di Pemalang ini bisa dijadikan referensi pendaki pemula sebagai medan pelatihan.

9. Kedung Bening

Kedung bening yang masih tersembunyi dan sepi akan wisatawan ini tidak memungut biaya sama sekali kalau kita ke lokasi. Telaga kecil yang terbentuk secara alami karena erosi bebatuan oleh air hujan dan sungai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Dan adapun dua warna air di telaga ini yaitu berwarna hijau disaat musim kemarau karena reaksi mineral serta berwarna kecoklatan disaat musim penghujan.

Kedung Bening via instagram.com @p.doni

8 thoughts on “9 Pesona Pemalang yang Keindahannya Selalu Bikin Rindu dan Candu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *