9 Curug yang Tak Bisa Kamu Abaikan Saat Singgah di Subang

Apa sih yang kamu pikirkan tentang Kota Subang? Mungkin samar-samar kamu akan menyebutnya sebagai kota yang masuk dalam jalur pantura. Atau mungkin kamu akan teringat langsung dengan Nanas Madunya. Emang iya sih, Subang yang merupakan ibukota dari Kabupaten Subang masuk sebagai salah kota yang dilintasi jalur pantura dan merupakan penghasil Nanas Madu.

Ya, begitulah nasib kota yang masuk dalam jalur pantura, sekedar tempat perlintasan. Tapi, semua itu tidak akan terjadi lagi kalau kamu berkenalan dengan Subang. Ternyata, Subang memiliki banyak tempat wisata Air Terjun (bahasa Sunda = Curug) yang eksotis dan menakjubkan. Curug sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki jiwa berpetualang, Curug juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan Menyenangkan.

Curug-curug yang ada di Subang, ada yang mudah dijangkau dan ada juga yang tersembunyi di hutan dan bebukitan karena kontur wilayah Subang memang agak berbukit. Nah, jika kamu sedang menjajal subang, 9 curug di kota Subang ini akan buat kamu lupa sesungguhnya kamu ingin kemana. Dijamin, kesegaran curug-curug ini akan meninabobokanmu. Gak percaya, cek aja langsung!

1.Lagi Hits Bangat di Instagram, Curug Masigit Menjadi Primadona Baru Bagi Pecinta Curug di Subang.

Curug Masigit yang berada di Kasomalang ini memang belum dipublikasikan ke umum 100 % sehingga masih sepi pengunjung. Tapi keindahan yang ditawarkan oleh Curug Masigit ini sungguh tak terbantahkan. sebut saja bebatuan alami yang menyerupai benteng dengan pemandangan asli tanpa rekayasa.

Curug Masigit via instagram.com @pangeran_subuh

Sebenarnya Curug Masigit mempunyai tiga tahapan air terjun dan empat kubangan. Curug utamanya mempunyai ketinggian sekitar 4 meter dan kedalaman hingga 7 meter menurut warga setempat. Nah jika kamu ingin menikmati curug ini, sering-seringlah bertanya ke warga setempat atau kamu mungkin boleh mengajak mereka sebagai tour guide mu.

2. Curug Bedil, Seenggok Kesegaran yang Sering Terlupakan Padahal Indahnya Bikin Candu.

Tak banyak informasi yang membahas tentang curug bedil karena memang sering terlupakan. Sebenarnya curug bedil ini masih satu kawasan dengan curug banteng, jadi ketika wisatawan mengunjungi curug banteng, jarang bangat eksplore curug bedil padahal keberadaannya hanya kurang lebih  5 menit dari curug banteng.

Curug Bedil via instagram.com @k.ina611

Curug bedil berada di Desa Sanca, Kecamatab Ciater, Kabupaten Subang.

3. Mau Melihat Curug yang Ada Goa dan Binatangnya! Curug Goa Badag Pas Bangat Buat Kamu Pecinta Goa.

Curug Goa Badak adalah curug terakhir dari jejeran curug yang tersembunyi di dalam kawasan Capolaga Adventure Camp. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dan berada tidak jauh dari curug Karembong dan Curug Sawer. Jika kamu ingin berenang dan berendam, memang curug inilah rajanya. Dijamin kesegarannya.

Curug Goa Badak via instagram.com @wisatacapolaga

Curug Goa Badak dinamai seperti itu karena disekitar curug terdapat goa yang berukuran cukup besar yang dinamai Goa Badag namun entah mengapa seiring berjalannya waktu, nama curug yang semula Curug Goa Badag menjadi Curug Goa Badak. Mungkin untuk menambah daya tarik pengunjung kali ya. Oh iya, di sekitar areal tiga curug di Capolaga Adventure Camp ini juga sudah disiapkan spot untuk berkemah.

Lokasi wisata ini berjarak dari Subang – Wisata Alam Capolaga kurang lebih 35 km, dari Jakarta (melalui jalan tol Sadang) kurang lebih 190 km, dari Bandung adalah 45 km.. Lokasinya dekat/sebelum kawasan wisata Ciater

4. Bak Air Terjun Private Karena Keberadaanya Berada di Belakang Villa Pribadi, Doi Disebut Curug Cisalada.

Curug Cisalada mempunyai ketinggian sekitar 5 meter. Cisalada sendiri berasal dari bahasa sunda yaitu Ci dan salada , Ci artinya sama denga air sedangkan Salada merupakan tanaman salada. Menurut warga sekitar disebut sebagai cisalada karena konon katanya disekitar air terjun ini terdapat banyak perkebunan salada.

Dan beberapa perkebunan tersebut menggunakan air dari air terjun ini sebagai sumber pengairan perkebunan mereka. Maka dari itu, air terjun ini sangat akrab dengan tanaman selada, sehingga air terjun ini pun dinamai sebagai Curug Cisalada.

Curug Cisalada via instagram.com @hens4m

Salah satu keistimewaan dari Curug Salada adalah keberadaanya yang berada dibelakang sebuah villa pribadi sehingga curug ini serasa milik pribadi. Selain itu, pemadangan disekitar air terjun ini juga sangat hijau dan asri sehingga bisa menambah mood dan dapat menyegarkan pikiran.

5. Sebagai Pengharagaan Terakhir Tewasnya Seorang Pemburu Berdarah Tionghoa di Sebutlah Curug Cina.

Objek wisata Curug Cina terletak di salah satu desa di Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang. Jarak dari Kota Subang ke Curug Cina berjarak sekitar 7 km, dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Curug Cina via instagram.com @fakirpiknik

Dinamakan Curug Cina dikarenakan pada zaman dahulu kala ada seorang pemburu yang berdarah Tionghoa yang melakukan perburuan dan meninggal di sekitar curug tersebut. Peristiwa tersebutlah yang menyebabkan tempat itu dinamai Curug Cina.

6. Berendam Sejenak Sambil Menenangkan Pikiran di Curug Mandala, Segarnya Kebangatan.

Curug mandala memiliki pesona yang menawan, seperti lokasi ‘bidadari mandi’. Air terjun ini berlokasi di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang – Jawa Barat. Curug Mandala ini berjarak ± 300m jauhnya dari Curug Mandala Mini/pembuka, untuk sampai kesini Traveler harus berjalan menuruni bukit, hingga akhirnya sampai di Curug Mandala.

Curug Mandala via instagram.com @hens4m

Lokasi curug ini cukup gampang diakses, dari gerbang pemandian Ciater bisa langsung menuju kampung Panaruban. Kita akan menemukan papan petunjuk menuju tempat curug. Sesudah menemukan papan petunjuk, perjalanan bisa kita tempuh dengan motor atau berjalan kaki. Utk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, sudah ada warung yang menjajakan makanan serta dijamin harganya terjangkau di sekitar curug.

7. Airnya yang Biru Menjadi Pesona Utama dan Instimewa Curug Kaliangkak.

Curug Kaliangkak ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter, dengan kedalaman kolam yang menjadi tumpahan air terjunnya yang berkisar dari 1-2 meter. Didalam kolam ini kamu bisa bermain air atau pun berenang, tapi saat curah hujan tinggi tidak disarankan untuk berenang hingga dasar air terjun karena di beberapa titik terdapat kedalaman yang berbeda, dan arus air terjun akan semakin kuat dan mengurungmu dalam pusarannya.

Curug Kaliangkak via instagram.com @cahaya_pamungkas

Keunikan dari air terjun ini adalah airnya yang bisa berubah menjadi warna biru ketika musim kemarau tiba. Saat musim kemarau tumpahan air yang ada didanau akan terlihat berwarna biru sebagai akibat jernihnya air dan pantulan cahaya matahari yang sempurna. Namun saat musim penghujan danau kecil yang berada dibawah air terjun ini akan berwarna coklat yang diakibatkan oleh derasnya aliran sungai yang bercampur dengan pasir dan lumpur. Meskipun warna air berubah menjadi coklat, tapi keindahan air terjunnya akan semakin bertambah karena debit air terjun akan menjadi lebih besar dan lebar.

8. Menikmati Air Terjun Kembar Nan Abadi di Curug Rendeng.

Curugrendeng adalah desa di kecamatan Jalan Cagak, Subang, Jawa Barat, Indonesia. Di desa tersebut dapat kita temukan air terjun kembar yang dikenal warga sekitar dengan nama Curug Rendeng. Tak banyak informasi mengenai curug ini, satu hal yang pasti keindahan curug ini tak pernah ingkar janji.

Curug Rendeng via .instagram.com @fakirpiknik

9. Aduh Salut Dah Kang, Kalian Memang Luar Biasa Top Gayanya di Curug Karembong. 4 Jempol Buat Kalian.

Curug ini digadang-gadang menyerupai karembong atau selendang yang digeraikan. Masa sih? Dari pada bertanya-tanya mending kamu langsung sambangi aja lokasinya. Curug Karembong berada satu lokasi dengan Capolaga Adventure Camp yang merupakan objek wisata alam yang ngehits di Subang. Dari kota Subang kamu cukup menempuh perjalanan selam 30 menit untuk mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua kesayanganmu.

Curug Karembong via instagram.com @arya_ruslyy

Uutuk memasuki kawasan ini, kamu harus membayar sejumlah uang terterntu sebagai tiket. Dengan tiket masuk, kamu bisa sekaligus menikmati wahana di Capolaga Adventure Camp dan menyambangi curug Sawer dan Curug Goa Badak yang juga tersembunyi di Capolaga Adventure dan jarak anatar satu curug dengan curug lain sangat berdekatan loh. Kabarnya, air di curug Karembong juga bisa kamu manfaatkan untuk terapi pegal linu dan rematik loh. Asyik, jalan-jalan sekaligus terapi ya.

Nah, itulah beberapa curug yang bisa membuat hati dan pikiran tenang di Subang. Jadi jika kamu sedang mampir di Subang, jangan lupa untuk menikmati keindahan alamnya dan tentunya jangan lupa juga bawa oleh-oleh khasnya yang sudah mendunia itu, Nanas Madu bukan janda yang mau di madu ya.

Bagi kamu yang mempunyai pengalaman menarik atau rekomendasi curug lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk share dan komentar di bawah ya.

5 thoughts on “9 Curug yang Tak Bisa Kamu Abaikan Saat Singgah di Subang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *