9 Pesona Pantai di Sukabumi yang Tak Terlupakan Kemolekannya

Bagi para pecinta pantai biasanya selalu ingin menikmati pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok. Padahal pantai-pantai selain Bali dan Lombok tak kalah indah. Sebut saja kepualauan seribu yang menjadi destinasi favorite wisatawan dari Jabodetabek untuk bersantai ria.

Jika kamu ingin  menikmati pantai-pantai yang kemolekannya tak terlupakan. Cobalah sesekali menjelajahi pantai-pantai yang ada di Sukabumi. Mungkin selama ini kamu berpikiran jika Sukabumi itu hanya ada Curug-curugnya atau hanya ujung genteng saja.

Mungkin kamu memang belum akrab dengan Sukabumi sehingga tidak begitu familiar dengan destinasi pantainya. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Yuk kenalan dengan pantai-pantai yang ada di Sukabumi, siapa tahu kamu akan berminat untuk mengunjunginya.

1.Keindahan Pantai yang di Balut Mitos Nyi Roro Kidul Merupaka Salah Satu Kelebihan Pantai Pelabuhan Ratu.

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan paduan antara pantai landai dan pantai curam. Di satu sisi dikelilingi hutan-hutan cagar alam, dan di sisi lainnya terdapat karang-karang terjal yang dihempas gelombang ombak. Legenda Nyi Roro Kidul yang disandingkan dengan Laut Selatan semakin melengkapi daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu.

Pelabuhan Ratu via instagram.com @dheparis

2. Selain Pasir Putihnya yang Lembut di Kaki, Sunsed di Pantai Pangumbahan Memang Juara Bangat.

Pantai Pangumbahan terletak di sisi selatan Pulau Jawa dan masih dikawasan unjung genteng yang tersohor itu. Tempat yang sangat indah ini memiliki banyak kelebihan. Bukan hanya satu atau dua, tapi setidaknya empat keistimewaan sekaligus dan bahkan mungkin lebih dari itu.

Pantai Pangumbahan via instagram.com @visitsukabumi

Dikutip dari laman good news from indonesia, kelebihan pantai ini antara lain mempunyai pasir dengan kandungan siliki tinggi, pantai yang masih asri, tempat surfing yang idal karena mempunyai ombak yang pas bangat untuk surfing serta yang terakhir adalah adanya makhluk hidup yang sangat unyu alias si penyu hijau.

3. Pantai Karang Hawu, Masih Menyimpan Mitos Tentang Nyi Roro Kidul. Aduh, Jadi Mistis yaa, Tapi Kerennya Minta Ampun.

Tidak terlalu jauh dari pantai pelabuhan ratu, pantai karang hawu berada di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hawu sendiri merupakan bahasa sunda yang artinya tungku. Pantai Karang Hawu senidri dijuluki penduduk karena di pantai ini terdapat sebuah karang berlubang-lubang yang menjorok ke laut dan tampak seperti tungku.

Pantai Karang Hawu via instagram.com @rudyadam10

Selain asal usul namanya, rupanya pantai Karang Hawu juga terkenal dengan mitosnya yaitu konon katanya karang yang menjorok ke laut tersebut merupakan singgasana Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Laut Selatan. Oleh karena itu, cukup banyak pengunjung yang mencoba mencari berkah dengan mandi atau membasuh muka di cekungan batu karang yang terdapat genangan airnya. (ada-ada saja yaa!!)

4. Hamparan Pasir Putih dan Ombak yang Menggebu Dapat Kamu Tengok di Pantai Ombak Tujuh.

Sukabumi memang terkenal dengan banyak pantainya yang indah. Selama ini kita kenal Pantai Pelabuhan Ratu, tapi ternyata masih banyak pantai lain di Sukabumi yang eksotis, salah satunya Pantai ombak tujuh ini. Pantai yang berada di Ujung Genteng ini termasuk ke dalam deliniasi Geoarea Ciletuh, Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Sukabumi menyuguhkan pemandangan pantai yang begitu eksotis

 

Pantai Ombak Tujuh via instagram.com @tentangtravel

Pantai ini cocok untuk peselancar karena ombaknya yang tinggi. Karena itu ini bukan pantai yang cocok untuk berenang. Pantai ini memiliki ombak yang berjumlah tujuh yang bergulung secara berurutan. Lokasi ini sering dikunjungi oleh para peselancar baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di tempat ini pula masih menyuguhkan panorama asri dan air pantai yang masih jernih.

5. Hamparan Bebatuan yang Imut-Imut di Balut Sunsed Adalah Keistimewaan Pantai Cimaja.

Pantai Cimaja merupakan salah satu pantai pilihan berselancar di kawasan Pelabuhan Ratu. Pantai ini mempunyai gelombang ombak yang bersahabat, sehingga sangat menarik untuk melakukan selancar.Bagi kamu yang suka berjalan-jalan di pantai dan biasanya selalu ditemani pasir yang lemut yang putih.

Pantai Cimaja via instagram.com @tompelzz

Di pantai cimaja, kamu harus ekstra hati-hati karena dibibir pantai terdapat bebatuan yang cukup licin jika sedang terkena hentakan ombak. Tapi berjalan di bebatuan dengan sunsed nan indah tentu harus kamu coba, dan akan menambah pengalaman yang berharga bagi kamu.

6. Bosan Bermain Pasir di Pantai, Cobalah Sesekali Melihat Aktifitas Nelayan di Pantai Cibangban.

Pantai Cibangban terletak di desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Pantai ini mempunyai pasir lembut agak keabu-abuan di sekitar pesisirnya. Salah satu pantai di Sukabumi yang indah ini memiliki air laut yang bersih dan jernih akan menambah suasana pantai menjadi sangat menyenangkan.

Pantai Cibangban via instagram.com @putu_agung73

Selain itu, pantai ini juga sangat cocok untuk destinasi liburan keluarga karena ombaknya yang tidak terlalu ganas tetapi kamu harus tetap hati-hati ya. Nah, jika kamu sedang beruntung, kamu bisa juga melihat perahu-perahu Nelayan yang tertata epik di pinggir laut.

7. Gak Harus Sama Kekasih Kok, Menghabiskan Waktu di Pantai Cibuaya Bersama Sahabat Seru Juga. Friendship Goal Bangat kan Bro.

Pantai Cibuaya memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir bersih yang disekitar pantai layaknya permadani menjadikan pantai ini terlihat bersih dan menawan. Air pantainya yang jernih dengan gulungan ombak yang besar menawan seakan memanggil siapapun untuk mendekat dan menikmatinya.

Pantai Cibuaya via instagram.com @zetliarimbi

Karena keindahan  suasana pantainya, banyak pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati baik bersama keluarga maupun sahabat. Salah satu momen yang paling ditunggu adalah melihat sang mentari kembali ke peraduannya untuk sekedar istrahat  sebelum dia kembali besok pagi dengan sinar semangat.

8. Mandi di Bawah Naungan Sunsed yang Orange di Pantai Citepus. Coba Lah Bro, Biar Tahu Nikmatnya.

Pantai Citepus mempunyai panorama yang sangat indah. Kebersihan pantai sangatlah terjaga, bersih dari sampah yang berserakan akibat banyaknya pengunjung. Pantai ini juga menjadi salah satu destinasi utama setelah pengunjung sampai di Pelabuhan Ratu, karena jaraknya hanya sekitar 3 km dari pelabuhan tersebut.

Pantai Citepus via .instagram.com @asripane

Pasir pantai di Sukabumi Selatan ini tergolong agak kasar, tapi tetap terlihat indah karena kebersihan dan deburan ombak yang membasahinya. Ombak di pantai ini tergolong cukup besar, sehingga pengunjung harus berhati-hati. Kebanyakan mereka memanfaatkan ombak untuk bermain air sambil bercanda bersama keluarga.

9. Senja Memang Selalu Mampu Memberikan Ketenangan, Senja di Pantai Minajaya Oke Juga Kok.

Pantai Minajaya Kecamatan Surade Jampang Kulon Sukabumi . Mungkin banyak dari traveler yang belum mengetahui tentang pantai minajaya ini, kebanyakan dari mereka mungkin lebih familiar dan lebih hapal dengan Pantai Ujung Genteng dibanding Pantai Minajaya, padahal  sebetulnya di jampang ternyata masih ada pantai yang keindahan alamnya tak kalah menarik jika dibandingkan dengan Pantai Sawarna di di bayah dan Pantai Ujung Genteng.

Pantai Minajaya via instagram.com @iceutrs

Sebenarnya masih banyak bangat pantai-pantai yang indah dan ciamik di Sukabumi, nah tambahan bonus buat kamu adalah pantai Ujung Genteng. Sebenarnya kawasan ujung genteng merupakann sebuah kawasan yang menghadirkan jajaran pantai yang keindahannya tak diragukan lagi.

Pantai Ujung Genteng via instagram.com @bludstory

Makanya penulis tidak mengulas tentang pantai ujung genteng yang tersohor itu, karena pasti semua traveler sudah mengetahuinya kan. Jika belum tahu, saya anggap tahu ya. Nah, jika kamu ada pengalaman dan informasi mengenai pantai-pantai yang ada di Sukabumi, boleh bangat untuk share dan komentar di bawah ya.

25 thoughts on “9 Pesona Pantai di Sukabumi yang Tak Terlupakan Kemolekannya

  1. Pantainya indah ya, aku baru tahu suka bumi punya ini. sudah lama berkunjung ke sukabumi udaranya sejuk jd nggk pernah kepikiran sukabumi punya pantai

  2. pantainya bagus-bagus asik buat foto-foto nih tempat-tempatnya.

    tempat -tempat ini kayakya wajib di kunjungi traveler blogger.

  3. Menikmati sunset di tepi pantai, duh,… Syahdunya… Hehehe
    Itu pasir putih di pantai ombak tujuh keren banget, mas. Bersih dan mempesona. Hahaa

  4. Sangat menentramkan hati jika melihat pantai yang seindah itu luar biasa pantai sukabumi merupakan anugrah Allah yang patut kita syukuri. Terimakasi atas infonya.

  5. Pelabuhan Ratu yang pernah saya singgahi. Pantainya begitu indah, dan membuat saya ingin mengulang kesana. Sungguh luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *