9 Alasan yang Selalu Membuat Rindu Salatiga, Si Imut di Jawa Tengah

Destinasi di Salatiga – Beberapa bulan terakhir sempat tersunter berita yang sangat membanggakan dari Salatiga, yaitu sebuah gerbang tol Salatiga yang konon katanya menjadi jalan tol terindah di Indonesia karena pemadangan yang ditawarkan sangat mempesona.

Bahkan banyak yang bilang seperti  jalan tol di Eropa. Sah-sah saja sebenarnya, karena lokasi gerbang tol Salatiga memang berada di kaki Gunung Merbabu dan Merapi. Alhasil, hijaunya lereng gunung berpadu dengan angkuhnya Merbabu jadi keindahan yang tak bisa didustakan.

Tapi sebenarnya, kota yang penamaannya diberikan oleh Sunankalijaga ini mempunayi sejarah yang sangat unik. Disebut sebagai Salatiga karena Bupati pada masa itu membuat tiga kesalahan yaitu kikir, sombong dan menyengsarakan masyarakat.

Terlepas dari penamaannya, Salatiga menyimpan sejuta pesona alam yang bisa membuat kamu akan selalu rindu kota ini. Simak yuk destinasi di Salatiga berikut.

1. Ada Sunsed yang Bisa Menenangkan Pikiran di Rawa Pening, Cantiknya Gak Ketulungan

Sebenarnya masih banyak yang mengklaim rawa pening merupakan wisata di Ambrawa tapi ada juga yang bilang masuk dilingkungan Salatiga, karena memang lokasinya sangat berdekatan. Tapi di beberapa situs traveling yang saya baca, banyak yang mengulas menjadi destinasi wisata di Salatiga.

Destinasi di Salatiga
Rawa Pening via instagram.com @petrus_arif

Danau dengan luas 2.670 hektar sering digunakan masyarakat untuk mencari ikan sehingga tak pelak, disekita danau dapat kita lihat perahu-perahu kecil . Selain itu, danau ini ditumbuhi oleh enceng gondok yang bermanfaat sebagai tempat favorit ikan untuk berlindung dari sengatan matahari.

2. Bukan Hanya Klaten yang Mempunyai Umbul-Umbul yang Indah, Ada Pemandian Air Sanjoyo yang Beningnya Kebangatan.

Objek Wisata Mata Air Senjoyo di Tingkir Salatiga Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Destinasi di Salatiga
Air Senjoyo via instagram.com @ibnuhawari

Air Senjoyo memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi karena airnya yang bening dan segar. Bagi kamu pecinta underwater, cocok bangat ini untuk mengabadikan momen-momen gokil kamu seperti gambar di atas kan ya. Positif saja ya guyz, jangan salah sangka terhadapa mereka.

3. Pohon Pengantin, Bukti Cinta Pasangan Pengantin yang Seolah-olah Jomblo Karena Hanya Sendiri Doang

Kota salatiga memiliki Pohon unik ditengah sawah yg berada di di desa Bancaan, Jalan Raya Solo – Semarang Km 2.
Penduduk sekitar menyebutnya Pohon nganten atau pohon Pengantin. Mitos yg berkembang di masyarakat setempat, Konon dahulu terdapat sepasang pohon jelmaan dari sepasang pengantin, Akan tetapi keberadaan pohon yg satunya tidak diketahui oleh masyarakat.

Destinasi di Salatiga
Pohon Pengantin via instagram.com @ricky.maru


Keunikan pohon ini yg berbentuk seperti bonsai dan pemandangan sekitar memberikan daya tarik untuk dikunjungi, Kebanyakan mereka yg datang terpesona dengan suasana senja yg menghadirkan golden sunrise dengan latar area persawahan. 

4. Alam yang Mempesona di Lengkapi Dengan Fasilitas yang Wah, Bisa Kamu Temukan di Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih menawarkan paket wisata yang lengkap, bagi kamu yang suka renang ada kolam renang yang apik, bagi kamu yang hobby camping ada juga camping ground dan tentunya ada kegiatan outbound yang keseruannya bisa membuat kalian semakin lengket.

Destinasi di Salatiga
Agro Wisata Salib Putih via nstagram.com @ajiex_gom

Selain panorama yang indah, kawasan ini juga diselimuti udara yang segar yang sangat menenangkan dan menyegarkan. Untuk lokasinya sendiri ada di Jalan Hasanudin KM 4.

5. Tak Punya Banyak Waktu Luang, Piknik Tipis-Tipis Saja Dulu di Taman Kota Salatiga.

Salah satu taman di Salatiga yang wajib Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga adalah Taman Kota Salatiga. Terletak di Jalan Lingkar Selatan, taman ini sangat mudah ditempuh dari berbagai arah. Taman ini juga berhadapan dengan Hutan Kota Salatiga. Jadi Anda bisa membayangan bagaimana sejuknya berlibur di taman ini.

Destinasi di Salatiga
Taman Kota Salatiga via instagram.com @litta_savitr

Suasana yang asri dipenuhi pepohonan dan bunga-bunga, serta berbagai macam kupu-kupu akan Anda jumpai saat pertama kali menginjakkan kaki di taman ini. Secara khusus taman ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas khusus seperti jalan untuk pengguna kursi roda dan berbagai macam wahana permainan anak.

6. Jika Mau Melihat Kebudayaan di Salatiga, Datanglah di Bulan Juli Karena Akan Ada Budaya Tirakatan

Kota Salatiga juga dikenal dengan adanya beberapa event budaya yang sampai sekarang masih dilestarikan. Beberapa event budaya yang ada di Salatiga misalnya Wisata Budaya Suran Ki Hajar Sampurno yang dilaksanakan setiap 1 Suro, Wisata Budaya Saparan, Wisata Budaya Tirakatan Hari Jadi setiap tanggal 23 Juli dan juga Wisata Budaya Kirab Budaya Hari Jadi pada 24 Juli.

Destinasi di Salatiga
kirab budaya salatiga via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

7. Ada Juga Desa Budaya Tingkir yang Konon Katanya Merupakan Tempat Tinggal Jaka Tingkir

Desa Tingkir merupakan salah satu desa yang bersejarah, karena disinilah dahulu tempat tinggal Jaka Tingkir, seorang pemuda yang dikemudian hari menjadi Sultan di Kasultanan Pajang. Desa wisata Tingkir ini baru diresmikan pada tahun 2014 sehingga masih tergolong baru dan masih perlu banyak pengembangan.\

Destinasi di Salatiga
Taman Tingkir via rynari.wordpress.com

Di desa wisata ini ada dapat berbelanja produk konveksi seperti baju, kemeja dll dengan harga yang murah. Selain itu tersedia juga bermacam-macam oleh-oleh khas Salatiga. Selain wisata belanja anda juga dapat menyaksikan atraksi kesenian daerah yaitu Drumblek. Drumblek ini adalah pertunjukan yang sangat unik, yaitu mirip dengan drumband namun alat yang digunakan adalah dari blek atau kaleng bekas.

8. Ajaklah Keluargamu ke Wahana Atlantic Dream Land, Wahana Populer dan Modern di Salatiga

Wahana ini merupakan tempat wisata anak-anak hingga orang dewasa yang paling digemari di kota ini. Lokasi water adventure ini berada di jalan Sukarno Hatta, Isep-isep, Salatiga. konsepnya sama dengan Ciputra Waterpark yang merupakan wisata populer di Surabaya, tetapi dalam ukuran kecil.

Destinasi di Salatiga
atlantic dreamland via kisahklasikduniaku.blogspot.co.id

Tempat ini selalu ramai di akhir pekan atau saat hari libur. Biasanya, selain mencoba wahana air, anak-anak juga suka bermain kuda-kudaan, bom-bom car dan waterball. Pastikan pengawasan yang ketat terhadap anak anda karena di obyek ini sering terjadi orang tua yang kehilangan anak, walau cuma sebentar saja. Kejadian yang cukup menjengkelkan ini karena asyiknya sang anak bermain air di Atlantic Dreamland ini dan biasanya pada saat pengunjung sangat banyak di hari libur.

9. Destinasi di Salatiga Terakhir, Tak Lengkap rasanya Jika Ke Salatiga Tanpa Ke Masjid Darul Amal yang Menjadi Kebanggaan Ummat Islam Salatiga

Majid Raya Darul Amal ini terhitung bangunan baru. Namun Masjid ini menjadi Masjid Agung untuk masyarakat Salatiga. Ukurannya Masjid yyang cukup besar dan letaknya di Alun – Alun kota Salatiga membuat Masjid ini sering didatangi masyarakat untuk melaksanakan ibadah ataupun mengikuti pengajian akbar disana. Masjid ini terletak satu komplek dengan kampus STAIN Salatiga.

Destinasi di Salatiga
Masjid Raya Salatiga via nazhalitsnaen.wordpress.com

Bagaimana? Sudah tertarik belum untuk mengunjungi Salatiga? Nah, itulah beberapa destinasi di Salatiga yang bisa membuat kamu rindu. Jika destinasi di Salatiga gak mampu membuat kamu rindu, coba dah cari gadis manisnya. hehe.

 

3 thoughts on “9 Alasan yang Selalu Membuat Rindu Salatiga, Si Imut di Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *