9 Pesona Wisata Gresik yang Mesti Lunas Kamu Jelajahi Saat Liburan

Apa yang terlintas di pikiran kamu jika mendengar kota Gresik? Mungkin kamu akan teringat semen, karena memang di Gresik ada salah satu pabrik semen terbesar di Indonesia. Lantas bagaimana dengan pesona wisata Gresik? Tak perlu khawatir, kota yang berbatasan lasngsung dengan kabupaten Sidoarjo dan Surabaya menyimpan sejuta pesona wisata gresik yang harus di kunjungi.

Mulai dari keindahan alamnya berupa air terjun, sampai dengan pulau-pulaunya beserta pantai-pantainya. Bukan hanya itu saja, masih ada wisata goa dan danau yang mesti lunas kamu jelajahi saat liburan di Gresik. Untuk lebih jelasnya, intip yuk destinasi wisata di Gresik yang indahnya gak ketulungan.

Nah, Kali ini ngayap.com akan membahas beberapa pesona wisata gresik yang siap kamu sambangi untuk tujuan traveling kamu selanjutnya. Biar anti mainstream gitu.

1.Pesona Wisata Gresik yang Pertama, Kamu Bisa Menghabiskan Waktu Bersama Senja yang Manis di Pulau Bawean Gresik

 Pulau Bawean sebagai destinasi wisata belakangan ini tengah naik daun di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Kondisi alamnya yang masih perawan menjadi alasan para wisatawan berkunjung ke Pulau Putri itu.Pulau ini menawarkan keindahan pasir putih bersih dan memiliki laut yang cukup bersih di bandingkan dengan laut-laut di  pesisir utara Jawa lainnya.

Pesona wisata gresik
Pulau Bawean via instagram.com @heninovitasari

Di Pulau Bawean, kalian dapat melihat spesies rusa langka, yaitu Rusa Bawean. Lokasi pulau ini cukup jauh, yaitu sekitar 120 Km dari pusat Kota Gresik. Dari pelabuhan, kalian dapat menggunakan speedboat untuk lebih cepat menuju ke Pulau Bawean. FYI, pulau ini merupakan salah satu wisata di Gresik yang terkenal memiliki berbagai objek wisata mengagumkan.

2. Menatap Senja di Pantai Mayangkara Bersama Orang Terkasih, Nikmatnya Tiada Tara Bro

Pantai dengan ombak yang syahdu dan sangat cocok untuk menikmati senja bersama orang terkasih. Pantai yang pertama kali ditemukan oleh isteri dari Sunan Giri Siti Zaenab. Selain panorama pantai yang menawan, dikawasan pantai ini juga terdapat penangkaran rusa endemik.

Pesona wisata gresik
Pantai Mayangkara via instagram.com @ipeyjava

3. Birunya Laut di Balut Dengan Pasir Putih yang Luas, Sungguh Perpaduan yang Luar Biasa di Pulau Gili Noko

Sebenarnya pulau ini masih dalam lingkungan pulau bawean, memang di pulau pabewan masih terdapat beberapa bagian lainnya, salah satunya adalah Pulau Gili Noko. Pulau ini cukup kecil, dengan luas areal kurang dari 1 kilo meter persegi. Taman laut Pulau Noko juga sangat bagus, sangat sayang apabila kalian berada di Kepulauan Bawean, tetapi melewatkan Pulau Noko.

Pesona wisata gresik
Pulau Gili Noko via nstagram.com @chaterina.dm

4. Ngadem Sejenak di Air Terjun Laccar, Cocok Bangat Untuk Menenangkan Pikiran

Salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Gresik dengan keindahannya yang luar biasa. Air Terjun Laccar namanya, berada di kawasan Desa Kebun Teluk, Kecamatan Sangkapura, Gresik ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter. Tempatnya yang sejuk karena dikelilingi dengan tumbuhan rimbun yang hijau membuat para pengunjung betah untuk mnikmati keindahan alam yang Tuhan ciptakan.

Pesona wisata gresik
Air Terjun Laccar via instagram.com @explorebawean

5. Telaga Ngipik, Oase di tengah-tengah kawasan industri Gresik yang panas dan sumpek

Panas dan sumpek, itulah yang dirasakan saat kamu memasuki kawasan industri Gresik, di mana terdapat banyak industri dan pabrik di daerah ini. Tapi tanpa perlu jauh-jauh, kamu bisa kok menikmati suasana yang sejuk dan asri di tengah kota. Datang aja ke Telaga Ngipik atau yang dikenal juga dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta.

Pesona wisata gresik
Talaga Ngipik via @stefanus_widi

Telaga Ngipik menjadi oase di tengah sumpek nya kawasan industri kota Gresik. Letaknya hanya sekitar 1,5 km dari alun-alun kota Gresik. Di sini, kamu bisa menikmati semilir angin dan rindangnya pepohonan yang hijau, dengan panorama telaga sebagai daya tariknya. Selain itu, tempat ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan ski air oleh Persatuan Ski Air seluruh Indonesia atau PSASI Jatim, lho.

6. Sempat Hits di Medsos, Bukit Jamur Menjelma Menjadi Destinasi Hits yang Instagramble Bangat

Percaya gak, di Gresik ada bukit jamur yang terdiri dari jamur-jamur raksasa? Kalau gak percaya, datang aja ke bukit kapur di kecamatan Bungah. Di sana kamu akan menemukan “jamur-jamur” raksasa berjajar dengan eloknya.

Pesona wisata gresik
Bukit Jamur

Berjarak sekitar 5-6 kilometer dari gunung kapur Sekapuk, Bukit Jamur ini juga adalah salah satu lokasi bekas galian yang kini nge-hits sebagai tempat wisata. Karena bagian bawahnya terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini. Hm, pasti seru nih, mejeng dan foto-foto di sini!

7.Untuk Kamu Ummat Muslim, Ada Masjid Sunan Giri yang Siap Kamu Tandangani Untuk Menambah Nilai Religimu

Masjid Besar Ainul Yakin Sunan Giri atau biasa disebut Masjid Sunan Giri, terletak di komplek makam Sunan Giri di Bukit Giri, Kelurahan Giri, kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik provinsi Jawa Timur. posisinya hanya beberapa langkah disebelah makam Sunan Giri melewati jalan kecil disamping sejejeran makam makam tua. 

Pesona wisata gresik
Masjid Sunan Giri via pinterest.com

Masjid Sunan Giri didirikan pada 1544 atas prakarsa Nyi Ageng Kabunan (cucu Sunan Giri), lantaran setelah Sunan Giri meninggal pada 1506 banyak para peziarah berdatangan ke Makam Sunan Giri, dan para pengikutnya pun berpindah tempat dan tinggal di sekitar Bukit Giri, agar lebih dekat ke makam Sang Sunan.

8. Memang Sech, Goa di Pacitan Sangat Indah dan Mempesona, Tapi Gresik Tak Mau Kalah dengan Goa Gelang Agungnya

Berbeda dengan goa-goa kebanyakan, Goa Gelang Agung ini memiliki langit-langit yang cukup tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir kepala Anda akan membentur batu-batuan yang ada di langit-langit ketika sedang memasuki Goa Gelang Agung.
Pesona wisata gresik
Goa Gelang Agung via travpackerindonesia.com
Asal muasal mengapa goa ini bernama Gelang Agung adalah karena bagian dalam goa yang berbentuk melingkar dan bisa tembus ke beberapa tempat. Selain itu, wisatawan yang datang menjelajahi Goa Gelang Agung ini umumnya ingin menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit di dalam goa ini. Menariknya lagi, di dalam goa juga terdapat beberapa ruangan yang konon pada zaman dahulu sering dijadikan sebagai tempat bertapa atau bersembunyi.

9. Sebagai Penutup Liburan Kamu Dengan Tema Pesoan Wisata Gresik, Kamu Bisa Menjelajahi Kawasan Kota Lama Gresik.

Hampir di semua kota-kota yang ada di Indonesia selalu terdapat sebuah kawasan vintage yang sering diklaim sebagai kota tua/lama. Begitu pun di Gresik, Anda bisa berwisata dengan mengunjungi kawasan kota lama Gresik. Di kawasan ini, Anda bisa mengagumi berbagai bangunan dengan arsitektur lawas yang ditaksir usianya sudah lebih dari satu abad.

Pesona wisata gresik
Rumah tinggal Gajah Mungkur sisi kiri via entegila.wordpress.com
Nah itulah beberapa pesona wisata Gresik yang siap untuk kamu jelajahi. Jangan lupa share dan komen ya jika mempunya pengalaman traveling di Gresik.

22 thoughts on “9 Pesona Wisata Gresik yang Mesti Lunas Kamu Jelajahi Saat Liburan

  1. I see you don’t monetize your blog, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month
    because you’ve got hi quality content. If you want to know how to make extra bucks, search for: Boorfe’s tips best adsense alternative

  2. Tulisan lama bersemi kembali nih.. Salah nih q baca postingan yg isinya nyuset di pantai.. Kan jadi mupeng :(((
    Aku blm pernah ke gersik

  3. banyak juga ya wisata di daerah Gresik
    Wisata religi Sunan Giri saya pernah ke sana, terus ke Maulana Malik Ibrahim yang dekat alun2 itu

    soalnya saya sering ke SMANU Gresik
    Gresik kota wisata dan banyak pabrik di dalam kotanya
    Meski banyak pabrik juga banyak pohonnya

  4. Anjay, Pulau Gili Noko kayaknya pantai yang terbaik yang ada di gresik, tinggal cari paket wisata yang cocok aja hahah,,, 😀

  5. Dua Muda mudi pada gambar paling atas, kok seperti orang yang sedang marahan yach, heheheh…..

    Atau jangan2 orang yang sedang menghitung burung Camar yang berterbangan ? 🙂 pulanglah dong dek, ortu kalian sedang cemas menunggu kalian dirumah. Hahahah….. 🙂

  6. Dulu sering melewati Gresik buat ke Semarang. Kesannya panas dan aroma pantainya terasa banget. Tetapi saya baru tahu kalau ada pantai yang bagus kayak di Gili Noko, keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *