9 Hal yang Membuat Banjarnegara Layak Masuk Dalam Daftar Wisatamu Tahun Ini.

Cukup familiarkah kamu dengan kota  Banjarnegara? Atau mungkin yang kamu tahu tentang Banjarnegara hanya sebatas minuman dawet ayu  saja? Ya, pamor kota Banjarnegara memang belum terlalu tenar seperti kota-kota pariwisata lainnya di Jawa Tengah, tapi tahukah kamu jika Banjarnegara memiliki destinas-destinasi wisata yang juga patut untuk kamu jajal!

Apa sih yang menarik dari Banjarnegara? Memangnya apa saja yang bisa kita lakukan di Banjarnegara? Jangan khawatir dan bimbang, Banjarnegara bukan hanya menyediakan dawet ayu  saja kok, di Bajarnegara kalian bisa berwisata kuliner, wahana sampai wisata religi!

Memang Banjarnegara tidak mempunyai pantai-pantai yang ciamik, namun udaranya yang sejuk dan bersih karena sebagian besar wilayahnya memang berupa dataran tinggi. Lagipula tak sulit bagimu (yang tinggal di Jawa) untuk mencapainya dari kota asalmu karena letak Banjarnegara yang berada di tengah-tengahnya.

1. Ada Curug Sikopel, Permata Tersembunyi di Desa Babadan, Banjarnegara

Air terjun dengan ketinggian 70 meter ini berada di  Desa Babadan, kecamatan Pagetan. Air terjun ini mendapatkan pasokan air dari Kawah Sileri. Keberadaannya belum banyak diketahui traveler sebab umumnya mereka lebih memilih untuk berkunjung ke Dieng maupun Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas. Air terjun ini dipercaya warga dapat membuat orang awet muda jika membasuh muka atau mandi dengan airnya.

Curug Cikopel via instagram.com @alwani182

2. Masih Belum Puas Dengan Sikopel, Saatnya Melangkahkan Kaki di Curug Mrawu Banjarnegara

Curug Mrawau merupakan salah satu curug paling tinggi di Banjarenegara. Dengan ketinggian diperkirakan mencapai 50 meter dan debit air yang cukup banyak membuat curug ini layak untuk disambangi. Aliran dari air terjun mrawu ini akan mengalir dan menyatu dengan sungai mrawu. Sungai mrawu juga digunakan oleh warga setempat sebagai sumber air untuk pertanian.

Curug Mrawu via instagram.com @gembel_motret

Curug Mrawu terletak di desa Giritirta, kecamatan Pejawaran, kabupaten Bajarnegara.

3. Coba Intip Juga Curug Pitu, Air Terjun Tujuh Tingkat yang Menjuntai Bagai Anak Tangga Surga

Kebayang gak rasanya mendongak ke atas dan melihat aliran air yang serupa tangga dari khayangan? Nah, kamu bisa menemukan pemandangan itu di Curug Pitu yang memiliki arti “Air Terjun Tujuh.” Curug Pitu memang memiliki tujuh air terjun yang berjenjang-jenjang. Di bawahnya, kamu bisa menikmati dinginnya air sambil mandi atau berenang. Tapi, jangan lupa untuk naik ke puncak air terjun, karena pemandangan yang keren banget telah menantimu di sana.

Curug Pitu via instagram.com @jejak_omy

Keindahan Curug Pitu bisa kamu temukan di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh. Aksesnya juga cukup mudah. Kamu tinggal menyusuri Jalan Raya Banjarnegara-Wonosobo dan menempuh waktu kurang lebih 20 menit dari Banjarnegara. Sampailah kamu di sana!

4. Masih Mau Basah-Basahan ya! Ayo Uji Adrenali Dengan Mencicipi Arum Jeram di Sungai Serayu

Buat adrenaline junkie, kamu wajib menjajal serunya berarung jeram menyusuri Sungai Serayu. Sungai ini melewati lima Kabupaten di Jawa Tengah, mulai dari Wonosobo, Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, sampai Cilacap. Jalur berarung jeram yang berada di Banjarnegara panjangnya sekitar 14-26 km dengan tingkat kesulitan grade III-IV.

Arung Jeram Serayu via instagram.com @mrtebo

Untuk bisa menyelesaikan jalur ini, setidaknya diperlukan waktu 2,5-5 jam. Sungai ini juga sering dijadikan arena perlombaan arung jeram, baik nasional maupun internasional. Sambil berkelit di antara jeram dengan perahu karetmu, kamu juga disuguhkan dengan pemandangan indah di sepanjang lembah sungai Serayu. Dengan dada yang berdebar, kamu bisa sejenak lari dari rutinitasmu sehari-hari.

5. Ada Juga Waduk Mrica yang Siap Menyambutmu, Waduk Terpanjang se-Asia Tenggara Lho

Waduk Merica yang berjarak 9 km dari pusat kota Banjarnegara wajib kamu kunjungi. Waduk ini memiliki prestasi berupa waduk terpanjang di Asia Tenggara, begitulah beberapa sumber yang saya baca di internet. Kalau kamu belum percaya bisa mengunjungi langsung ke lokasi.

Waduk Mrica via instagram.com @kangdiran

Waduk Mrica ini memiliki ukuran panjang 6,5 kilometer dengan total luas 1.250 hektar. Waduk yang juga dikenal dengan nama Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman ini dibuat dengan cara menanggul Sungai Serayu yang mana pada proses pembangunannya ada sekitar 32 desa di 7 kecamatan yang dipindahkan. Fungsi utama waduk adalah sebagai PLTA dan di sekitarnya dikembangkan sebagai obyek wisata.

6. Jangan Lupa Juga Ke Tampo Mas, yang Tak Jauh dari Waduk Mrica

Ke Waduk Mrica kurang lengkap jika tak ke Tampo Mas. Tempat wisata di Banjarnegara yang satu ini memiliki keterikatan cukup kuat dengan Waduk Mrica. Ya, Tampo Mas inilah yang menjadi salah satu pendukung adanya Waduk Mrica. Dulunya Tampo Mas ini merupakan gunung atau disebut dengan gunung Tampo Mas. Kemudian gunung ini dihancurkan seiring dengan dibangunnya Waduk Mrica.

Tampo Mas via instagram.com @_dedikawanlama

Namun justru reruntuhan bekas bukit inilah yang menarik minat wisatawan, khususnya mereka yang memburu spot untuk foto. Sisi menarik dari Tampo Mas adalah tekstur tebingnya. Selain itu waduk yang ada di tengah-tengah bukit batunya pun menjadi daya tarik tersendiri. Coba saja ke wisata Banjarnegara Jawa Tengah ini dan lihat bagaimana.

7. Tak Perlu Jauh-Jauh Ke Singapuraa dan Amerika, Karena Liberty dan Merlion ada di Banjarnegara.

Gak perlu jauh-jauh ke Singapura atau New York untuk mejeng di depan patung Merlion atau Liberty. Kamu bisa menemukan keduanya di Banjarnegara. Gak percaya? Datang aja ke Surya Yudha Park yang letaknya tak jauh dari alun-alun utara Banjarnegara. Di sana kamu akan menemukan miniatur patung Liberty dan Merlion yang berdiri bersandingan.

Surya Yudha Park via instagram.com @ulfastutik

Surya Yudha Park adalah taman rekreasi air terlengkap di Banjarnegara yang berkonsep wisata terpadu. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti hotel berbintang, arena olahraga, rafting, serta wisata outbound.

8. Kebun Teh Sinoman di Kalibening yang Belum Terekspos Layak Kamu Jadikan Alternatif Wisata

Dibanding kawasan lainnya, kebun teh yang ada di Banjarnegara sengaja tidak diekpos dan belum dikembangkan sebagai tujuan wisata. Kebun teh ini berada di kecamatan Kalibening yang terletak di ujung utara kabupaten Banjarnegara. Uniknya kebun teh ini diselingi dengan kebun sayuran sehingga tidak menjadi satu kawasan yang luas.

Kebun Teh Sinoman via instagram.com @fennttt

9. Puas Dengan Air Terjun, Danau dan Kebun Teh. Jangan Lupa Bro Untuk Bertandang Ke Rumah yang Paling Menenangkan Masjid Agung An Nur Kauman Banjarnegara

Masjid An-Nuur didirikan oleh umat islam terutama yang bermukim di Kampung Kauman Banjarnegara sekitar tahun 1865. Semula Masjid ini kecil dengan ukuran 10 x 15 Meter lalu diperbesar menjadi 15 x 20 meter, yang berdiri diatas tanah milik keluarga H. Hasan Mukmin, terdiri dari ruang utama disebelah barat dan ruang serambi disebelah timurnya. masyarakat menyebut masjid ini dengan sebutan masjid besar karena tergolong paling besar dibanding masjid-masjid lainnya dan berada dipusat kota.  Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di sini

Masjid Agung An Nur Banjarnegara via instagram.com @masjidagungannurkauman

Nah itulah beberapa destinasi di Banjarnegara yang harus kamu kunjungi, bagi kamu pecinta kuliner jangan lupa untuk mencicipi makanan dan es dawetnya ya.

9 thoughts on “9 Hal yang Membuat Banjarnegara Layak Masuk Dalam Daftar Wisatamu Tahun Ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *